Setiap hari selalu ada saja yang membagikan brosur kecil tentang bisnis mereka tanpa kita sadari. Kalau tidak percaya, coba saja lihat ada berapa banyak flyer yang ada di dalam tas atau sudah seberapa tinggi tumpukan brosur di meja Anda. Cek pula di dalam dompet Anda ada berapa kartu nama yang tersimpan. Pasti setidaknya ada lima atau sepuluh kartu yang tercetak dalam berbagai ukuran, bentuk dan warna. Meskipun banyak yang telah memahami bahwa kartu nama adalah suatu keharusan, namun masih banyak yang sering gagal melihat kartu nama bisnis sebagai peluang pemasaran yang handal.

Kini saatnya Anda mulai melihat secarik kertas kecil itu dengan berbeda. Kartu nama bisnis bukan lagi sekedar kertas berisi nama, logo dan alamat Anda, namun kertas ini berisi peluang terbaik yang Anda miliki untuk memasarkan diri atau bisnis Anda kepada audiens yang ditargetkan. Setelah Anda memahami tujuan besar di balik sebuah kartu nama, Anda harus memilih untuk menyerahkannya kepada beberapa orang karena suatu alasan.

Jadikan Kartu Nama Bisnis sebagai Hit Maker Usaha Anda

Berikut ini tujuh cara efektif untuk membuat kartu nama bisnis Anda menjadi alat pemasaran yang handal:

1. Jadikan Kartu Anda Multifungsi

membuat kartu nama bisnis yang menarik

 

 

 

 

 

 

 

Ini bukan sekedar tentang komunikasi. Kartu yang multifungsi akan diperhatikan lebih sering oleh penerimanya daripada kartu bisnis yang biasa-biasa saja. Misal, Anda bisa membuat kartu bisnis sekaligus menjadi pembatas buku, tiket acara, voucher, member card atau stiker. Bangunlah komunikasi dengan klien Anda melalui kartu tersebut dan bisnis Anda akan secara otomatis menjadi bagian dari percakapan.

Baca juga: Kartu Nama yang Memudahkan Segalanya

2. Lacak

Sertakan kode QR di kartu bisnis Anda. Ketika Anda memberikan kartu tersebut kepada beberapa orang, berikan insentif kepada penerima seperti diskon atau kupon jika mereka mau mengunjungi situs Anda. Dengan cara ini, Anda akan dapat melacak tingkat seberapa tinggi kartu nama bisnis Anda menarik orang ke situs Anda. Jika desain dan insentif seperti ini tidak lagi berfungsi, Anda selalu dapat mencoba trik yang lain.

3. Buatlah Tantangan

kartu nama bisnis personal

 

 

 

 

 

 

 

 

Sisipkan sesuatu yang unik dan menantang di kartu bisnis Anda. Sebagian besar orang sangat menyukai pertanyaan seperti quiz atau trivia, juga beberapa informasi faktual. Sisipkan hal tersebut pada kartu nama Anda, misal jika Anda mengembangkan bisnis dekorasi bunga, di sisi belakang kartu nama bisa disisipkan info seperti “tahukah kamu warna bunga mawar yang paling banyak disukai di dunia? Ternyata bunga mawar berwarna merah banyak dipilih para wanita. Jika kamu ingin membelikan kekasihmu bunga mawar berwarna merah, jangan lupa mampir ke toko kami.”

Informasi yang dapat menciptakan komunikasi dengan klien semacam itu bisa menjadi strategi pemasaran baru yang efektif. Libatkan dan hibur orang ketika mereka membaca kartu Anda dan jadikan hal itu sebagai daya tarik bisnis Anda.

4. Sisipkan Testimoni

Sebuah iklan bisa jadi kalah dengan rekomendasi pelanggan yang lain. Sangat penting bagi Anda untuk mengumpulkan testimony sebanyak-banyaknya dari pelanggan yang pernah menggunakan produk atau jasa Anda. Testimoni berbicara lebih banyak dari selembar brosur. Maka pertimbangkan untuk menyisipkan kutipan singkat berupa testimoni yang menarik dari salah satu pelanggan Anda di belakang kartu nama bisnis. Testimoni seperti “Bunga dari toko Adisty selalu segar, sebagaimana cintaku padamu (Adi – Pelanggan Setia Toko Adisty)” akan memberi warna lain pada kartu nama Anda. Daripada sisi belakang kartu Anda kosong dan sia-sia, jadikan bagian itu sebagai ruang berharga yang akan mebawa daya tarik tersendiri bagi penerimanya.

