Lebih dari sekadar aktivitas yang dilakukan di kala senggang, hobi dapat membantu Anda mengelola keseimbangan antara kehidupan kerja dan pribadi. Beberapa hobi bahkan mampu membuat Anda menjadi semakin cerdas, yang tentunya akan berpengaruh positif pada kehidupan sehari-hari. Apa saja hobi tersebut?

1. Meditasi

Menurut situs Business Insider, beberapa studi menunjukkan bahwa meditasi yang dilakukan secara konsisten terbukti mampu meningkatkan fokus. Pasalnya, ketika meditasi, Anda akan diminta untuk berada dalam posisi yang sama dalam waktu cukup lama dan situsi yang cenderung hening. Awalnya, hal ini mungkin membuat Anda tidak nyaman. Namun, jika Anda memiliki determinasi yang tinggi untuk terus melanjutkanya, Anda akan belajar untuk menikmati kesempatan “melepaskan diri” dari bisingnya kehidupan yang selama ini Anda jalani.

2. Bermain Instrumen Musik

Tidak hanya fisik, otak Anda pun membutuhkan “olahraga”. Anda bisa memenuhi kebutuhan tersebut melalui hobi bermain instrumen musik. Sebuah studi yang di-post di situs Science Direct menunjukkan bahwa bermain instrumen musik mampu mengaktifkan banyak area di dalam otak, mulai dari meningkatkan kapasitas memori, mengajarkan cara bekerja sama dalam tim, hingga membantu Anda menghargai perbedaan budaya.

3. Menulis

Tidak semua orang mampu mengekspresikan hati dan pikirannya secara mudah melalui verbal. Apabila Anda termasuk salah satunya, menulis dapat membantu Anda mengekspresikan kedua hal tersebut. Menulis akan menjernihkan pikiran Anda sehingga Anda dapat fokus ke pekerjaan lain yang lebih penting. Lebih dari itu, hobi menulis juga terbukti mampu membantu meningkatkan produktivitas karena apabila dilakukan secara rutin, kemampuan berpikir dan analisis akan meningkat, begitu juga dengan kemampuan berkomunikasi.

4. Berolahraga

Semua orang tahu bahwa olahraga berperan penting bagi kesehatan tubuh, tetapi hanya beberapa dari mereka yang benar-benar melakukannya. Padahal, apabila olahraga dilakukan secara rutin, sel-sel dalam tubuh akan dipenuhi oleh BDNF, yakni protein yang dapat membantu Anda untuk meningkatkan memori, fokus, konsentrasi, dan kemampuan belajar. Maka dari itu, luangkan waktu Anda untuk berolahraga secara rutin walaupun intensitasnya ringan seperti jogging atau bersepeda.

5. Memasak

Apakah Anda hobi berwisata kuliner? Jika iya, sesekali cobalah untuk memasak sendiri makanan-makanan favorit Anda. Menurut situs LifeHack, para koki memiliki kreativitas yang cukup tinggi, terlebih mereka yang selalu memasak lebih dari satu jenis makanan. Para koki tersebut selalu mengutamakan kualitas, sangat teliti, dan tidak takut mencoba hal-hal baru. Ketika memasak, Anda juga akan belajar untuk melakukan multitasking dan mengambil keputusan secara cepat. Hal-hal inilah yang dapat membantu Anda untuk menjadi sosok yang lebih cerdas.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjadi lebih cerdas, salah satunya dengan melakukan kelima hobi di atas. Kira-kira hobi mana yang ingin Anda coba terlebih dulu? Atau Anda sudah menekuni salah satu di antaranya? Anda bisa berbagi ceritanya di kolom komentar!