Kemasan produk memang menjadi hal yang sangat penting karena untuk menjelaskan dan memberikan informasi tentang produk. Terutama jika saat ini Anda sedang merintis usaha rumahan yang mungkin banyak kompetitor lain di luar sana. Sudah pasti kemasan produk harus ditingkatkan. Tidak hanya kualitas produk saja, tapi kualitas kemasan produk juga harus ditingkatkan. Seperti beberapa alasan berikut ini tentang pentingnya kemasan produk yang belum banyak diketahui.

1.      Membangun Kepercayaan Konsumen

Dengan memilih dna menggunakan kemasan produk yang baik dan menarik, secara tidak sengaja Anda membangun kepercayaan konsumen terhadap produk tersebut. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk memberikan informasi penting pada kemasan produk seperti kode kadaluarsa, kode amannya sebuah produk tersebut, serta beberapa informasi lainnya.

Memberikan informasi lengkap namun tetap padat dan jelas dimengerti konsumen. Tetaplah mempersingkat setiap kalimat yang ingin disampaikan. Selain meringkas kalimat informasi, yang perlu diperhatikan adalah meletakan informasi tersebut. Peletakan yang tepat akan mempermudah konsumen mencari informasi yang dibutuhkan.

Baca juga : Kemasan yang Menarik Perhatian Calon Pembeli

2.      Membuat Ciri Khas

Salah satu alasan terpenting dalam membuat kemasan produk adalah untuk memberikan ciri khas tersendiri terhadap produk. Terutama jika Anda memiliki kompetitor dibidang yang sama, maka yang akan membedakan adalah hasil dan kemasan produk. Dengan kata lain produk boleh sama namun kualitas produk dan kemasan produk tetap harus berbeda. Meski ingin membuat kemasan yang unik dan berbeda, tetap harus memperhatikan kemudahan untuk konsumen. Seperti pada saat konsumen ingin membuka kemasan, Anda harus memberikan kemasan yang memudahkan konsumen.

Seperti yang kita ketahui, tidak sedikit sebuah produk memberikan kemasan yang unik namun memiliki kekurangan bagi konsumen. Karena konsumen terlihat sulit membuka kemasan tersebut.kejadian seperti ini sungguh sangat disayangkan, sebab konsumen harus berpikir cara membuka kemasan itu.

3.      Memberikan Daya Tarik

Alasan terpenting lainnya adalah memberikan daya tarik tersendiri bagi konsumen. Kemasan produk yang berbeda akan memberikan daya tarik tersendiri bagi konsumen. Terutama jika Anda membuat kemasan produk sesuai dengan target pasar yang diinginkan. Misalnya target pasar Anda hanya wanita, maka buatlah kemasan produk yang mewakili kesan feminim. Kemasan yang berbeda seperti ini dapat menarik perhatian calon konsumen.

Kemasan produk yang menarik mendapatkan tempat tersendiri bagi konsumen. Anda dapat memberikan keunikan lainnya, misalnya memberikan pesan tersirat pada kemasan produk tersebut. Atau bahkan Anda dapat memberikan pantun yang mewakili perasaan setiap orang. Hal unik seperti ini pasti akan lebih menarik konsumen.

4.      Menambah Nilai Produk

Kemasan produk yang baik dan rapi akan memberikan nilai tersendiri pada sebuah produk. Untuk itu, jangan pernah menyepelekan jenis kemasan yang akan digunakan. Walau produk belum terkenal, namun berikanlah kesan pertama yang baik pada saat berkenalan. Sehingga Anda akan mendapatkan kepercayaan dari konsumen juga terkait dengan kemasan produk. Bahkan dari sebuah kemasan, konsumen dapat menebak harga dari sebuah produk. Jika kemasan cantik dan harga ekonomis maka konsumen akan memilih produk dengan kemasan itu.

Baca juga : Cara Memilih Kemasan Makanan untuk Bisnis Kuliner

Itulah beberapa alasan terkait dengan kemasan produk. Jika Anda berpikir kemasan produk dapat menggunakan kemasan apa saja, ada baiknya untuk memikirkan kembali sebelum benar-benar mencetak kemasan tersebut. Pikirkan segala hal yang belum terjadi, ini sangat berpengaruh juga terhadap hasil penjualan produk.

Berlaku juga untuk para pelaku bisnis UMKM kemasan produk yang tepat akan memberikan kesan tersendiri bagi konsumen dan akan berdampak baik bagi Anda dan nama usaha Anda.