Saat ini, flashdisk sudah pasti menjadi perangkat penyimpanan yang wajib Anda bawa kapan saja dan di mana saja. Perangkat mungil ini dapat menyimpan data dengan memori kilat tipe NAND. Tak hanya itu, flashdisk juga dilengkapi dengan alat penghubung USB yang saling terintergrasi. Anda bisa dengan mudah memindahkan data dari satu perangkat laptop atau PC ke perangkat lainnya. Berencana membeli flashdisk? Inilah tujuh hal penting yang harus diperhatikan terlebih dulu.

1. Kualitas casing

membeli_flashdisk_01

Dari waktu ke waktu, ada banyak model casing flashdisk yang bisa Anda temukan dengan mudah di pasaran. Beberapa orang bahkan tertarik membeli sebuah flashdisk hanya karena desain casing yang unik dan lucu. Namun, ada hal lain yang sebenarnya harus diperhatikan sebelum membeli perangkat ini, yaitu kualitas dari casing itu sendiri. Casing harus benar-benar kuat, sebab dalam penggunaannya flashdisk akan berulangkali ditancapkan dan dicabut.

2. Ukuran casing

membeli_flashdisk_02

Setelah mendapatkan casing dengan kualitas terbaik, coba sekali lagi perhatikan ukuran casing flashdisk tersebut. Apabila ukurannya terlalu besar, maka akan menghalangi port USB yang ada di sebelahnya sehingga hanya bisa digunakan satu sisi saja. Disarankan agar memilih ukuran casing yang kecil sehingga mudah ditancapkan secara berdampingan pada port USB.

3. Kondisi fisik

membeli_flashdisk_04

Untuk mengantisipasi benturan saat flashdisk tidak sengaja terjatuh, disarankan untuk membeli flashdisk yang didesain dengan lapisan luar berbahan karet. Lapisan ini akan melindungi bagian tubuh flashdisk agar tidak mudah pecah atau patah akibat kelalaian pengguna. Tapi, pilih fisik yang ramping agar flashdisk mudah dipakai dan disimpan. Oh ya, hindari bentuk fisik flashdisk yang harus didorong keluar dan masuk saat hendak digunakan karena mudah longgar.

4. Kapasitas penyimpanan

membeli_flashdisk_05

Tentukan dulu fungsi dari flashdisk yang akan Anda beli ini. Flashdisk dengan kapasitas 1-2 GB dapat digunakan untuk keperluan transfer dokumen, menjalankan program-program portabel, serta menjaga keamanan USB flash drive. Sedangkan untuk keperluan transfer foto dan musik diperlukan kapasitas flashdisk berkapasitas 2-6 GB. Nah, apabila digunakan untuk transfer file film, dibutuhkan kapasitas 4-12 GB.

5. Kecepatan transfer data

membeli_flashdisk_06

Selain memiliki beragam kapasitas penyimpanan, flashdisk juga tersedia dalam berbagai ukuran kecepatan transfer data. Kecepatan membaca tertinggi pada flashdisk mencapai 34 Mbyte/s (272 Mbit/s), sedangkan untuk kecepatan penyimpanan maksimal mencapai 28 Mbyte/s (224 Mbit/s). Perbedaan kecepatan ini umum terjadi, sebab kecepatan membaca data memang lebih tinggi daripada kecepatan menyimpan.

6. Keaslian flashdisk

membeli_flashdisk_07

Sebagai pembeli, Anda tak boleh tergiur dengan harga murah yang ditawarkan oleh penjual. Di beberapa tempat, ada penjual nakal yang justru menawarkan harga sangat murah dengan keaslian produk yang tidak terjamin. Nah, untuk bisa membedakan asli atau tidaknya perangkat penyimpanan ini, Anda bisa mengecek tulisan di ujung atau body yang ditulis dengan menggunakan laser sebab flashdisk palsu tidak memiliki tulisan apa pun.

7. Fitur keamanan

membeli_flashdisk_08

Di awal kemunculannya, flashdisk hadir tanpa sistem keamanan yang canggih sehingga Anda perlu menambahkan beberapa software keamanan. Flashdisk memiliki fitur tambahan tersebut. Menariknya, saat ini telah ada perangkat flashdisk yang tersedia dengan sistem fingerprint yang mampu memberikan keamanan tingkat tinggi terhadap data yang tersimpan. Untuk mengakses data di dalam flashdisk dengan sistem fingerprint ini diperlukan sidik jari pemilik.

Itulah tadi tujuh hal yang harus Anda perhatikan sebelum membeli flashdisk. Jangan lupa untuk menanyakan masa garansi flashdisk tersebut kepada penjual sehingga Anda bisa mengklaim jika terjadi kerusakan pada perangkat penyimpanan yang Anda beli tersebut.