Terkait: Melihat Karakter Seseorang dari Warna Kartu Nama

5. Jadi Bagian dari Kampanye Sosial

kartu nama bisnis keren

 

 

 

 

 

 

 

Dampak sosial dan bisnis berjalan bergandengan tangan akhir-akhir ini. Beri tahu orang-orang tentang penyebab yang mendorong Anda mendukung sebuah kampanye sosial. Gunakan kartu Anda sebagai sarana untuk membuat perbedaan, dan penerima akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang apa yang mendorong Anda sebagai pribadi dan profesional. Misalnya, Anda dapat menyertakan: “Toko Adisty mendukung #GerakanAntiBullying” atau “Dengan membeli setangkai bunga di Toko Adisty, Anda telah mendukung #GerakanAntiBullying.”

6. Tunjukkan Wajah Anda

kartu nama bisnis unik

 

 

 

 

 

 

 

 

Pertimbangkan untuk menempatkan foto Anda di kartu nama bisnis Anda sehingga orang-orang dapat terus mengingat wajah Anda ketika mendengar bisnis atau nama Anda disebut. Bahkan meskipun mereka bertemu kembali dengan Anda setelah beberapa waktu yang cukup lama, wajah Anda masih cukup familiar untuk mereka. Sebuah foto tidak hanya menambah keakraban masyarakat terhadap merek perusahaan Anda. Foto juga jauh lebih mudah diingat daripada rangkaian tulisan. Selain itu foto juga melukiskan gambaran Anda sebagai pribadi. Ini juga membuat Anda mudah dikenali dibandingkan para pesaing Anda.

7. Saling Bertukar Kartu Nama

kartu nama bisnis untuk usaha anda

 

 

 

 

 

 

Tindakan fisik bertukar kartu bisa jauh lebih berharga daripada kartu itu sendiri. Gunakan saling bertukar kartu nama untuk membangun sebuah percakapan. Obrolan ringan dengan calon klien potensial bisa bermanfaat untuk lebih memahami kebutuhan, minat atau hobi seseorang. Ketika Anda membagikan kartu Anda, sampaikan pada penerima kartu bahwa Anda akan menghubungi mereka dan perkuat pesan tentang nilai bisnis Anda.

8. Perhatikan Body Language

Saat bertukar kartu nama bisnis, Anda perlu menunjukkan rasa percaya diri. Para pelaku bisnis pemula bisa jadi merasa malu atau tidak yakin bahwa bisnis mereka layak untuk digaungkan namanya. Atau Anda merasa ragu bahwa orang di hadapan Anda mau menerima dan menyimpan kartu nama tersebut. Yakinlah selalu ada peluang di setiap kondisi. Anda tak akan pernah tahu jika belum mencoba. Maka cobalah untuk menyodorkan kartu tersebut dan lihat responnya. Jika Anda mendapat respon baik, maka hal itu bisa meningkatkan keberanian Anda menyodorkan kartu kedua. Jikalau responnya buruk, jadikan itu pelajaran. Lihat lagi apa ada yang kurang dalam membuka obrolan. Pelajari gesture tubuh para pelaku bisnis yang telah sukses. Bagaimana mereka menatap lawan bicara, berjalan dan berjabat tangan. Body language yang bagus bisa dipelajari, jangan kalah akan keterbatasan diri.

Baca juga: 5 Tips dan Trik Membuat Desain Kartu Nama Agar Orang Ingin Menyimpannya

9. Mulai dengan Mencetaknya

cetak kartu nama bisnis bersama uprint

 

 

 

 

 

 

Kedelapan cara tadi tidak akan membuat kartu nama Anda menjadi hit maker untuk usaha yang sedang Anda rintis jika hingga detik ini Anda belum mencetaknya. Maka hal terpenting sebelum melakukan delapan hal di atas, cetak kartu nama Anda sekarang juga. Anda tidak perlu merasa bingung ke mana harus mencetak kartu nama dengan kertas dan tinta yang berkualitas, Uprint.id hadir untuk memecahkan rasa bingung tersebut.

Uprint.id memberikan solusi atas kebutuhan cetak produk-produk pemasaran Anda. Bukan hanya kartu nama bisnis, namun juga brosur, flyer, spanduk, banner dan masih banyak lagi yang lainnya. Banyak orang telah merasa puas dengan hasil cetak kami karena kualitas dan kepuasan pelanggan adalah harga mati buat kami. Ada beragam jenis kertas dan finishing yang bisa Anda pilih sesuai dengan karakter bisnis Anda. Selamat menyongsong kesuksesan bisnis Anda!