Jenis Dekorasi Meja Makan. Termasuk Table Mat!

uprint percetakan online indonesia

Cetak Table Mat – Beberapa rumah makan ada yang menentukan standar cara penggunaan dekorasi pada perlengkapan makan, termasuk meja makan. Bagi sebagian restoran mewah dan bertaraf internasional pasti menggunakan standar yang tepat. Mulai dari penggunaan dekorasi untuk bagian meja makan seperti table mat hingga perlengkapan makan lainnya. Jika Anda ingin mengetahui dekorasi meja makan apa saja yang digunakan restoran mewah, silakan simak ulasan berikut ini.

cetak-table-mat-04

Bahan linen biasanya digunakan oleh restoran bertaraf internasional atau bintang lima untuk penataan meja makan. Sedang di coffee shop dan fast food jarang atau bahkan tidak menggunakan bahan linen karena biayanya yang mahal. Bahan linen adalah kain-kain yang digunakan baik untuk keperluan menutup meja makan maupun keperluan lainnya. Ukurannya disesuaikan dengan ukuran meja dan kebutuhannya. Seperti berikut ini beberapa kain yang termasuk dalam kategori kain linen.

Baca juga : Cetak Sekarang Table Mat dengan Desain Sendiri di Sini!

  • Molton (Under Cloth)

Molton ini terpasang di atas permukaan meja makan sebelum meja diberi taplak. Biasanya molton ini terbuat dari kain flanel atau bahan selimut yang bertekstur tebal namun mudah menyerap cairan. Molton ini berfungsi sebagai pelindung permukaan meja, meredam bunyi pada saat benda berat diletakan di atas meja, melindungi tumpahan minuman atau apapun melebar, menambah kesan rapi terhadap permukaan meja.

  • Taplak Meja

Bahan yang biasanya digunakan untuk membuat taplak meja adalah bahan katun, batik, satin, dan sebagainya. Warna pada taplak meja juga beragam tergantung selera atau bahkan ingin menyesuaikan dengan tema acara. Namun untuk keperluan state banquet, jamuan makan resmi kenegaraan harus dipergunakan taplak meja yang berwarna putih, boleh putih polos atau putih bermotif warna motif harus putih juga.

cetak-table-mat-02

Bentuk dan ukuran taplak meja harus disesuaikan dengan meja makan. Ukuran yang serasi antara taplak dan meja makan adalah ketika taplak tersebut dibentangkan di atas meja, maka masih akan tersisa 15-40 cm dari permukaan meja makan. Lebih tepatnya menyentuh permukaan tempat duduk. Taplak meja jangan sampai menggantung terlalu lebar, karena hal tersebut akan mengganggu kaki para tamu saat mereka sedang makan. Pemasangan taplak meja makan harus simetris, datar dan rapi, tidak boleh ada yang terlipat ataupun bergelombang.

  • Slip Cloth

Slip cloth adalah taplak meja penghias. Pemasangan slip clot ini di atas permukaan  taplak meja dan disesuaikan dengan dekorasi ruangan. Slip cloth sebaiknya berwarna, seperti kain batik. Sehingga jika ada makanan yang jatuh atau tumpah di atas meja, maka hanya slip cloth yang kotor, sedangkan taplak meja tetap bersih. Dengan begitu yang perlu diganti hanyalah slip clothnya saja. Selain itu kegunaan slip cloth adalah untuk menutup taplak meja yang hanya kotor sedikit. Ukuran slip cloth yang sering digunakan adalah 1×1 m.

  • Napkin

Napkin atau serbet makan adalah suatu alat yang terbuat dari kain katun yang biasanya digunakan pada saat makan. Serbet makan sebaiknya menggunakan bahan dan warna yang sama dengan taplak meja. Bentuk serbet adalah bujur sangkar segi empat sama sisi. Arah serat kain satu arah dan bukan serong. Pada saat ini serbet makan bukan saja terbuat dari kain, tetapi berupa kain oksfor, drill, seprei, kertas dan lain–lain yang dapat ditemui di toko atau swalayan. Ukuran serbet yang biasa dipakai di hotel atau restoran internasional adalah 50×50 cm, lebih besar dari ukuran standar sehingga lebih mudah untuk dikreasikan dalam berbagai macam bentuk. Ukuran standarnya adalah 40×40 cm.

Baca juga : Tips Memilih Kemasan yang Tepat dan Sesuai dengan Produk Bisnis

  • Table Mat

cetak-table-mat-01

Table mat ini merupakan taplak meja perorangan hanya untuk satu orang. Berfungsi sebagai pengganti taplak meja, dipergunakan untuk meja yang memiliki ukuran bagus dan indah ukiran. Bentuknya ada yang persegi empat panjang, lonjong. Bahannya terbuat dari kertas, plastik, fornica, kain, anyaman dan lainnya.

Itulah beberapa jenis dekorasi meja makan yang belum diketahui. Bahkan ada orang yang bertanya mengenai penyusunan kain untuk meja makan. Saat ini, Uprint.id sudah dapat mencetak table mat dengan bahan dasar kertas. Anda dapat memesan atau mengordernya secara online di website Uprint.id. Pilihlah desain sendiri dan cetak secara online.

uprint percetakan online indonesia

Share post:

Popular

Artikel Lainnya
Serupa

Perhatikan 3 Hal Ini Saat Memilih Paper Cup untuk Bisnis Kedai Kopi

Paper cup sering kali dianggap sebagai wadah praktis saat...

Kisah Sukses Widiartati Berawal dari Macrame Kini Menjadi Pebisnis di Yogyakarta

Segala sesuatu yang berasal dari hobi sering kali mendapat...

5 Tips Membuat Flyer untuk Real Estate

Cetak Flyer - Apakah Anda sedang berencana untuk mempromosikan...

Buku Agenda Murah: Navigasi Efisien Mengoptimalkan Produktivitas

Buku agenda murah telah lama menjadi pilihan yang populer...