Apakah akhir-akhir ini Anda merasakan banyak sekali pekerjaan yang harus dilakukan sehingga membuat Anda bingung harus memulai yang mana? Alih-alih pekerjaan dapat selesai tepat waktu, Anda justru melewatkan beberapa tanggung jawab karena terlalu berfokus pada satu kegiatan. Padahal, ketidakmampuan Anda dalam mengatur kehidupan dapat mendatangkan stres di kemudian hari. Mulai sekarang, cobalah untuk mengubah pola hidup Anda yang terbiasa mengalir begitu saja. Hal ini dikarenakan ketika Anda dapat mengorganisir dan mengatur segala tugas dan tanggung jawab, maka hidup akan menjadi lebih tenang dan bahagia. Membiasakan diri untuk hidup lebih terorganisir dan teratur juga bisa membantu Anda mengurangi hal-hal kecil yang biasanya mudah terlupakan. Lantas, bagaimana caranya agar hidup lebih terorganisir dan teratur?

 

1. Menentukan Prioritas

prioaritas_terorganisir

Langkah awal yang harus Anda lakukan untuk memulai hidup yang lebih teratur adalah dengan menentukan prioritas. Prioritas ini sangat diperlukan agar Anda dapat dengan mudah memilih pekerjaan mana yang harus diselesaikan terlebih dulu, atau pekerjaan mana yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dirampungkan. Melalui skala prioritas ini, Anda dapat membuat perencanaan secara lebih matang.

2. Membuat Perencanaan di Buku Agenda

perencanaan_terorganisir

Usai menentukan skala prioritas, Anda dapat menyusun rencana di dalam sebuah buku agenda tahunan dan menggunakannya sebagai pedoman untuk mengetahui pekerjaan mana yang harus diselesaikan setiap harinya. Anda dapat menuliskan segala sesuatunya mulai dari pekerjaan rumah, pekerjaan kantor, dan segala aktivitas lainnya.

Anda juga dapat melengkapi buku agenda ini dengan sebuah kalender besar untuk menuliskan tanggal jatuh tempo, acara, ulang tahun, dan sebagainya. Hal ini akan membantu Anda mengingat hal-hal apa saja yang telah direncanakan. Jadi, tidak ada lagi yang terlewatkan.

3. Menulis Catatan

catatan_terorganisir

Cara lain yang dapat dilakukan untuk menjadi lebih terorganisir adalah dengan membuat catatan. Anda bisa menggunakan catatan tempel untuk pengingat penting dan menempatkannya di suatu tempat yang sering Anda lihat, seperti cermin atau dinding kamar. Anda juga dapat menggunakan aplikasi pada ponsel Anda untuk membuat catatan dari hal-hal yang tidak ingin Anda lupakan.

Apabila Anda takut catatan tempel tersebut jatuh dan hilang, tulislah catatan tersebut pada buku agenda yang sama ketika Anda membuat perencanaan. Dengan demikian, Anda memiliki satu buku agenda lengkap yang akan membantu Anda mewujudkan hidup yang lebih terorganisir dan teratur. Catatan-catatan yang dibuat sangat membantu untuk mengingat secara baik apa yang perlu Anda persiapkan.

4. Mencantumkan Daftar Kegiatan

rencana_terorganisir

Masih memanfaatkan buku agenda yang sama, Anda bisa mencantumkan tabel yang berisi daftar kegiatan. Buat daftar hal apa saja yang harus Anda lakukan setiap hari, mulai dari daftar belanja makanan hingga daftar belanja pakaian yang Anda butuhkan. Ini akan membantu Anda mengingat apa yang Anda butuhkan saat membeli. Selain itu, berbelanja sesuai barang-barang yang ada pada daftar saja juga akan menghemat uang Anda.

5. Memiliki Arsip

archive_terorganisir

Pastikan Anda selalu menyimpan semua informasi penting di tempat di mana Anda dapat menemukannya dengan mudah. Dalam hal ini, Anda dapat mengembangkan sistem pengarsipan yang baik, bahkan jika itu hanyalah sebuah kotak kardus kecil dengan beberapa file di dalamnya. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan map untuk mengatur catatan dan daftar dengan menempatkan mereka sesuai kategori, seperti map untuk keperluan kantor dan untuk pekerjaan rumah. Tempatkan map-map tersebut di dalam laci ataupun rak di rumah Anda.

Itulah tadi beberapa tips yang bisa dilakukan agar hidup Anda lebih terorganisir dan teratur. Jangan lupa meluangkan waktu untuk beristirahat di tengah padatnya aktivitas Anda. Happy working!