Di era dunia digital seperti sekarang ini banyak sekali sosial media yang bermunculan. Tidak sedikit orang menjadikan media sosial sebuah wadah berinteraksi yang paling penting. Oleh sebab itu, hampir semua kalangan menggunakan media sosial dalam melakukan beberapa hal. Seperti, pada saat berkegiatan, saat melakukan traveling, atau bahkan menyampaikan informasi yang bermanfaat, semua disampaikan melalui media sosial. Tapi tahukah Anda bahwa media sosial tidak hanya untuk berinteraksi loh. Anda dapat memanfaatkan media sosial untuk bangun personal branding dengan sukses. Tentunya dengan beberapa cara berikut ini.

1. Mendeskripsikan Diri dengan Menarik dan Jelas

bangun-personal-branding-01-mendeskripsikan-diri

Jika ingin bangun personal branding di media sosial, yang pertama dilakukan adalah memperkenalkan diri. Tuliskan diri Anda dengan menarik dan jelas, sehingga mereka dapat mengenal lebih dekat. Tulislah, personal interest di media sosial yang Anda miliki. Hal ini berguna agar orang lain bisa mengetahui apa yang disukai serta minat. Jika memiliki sosial media seperti LinkedIn yang terkesan lebih formal, jangan lupa untuk mencantumkan keahlian dan kemampuan Anda.

2. Membuat Konten yang Berkualitas dan Bermanfaat

bangun-personal-branding-02-membuat-konten-menarik

Dalam media sosial, Anda dapat membuat konten yang berkualitas dan bermanfaat. Dengan begitu, orang akan lebih mengenal bagaimana diri Anda, dan seberapa besar minat terhadap sesuatu. Maka dari itu, ketika bermain sosial media, cobalah untuk menjadi seseorang yang memiliki opini tentang sebuah topik, berbagi pengetahuan tentang apapun, sebarkan tulisan atau konten yang berguna dan bisa menjadi rujukan. Intinya, buatlah konten yang bisa bermanfaat di circle Anda.

3. Memanfaatkan Media Sosial Sesuai dengan Fungsinya

bangun-personal-branding-03-sesuai-fungsinya

Pada zaman serba internet seperti ini, banyak media sosial yang diakses masyarakat. Namun, Ada juga beberapa media sosial yang dapat membedakan antara profesional dengan yang sifatnya santai. Seperti Linkedin, meski sama-sama media sosial namun ini merupakan jenis yang profesional. Dalam hal ini, Anda harus menggunakan profil serta foto profil yang sedikit berbeda dari media sosial lainnya. Sebab, Anda harus melihat siapa saja audience yang ada di lingkaran media sosial.

4. Menggunakannya untuk Memperluas Jaringan Pertemanan

bangun-personal-branding-04-memperluas-pertemanan

Gunakanlah media sosial untuk memperluas jaringan pertemanan. Semakin banyak teman dalam jaringan media sosial maka akan semakin luas ikatan pertemanan. Bahkan, dapat juga mendapatkan pekerjaan. Jika Anda serius ingin mengembangkan karir dengan memanfaatkan media sosial, maka jangan sampai menggunakannya hanya untuk sekedar mengunduh foto selfie. Ketika terjun media sosial tentu akan bersosialisasi dengan teman atau orang yang sudah dikenal bahkan juga akan kenal dengan mereka yang sama sekali tidak dikenal. Bahkan, Anda dapat jadikan media sosial sebagai portofolio. Sebab, tidak sedikit perusahaan yang saat ini menyeleksi calon karyawan melalui media sosial.

5. Menggunakan Etika yang Baik

bangun-personal-branding-05-etika-bermain-media-sosial

Dalam melakukan sosialisasi di media sosial yang harus dilakukan adalah beretika baik. Sama seperti bergaul dengan orang di dunia nyata, ketika berinteraksi di dunia maya melalui media sosial Anda juga harus memiliki etika yang sama. Cobalah untuk bersikap santun ketika menyapa bahkan sampai berdebat dengan seseorang dan jangan lupa untuk tetap menghormati siapapun yang sedang berkomunikasi dengan Anda. Dengan adanya sikap positif ini, bisa membuat orang lain menjadi percaya pada Anda. Pasti, Anda akan menjadi teman yang menyenangkan bagi mereka. Jangan pernah menjadi pengguna media sosial yang tidak beretika jika ingin bangun personal branding.

Itulah cara jika Anda ingin bangun personal branding melalui media sosial. Anda harus memperhatikan setiap hal yang berhubungan dengan diri Anda. jangan sampai, orang lain berpikiran buruk terhadap diri Anda.