Dunia dalam genggaman begitu banyak orang bilang mengenai dunia digital. Jika dulu kita melakukan banyak hal membutuhkan banyak alat, kini hanya dengan satu benda saja kita bisa menguasai dunia. Nonton televisi lewat gadget, belanja pakai gadget hingga memasarkan produk pun kini bisa lewat gadget. Namun apakah itu berarti strategi pemasaran offline telah benar-benar ditinggalkan?
Ternyata tidak! Meski digitalisasi telah menyeluruh di semua bidang, hampir semua pakar marketing tetap menyarankan pebisnis tetap menggunakan strategi pemasaran konvensional dalam setiap promosi produknya. Berikut ini 7 strategi pemasaran offline yang masih terbukti efektif di era digital seperti saat ini;
1. Membagikan Kartu Nama
Cara ini adalah strategi pemasaran yang termudah dan termurah, itulah sebabnya hingga saat ini kartu nama masih menempati urutan teratas untuk urusan pemasaran produk atau brand. Anda dapat membagikan kartu nama ke tetangga dan rekan bisnis, menyematkannya ke papan buletin publik, memasukkannya ke dalam buku atau majalah yang relevan di kantor dokter, atau hal-hal lainnya yang Anda pikir bisa dijalankan bersama lembaran tersebut. Meski hanya sebuah benda kecil, kartu nama masih memiliki potensi yang sangat besar. Jika Anda membutuhkan kartu nama dengan hasil cetak nomor wahid, Uprint.id bisa membantu.
Baca juga: Bisnis Anda Stagnan? Lakukan 4 Strategi Pemasaran Ampuh Ini!
2. Berdonasi
Apakah ada sebuah sekolah menengah yang sedang melakukan acara amal atau lomba tertentu? Ambil bagian di dalamnya, misal dengan memberikan voucher diskon atau sejumlah produk sebagai hadiah. Berdonasi adalah cara sederhana untuk menjalin hubungan pribadi dengan publik sambil berpartisipasi dalam sebuah event dengan tujuan yang baik. Paling tidak, pemenang akan menggunakan produk atau layanan Anda, dan Anda bahkan dapat memperoleh referensi dari mereka.
Baca juga: Ada 3 Strategi Pemasaran Tradisional yang Tak Boleh Anda Lewatkan, Apa Saja?
3. Menjadi Narasumber Sebuah Acara
Temukan acara yang terkait dengan industri yang Anda geluti, lalu siapkan sebuah materi yang informatif dan inspiratif. Cara ini bisa meninggalkan kesan yang abadi bagi penikmat acara tersebut. Juga bisa menjadi sebuah terobosan dalam representasi visual dari bisnis Anda. Jika Anda merasa tidak memiliki cukup otoritas untuk menyampaikan materi kepada rekan-rekan, menghadiri acara tetap akan membawa manfaat bagi usaha Anda. Perkenalkan diri Anda dan buatlah jaringan dengan orang lain. Hubungan yang Anda bangun dapat membantu memperluas pemasaran ke tempat lain.
Baca juga: Gunakanlah 5 Strategi Bisnis Ini Untuk Menang dari Kompetitor!
4. Berkawanlah dengan Media Cetak
Meskipun pemasaran lewat media online semakin gencar, pemasaran lewat media cetak masih sangat efektif. Siapkan press release ke beberapa majalah atau surat kabar yang menargetkan audiens Anda. Siaran pers adalah cara sederhana untuk menampilkan peristiwa penting atau tonggak penting untuk bisnis Anda. Publikasi yang tepat juga dapat membuat masyarakat menaruh perhatian kepada Anda. Tetap aktif dan jalin hubungan dengan pers sebanyak mungkin — media cetak kapan pun tetap akan berguna.
Baca juga: 7 Cara Efektif Membuat Kartu Bisnis Anda sebagai Alat Pemasaran Paling Handal
5. Melakukan Panggilan Konfirmasi
Salah satu strategi pemasaran offline yang efektif yaitu melakukan panggilan konfirmasi kepada calon klien potensial. Pertama-tama kumpulkan daftar calon pelanggan lalu hubungi mereka. Sesuaikan setiap panggilan yang Anda lakukan dengan kebutuhan pelanggan dan waktu yang cocok untuk mereka. Meski biasanya panggilan dilakukan dengan tujuan adanya penjualan, namun panggilan juga bisa membantu Anda membangun hubungan kolaboratif dengan bisnis lain serta berpotensi mendapatkan beberapa pelanggan baru di sepanjang jalan.
Baca juga: 9 Ide Pemasaran Berbiaya Rendah yang Dapat Anda Gunakan Dalam Promosi Bisnis
6. Berpartisipasi dalam Pameran Dagang
Pameran dagang akan menempatkan Anda di dalam sebuah kompetisi. Dari sebuah pameran, Anda dapat mempelajari strategi saingan Anda, memeriksa materi pemasaran mereka, dan umumnya mendapatkan wawasan nyata terhadap keunggulan pemasaran mereka. Tentu saja, pameran dagang juga merupakan peluang luar biasa untuk memamerkan produk Anda dan memasarkan perusahaan Anda. Memperluas jaringan dengan profesional lain dan mencari peluang untuk tumbuh dengan bekerja bersama
Baca juga: Tingkatkan Bisnis dengan Iklan Menarik dan Simple
7. Ubah Kemasan atau Presentasi Anda
Perkuat brand Anda dengan evaluasi ulang bagaimana cara presentasi produk Anda. Bagaimana tampilan produk Anda ketika membandingkannya dengan pesaing? Hal ini terlihat penting! Desain kemasan adalah sebuah pencitraan merek dan toko Anda yang paling berbicara banyak. Mungkin sudah waktunya untuk menyegarkan tampilan usang yang mungkin mengirim pesan tidak tepat kepada calon pelanggan. Luangkan waktu untuk mengunjungi dan mengulang; perubahan sekecil apa pun bisa membuat perbedaan besar. Uprint.id bisa membantu Anda mencetak kemasan dalam usaha rebranding Anda dengan hasil yang cantik dan memukau banyak mata.
Baca juga: Peran Membership Card dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan
7 strategi pemasaran offline ini memang bisa jadi membutuhkan biaya dan upaya yang besar, tetapi mereka masing-masing dapat mempengaruhi laba Anda dan meningkatkan upaya pemasaran Anda. Jadi, sambutlah teknologi dan strategi baru, tetapi jangan lupakan pula metode lama! Dengan mengkombinasikan keduanya, Anda dapat bersenang-senang di sepanjang jalan perluasan bisnis Anda.