Lahir di Reus, Catalonia pada tanggal 25 Juni 1852, Antoni Gaudi adalah seorang arsitek Catalan Spanyol terkemuka dan terkenal karena mempraktikkan modernisme Catalan. Hampir semua hasil karya Gaudi berada di Barcelona, termasuk La Sagrada Familia, sebuah gereja yang dielu-elukan sebagai karyanya yang paling agung. Jika kamu berencana untuk mengunjungi Barcelona, 6 bangunan Gaudi ini harus kamu lihat:

1.La Sagrada Familia

la sagrada familia 1

Kamu sekarang telah melihat beberapa gambar La Sagrada Familia, mengagumkan bukan? Kamu harus melihat bangunan aslinya karena lebih mengagumkan daripada gambar-gambarnya! Bangunan paling agung yang pernah didesain oleh Antoni Gaudi ini masih dalam tahap konstruksi. Proyek konstruksinya sendiri dimulai pada tahun 1882, dan hampir 134 tahun kemudian proyeknya masih belum selesai! Tapi ini bukanlah sebuah masalah. Gerejanya sungguh luar biasa! La Sagrada Familia, yang berarti Keluarga Kudus dalam bahasa Indonesia, adalah gambaran sempurna akan hubungan antara manusia, agama dan alam.

la sagrada familia 2

2.Park Guell

Didesain oleh Gaudi dan dibangun antara tahun 1900 dan 1914, Park Guell merupakan kombinasi menarik antara bangunan-bangunan, furnitur perkotaan dan alam itu sendiri. Taman indah ini dibuka secara resmi kepada masyarakat umum pertama kalinya pada tahun 1926. Begitu memasuki taman ini, kamu akan melihat seri bangunan dengan desain dinamis (kebanyakan bangunannya dibangun dengan teknik trencadis: kombinasi dari potongan-potongan keramik tak beraturan), di mana salah satunya adalah rumah Gaudi. Pada tahun 1984 Park Guell dideklarasikan sebagai Warisan Dunia oleh UNESCO.

park guell

Barcelona April 2004

3.Casa Batllo

casa batllo

Terletak di Passeig de Gracia, Casa Batllo mereupakan salah satu petanda ikonik kota. Casa Batllo dulunya adalah sebuah rumah tua konvensional yang dibangun pada tahun 1877. Pada tahun 1904 rumah tersebut direstorasi, dan hasilnya yaitu Casa Battlo yang berdiri dengan elegan. Casa Batllo merupakan bukti bahwa sesuatu yang sudah tua bisa memancarkan pesonanya sendiri.

casa batllo 1

4.Casa Vicens

Dibangun antara tahun 1882-1888, Casa Vicens didesain oleh Gaudi dan dibangun untuk seorang industrialis Manuel Vicens (Vicens adalah keluarga makmur yang memiliki sebuah pabrik keramik). Casa Vicens merupakan bangunan penting pertama Gaudi karena merupakan karya paling pertamanya dalam koleksi arsitektur signifikan Gaudi.

casa vicens

casa vicens 2

5.La Pedrera

Seperti Casa Batllo, La Pedrera juga berlokasi di Passeig de Gardia, yang merupakan jalan besar utama kota pada masa Gaudi. La Pedrera juga dikenal sebagai La Casa Mila, nama asli dari La Pedrera, tetapi La Pedrera menjadi nama yang lebih populer karena muka bangunannya yang terlihat seperti batu bergelombang. La Pedrera dianggap sebagai salah satu contoh terbaik dari konsep arsitektur Antoni Gaudi.

la pedrera

la pedrera 1

6.Colonia Guell

colonia guell

Berada di Santa Coloma de Cervello, koloni industri ini dibangun antara tahun 1890 dan 1917. Koloni ini mencakup berbagai bangunan yang didesain oleh para arsitek yang berbeda. Yang mana yang merupakan karya Antoni Gaudi? Ruang bawah tanah dan gereja lonjong tak beraturan, mereka adalah atraksi-atraksi utama di sana.

colonia guell 1