Setiap orang pernah merasakan yang namanya jatuh cinta. Sayangnya, cinta tidak selalu memberikan kisah yang bahagia. Banyak juga orang yang malah hatinya terluka, merasa sedih dan kecewa karena mencintai orang yang salah. Namun, dari setiap peristiwa buruk yang kita alami, pasti ada pelajaran yang dapat dipetik. Apa saja lima pelajaran berharga yang bisa kamu dapatkan karena salah jatuh cinta?

1. Kepekaanmu semakin terasah

girl-sitting-at-window

Jatuh cinta pada orang yang salah memang sakit rasanya. Namun dari kesalahan itu, kamu belajar mengasah kepekaan. Seandainya dulu kamu lebih peka, maka kamu dapat melakukan pencegahan untuk tidak melanjutkan hubungan dengannya, sehingga kamu tidak terluka.

Dengan mencintai orang yang salah, kamu belajar untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama lagi. Ke depannya, gunakan kepekaanmu dan pilihlah orang yang tepat, yang memang pantas menjadi pendampingmu.


2. Kamu menjadi pribadi yang semakin tegar dan kuat

Notes - Produk Uprint.id
Notes, Kertas Pembungkus, Kotak Kado – Produk Uprint.id

Bukannya menjalani hari-hari dengan depresi, karena mencintai orang yang salah kamu justru menjadi pribadi yang semakin tegar dan kuat. Kata orang, kamu tidak tahu betapa kuatnya dirimu sampai menjadi kuat adalah satu-satunya pilihanmu.


3. Kamu belajar untuk tidak membenci

1420899753-sad_alone_couple_love_emotional_miss_u_tumblr_girls_wallpapers__8_

Dari mencintai orang yang salah, kamu juga belajar untuk tidak membenci. Tentu saja pasti ada rasa marah yang muncul dari dalam dirimu karena ternyata orang yang kamu cintai selalu saja mengecewakanmu. Dan setelah akhirnya kamu sadar kalau kamu tidak akan bahagia bersamanya, hubungan kalian pun berakhir.

Tetapi, namanya manusia, dari yang tadinya cinta bisa berubah menjadi benci. Kamu mungkin saja juga demikian, jadi membenci si dia. Namun, coba kamu pikirkan kembali. Apa yang kamu dapatkan dari membenci dirinya? Kamu hanya akan menyakiti dirimu sendiri.

Lebih baik kamu relakan saja dia. Belajarlah untuk menerima kenyataan bahwa kamu telah mencintai orang yang salah. Belajarlah untuk tidak membenci dia yang telah melukai perasaanmu sedemikian dalamnya.

Baca juga: 9 Cara Mengendalikan Amarah Sebelum Amarah Mengendalikanmu


4. Kamu jadi mengerti bahwa terkadang kesalahan membawamu ke arah yang lebih baik

o-sad-looking-woman-facebook

Kesalahan tidak melulu buruk, karena terkadang kesalahan dapat membawamu ke arah yang lebih baik. Karena kamu sadar kamu telah jatuh cinta pada orang yang salah dan hubunganmu dengannya berakhir, kamu bertemu dengan orang lain yang berhasil membawa keceriaan dan warna ke dalam kehidupanmu. Kamu pada akhirnya bertemu dengan orang yang tepat. Kamu tak lagi salah jatuh cinta.


5. Waktunya kamu untuk merenung dan mengubah diri menjadi lebih baik

sad-alone-girl-1-300x200

Atau mungkin, ada baiknya juga kamu coba introspeksi diri. Apa mungkin hubunganmu dengannya tak berhasil karena kesalahannya terletak pada diri sendiri? Mungkin dianya sudah tepat, tetapi kamunya yang belum. Dengan introspeksi, kamu dapat mengubah diri menjadi lebih baik.

Artikel lain: Bagaimana Cara Mengubah Diri Menjadi Lebih Baik? 9 Ide Hebat untuk Mulai Kamu Lakukan!