Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Membangun personal branding, bukanlah hal yang mudah. Bahkan dapat menjadi sesuatu hal yang menakutkan. Bahkan, salah satu yang menjadi permasalahan adalah, tidak paham harus memulainya dari mana. Menciptakan personal branding sangat membantu untuk menonjolkan diri pada saat melamar pekerjaan atau memulai bisnis sendiri.. Untuk itu, sebaiknya mulailah membangun atau menciptakan personal branding sedini mungkin. Ikuti 7 tips menciptakan personal branding yang tepat berikut ini.

1. Fokus

tips-menciptakan-personal-branding
sumber gambar : google

Tips yang pertama dan harus dilakukan adalah fokus. Tetaplah fokus terhadap menciptakan personal branding. Dengan kata lain, Anda harus fokus menonjolkan diri. Sebagai contoh, jika Anda seorang pebisnis, maka harus fokus menciptakan personal branding bahwa Anda adalah pebisnis. Sebab, semakin Anda fokus pada personal branding, maka orang akan lebih mengenal bahwa Anda seorang pebisnis. Namun, jika Anda masih belum fokus menentukan personal branding, orang lain akan bingung siapa sebenarnya diri Anda ini. Untuk itu, menciptakan personal branding harus diawali dengan satu titik, yaitu fokus. 

Baca juga : Bangun Personal Branding Melalui Media Sosial dengan Cara Berikut Ini

2. Jadilah Diri Sendiri

tips-menciptakan-personal-branding-jadilah-diri-sendiri
sumber gambar : google

Tips selanjutnya adalah, harus menjadi diri sendiri. Jika Anda ingin menciptakan personal branding, harus dapat menjadi diri sendiri. Meskipun Anda memiliki panutan, namun harus tetap menjadi diri sendiri. Selain itu, menciptakan personal branding dengan menjadi diri sendiri akan lebih mudah untuk menjalaninya. Menjadi diri sendiri tidak hanya di dunia nyata, Anda juga harus menjadi diri sendiri dalam bidang konten. Jika Anda memang seorang pebisnis, tidak ada salahnya untuk membagikan ragam konten yang bermanfaat dan berhubungan dengan bisnis. Dengan secara tidak langsung, Anda sudah memberi informasi kepada audience tentang diri Anda sebenarnya.

3. Ceritakan Sebuah Kisah

tips-menciptakan-personal-branding-ceritakan-sebuah-kisah
sumber gambar : google

Tips ketiga adalah, berikan sebuah cerita dalam diri Anda. Jika personal branding Anda tidak bercerita, maka sudah akan kehilangan separuh dari audience yang potensial. Bahkan, strategi menciptakan personal branding yang efektif adalah menceritakan sebuah kisah. Berikan cerita yang berhubungan dengan diri Anda. Jika Anda seorang pebisnis, maka buatlah cerita yang berhubungan dengan bisnis tersebut. Ada banyak cara untuk berbagi kisah atau cerita. Anda dapat memanfaatkan media sosial seperti YouTube, Instagram, Twitter, bahkan Facebook. Agar cerita semakin menarik, cobalah untuk membuat sebuah video di beberapa platform yang dirasa mendukung Anda menciptakan personal branding.

4. Konsisten

tips-menciptakan-personal-branding-konsisten
sumber gambar : google

Hal yang paling utama adalah, konsisten. Dalam banyak hal, konsisten ini sangat berpengaruh, termasuk saat menciptakan personal branding. Anda dapat konsisten dalam menciptakan konten yang sesuai dengan pribadi diri tersebut. Sama seperti hanya fokus, jika Anda sebagai pebisnis, maka cobalah konsisten membuat ragam konten yang menggambarkan diri sendiri. Selain itu, Anda juga harus konsisten dari cara berkomunikasi, hingga penampilan. Semua harus dijaga dan harus dilakukan secara benar.

Baca juga : Inilah 3 Alasan Mengapa Anda Perlu Membangun Personal Branding

5. Bersiaplah untuk Gagal

tips-menciptakan-personal-branding-01
sumber gambar : google

Sebagai seorang yang mulai menciptakan personal branding yang harus dipersiapkan adalah menghadapi kegagalan. Tidak semua orang selalu diberikan hadiah kesuksesan, pasti akan ada hal yang membuatnya gagal. Namun hal ini dapat Anda jadikan sebagai pembelajaran berharga sebelum menyambut kesuksesan di hari nanti. Bahkan, bagi sebagian orang gagal itu sebuah hal yang harus terjadi dan dihadapi.

6. Buatlah Dampak yang Positif

tips-menciptakan-personal-branding-buatlah-dampak-positif
sumber gambar : google

Anda dapat juga saling berbagi dengan orang lain dalam hal positif. Misalnya saling mengajarkan dan berbagi ilmu bisnis bersama mereka yang ingin juga seperti Anda. Menciptakan personal branding tidaklah terlalu berat. Sebab, jika Anda saling berbagi dalam kebaikan, maka personal branding akan semakin tajam dan orang lebih cepat mengenal Anda.

Baca juga : Membangun Personal Branding dengan Proses Pasti dan Paten

7. Biarkan Orang Lain Menceritakan Kisah Anda

tips-menciptakan-personal-branding-biarkan-kisah-diceritakan.
sumber gambar : google

Suatu kebanggaan jika ada orang yang menceritakan kisah Anda dengan ragam hal. Mulai dari cara berpikir Anda hingga kisah yang personal mengenai kebaikan diri. Komunikasi seperti ini, akan semakin meningkatkan personal branding diri Anda secara tidak langsung.

Itulah 7 tips menciptakan personal branding yang perlu diketahui. Akan banyak manfaat yang didapat jika Anda mengikuti beberapa tips tersebut. Pastikan selalu menggunakan media lain untuk personal branding. Anda dapat menggunakan kartu nama yang dicetak sesuai dengan desain sendiri. Buatlah kartu nama yang dapat mewakili diri Anda.