Berteman adalah salah satu aktivitas dan kebutuhan penting bagi semua orang tak terkecuali kamu, Brothers. Memiliki teman bisa membuat kamu tumbuh dan berkembang. Teman juga memiliki peran besar dalam perkembangan dan kepribadian kamu. Maka dari itu, sangatlah penting untuk memilih teman yang dapat mengajak kamu menjadi pribadi yang lebih baik, bukan malah sebaliknya. Berikut ini beberapa tips memilih teman di sekolah.

1. Semangat belajar

memilih teman - semangat belajar

Di sekolah, tentunya setiap hari kamu akan bertemu dengan teman-temanmu. Waktu yang kamu habiskan bersama teman juga tidak sebentar. Maka dari itu, sangat disarankan untuk kamu memilih teman yang punya semangat belajar sehingga kamu juga akan terpengaruh oleh semangat belajarnya tersebut. Dengan berteman dengan teman yang memiliki semangat belajar tinggi, kamu juga akan ikut semangat dan tentunya akan berefek positif pada prestasimu di sekolah.

Baca juga : 5 Cara Menghadapi Teman yang Pemborosan

2. Teman yang menerimamu apa adanya

memilih teman - apa adanya

Teman yang baik pasti akan menerimamu apa adanya. Bagaimanapun kondisimu, teman yang baik tidak akan mempermasalahkannya, begitupun sebaliknya. Jika kamu menemukan teman yang seperti ini, jangan menyianyiakannya.

3. Memiliki minat dan aktivitas yang positif

Pilihlah teman yang memiliki minat dan aktivitas yang positif. Berteman dengan teman yang memiliki minat tertentu akan menambah wawasan kamu tentang suatu hal. Atau bahkan kamu juga ikut menyukai minat dan kesukaan temanmu tersebut. Maka dari itu pilihlah yang memiliki minat dan kegiatan positif agar kamu juga ikut menjadi positif.

4. Setia dan bisa jadi tempat berbagi

memilih teman - setia

Berteman di sekolah tidak melulu selalu membicarakan tentang masalah sekolah ataupun pelajaran. Tapi kamu juga pasti akan membicarakan banyak hal dengan temanmu tersebut, mulai dari minat, kesukaan bahkan hal-hal pribadi. Maka dari itu, pilihlah teman yang setia dan bisa diajak sharing. Dengan memilih teman yang seperti ini, maka kamu dan temanmu akan bisa belajar bagaimana caranya berempati, mendengarkan dan melihat suatu masalah dari berbagai sudut pandang.

5. Mendorong ke arah perkembangan diri

Pilihlah teman yang dapat menjadi motivasimu untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Memiki teman yang seperti ini akan sangat menguntungkanmu karena mereka adalah motivator yang paling berharga. Teman yang baik tidak akan membuatmu cepat berpuas diri dan akan terus menantangmu untuk keluar dari zona nyaman dan menjadi yang terbaik. Jika kamu mengalami kegagalan, teman yang seperti ini tidak akan meninggalkanmu dan akan tetap berada di sisimu dan menguatkanmu untuk kembali bangkit dan tidak berputus asa.

Baca juga : 7 Hadiah Terbaik untuk Teman yang Gemar Bepergian

6. Jujur

Seperti yang telah disebutkan, kalau saat berteman di sekolah kamu tidak hanya membicarakan tentang pelajaran, tapi juga tentang banyak hal termasuk masalah pribadi, maka penting sekali buatmu untuk memilih teman yang jujur. Dimana-mana kejujuran memang dibutuhkan tak terkecuali dalam hal pertemanan, Brothers. Kejujuran seseorang tidak bisa dinilai dengan apapun. Tapi, jangan lupa, kalau kamu juga harus jujur padanya ya.

Semoga tips-tips tersebut bermanfaat buatmu ya Brothers. Bukan berarti kamu tidak boleh berteman dengan siapa saja, tapi memilih teman yang baik akan sangat membantumu menjadi pribadi yang baik pula. Hindari hal-hal negatif dan raihlah masa depan yang cerah.

uprint percetakan online indonesia