Bisnis food truck, merupakan usaha kekinian yang banyak digandrungi oleh para pebisnis muda. Terutama mereka yang memiliki pemikiran jangka panjang mengenai bisnis. Food truck pertama kali ramai bermunculan di negeri Paman Sam. Beragam jenis makanan dapat dijual dan dijadikan bisnis food truck. Seperti makanan cepat saji semacam burger, crapes, dan makanan lainnya. Jika Anda ingin membangun bisnis food truck dapat mempelajari dan mengetahui tips suksesnya terlebih dahulu. Seperti berikut ini tips sukses memulai bisnis food truck.

Baca juga : Cetak Kemasan Makanan Secara Online. klik di Sini!

1. Menentukan Konsep Food Truck

bisnis-food-truck-01-konsep-food-truck

Bisnis semacam ini berbeda dengan bisnis pada umumnya. Pasalnya, peralatan, sumber daya, dan ruangan yang digunakan terbatas. Bisnis food truck umumnya memiliki reputasi baik dengan makanan dan pelayanan yang luar biasa, hingga tidak jarang pelanggan rela mendatangi dan antre makanan di lokasi yang berubah-ubah. Pada tahun 2018, diprediksi pemilik bisnis akan terus memanfaatkan keunikan masing-masing dalam bisnisnya untuk bisa bersaing. Anda dapat memanfaatkan strategi ini dalam bisnis, agar tercapai konsep food truck yang diinginkan.

  • Ruang

Karena ruang yang terdapat dalam truck cenderung sedikit ruang gerak, maka Anda harus pandai memilih peralatan. Pilihlah peralatan yang dapat menghasilkan sebuah produk yang dijual. Jangan sampai, Anda kehilangan pelanggan dan reputasi hanya karena peralatan yang tidak tersedia.

  • Waktu

Anda juga harus pandai mengatur waktu, mulai dari produksi hingga diterima oleh pelanggan. Kebanyakan di kota besar bisnis food truck ini hanya berlaku 2 sampai 4 jam sehari, dan biasanya sekitar jam makan siang. Dengan waktu yang terbatas, Anda harus memikirkan persiapan memasak dengan matang. Sehingga Anda tidak perlu waktu lama untuk memasak pesanan pelanggan.

  • Permintaan Pelanggan

Selain mengutamakan keunikan, Anda juga harus memikirkan bahwa ide tersebut dapat sesuai dengan yang diinginkan dan diminati oleh pelanggan. Mulai dari jenis makanan, harga, hingga porsi yang ditawarkan. Jangan lupa juga untuk memikirkan konsep takeaway, berarti Anda harus memikirkan menu makanan yang mudah dikonsumsi.

2. Membuat Business Plan

bisnis-food-truck-02-business-plan

Perencanaan bisnis merupakan hal yang paling utama dilakukan sebelum menjalankannya. Perencanaan bisnis merupakan sebuah gambaran yang akan membimbing bisnis Anda dari fase start-up hingga berkembang. Dan pastinya ini adalah keharusan bagi semua bisnis, tidak peduli apa jenis bisnis Anda. Business plan yang baik membuat siapapun yang membacanya dapat merealisasikan bisnis tersebut dengan tepat.

3. Membuat Perencanaan Keuangan

Dalam membangun bisnis, perencanaan keuangan ini tidak kalah pentingnya dengan perencanaan bisnis. Sebab, bisnis yang berjalan lancar diperlukan modal yang cukup untuk kehidupan dan kelancaran bisnis. Cobalah membuat perencanaan keuangan sederhana untuk mengestimasi biaya-biaya yang dibutuhkan. Sebagai contoh, awalnya Anda membutuhkan biaya izin usaha, peralatan, biaya legal, asuransi, branding, riset pasar, penyimpanan, acara pembukaan, dan sebagainya. Biaya ini kemudian dilanjutkan dengan biaya operasional seperti biaya sewa lokasi, biaya perawatan, marketing dan iklan, biaya produksi, bahan baku, upah pegawai, dan sebagainya.

Baca juga : Inspirasi Cake Box yang Dapat Menjadi Peluang Para Pebisnis

4. Membeli Truck

bisnis-food-truck-04-membeli-truck

Jika perencanaan keuangan sudah mantap dan matang, saatnya Anda membeli truck untuk syarat usaha. Jika tidak ingin mengeluarkan banyak biaya, Anda dapat memodifikasi truck agar layak digunakan untuk bisnis. Dalam memilih truck juga harus memperhatikan beberapa hal seperti ini.

  • Ukuran truck. Besarnya truck harus memadai menjalankan seluruh aktivitas food truck. Seperti memasak, meletakan bahan baku, menyiapkan pesanan, hingga memberikan pesanan ke pelanggan.
  • Faktor kebersihan. Jangan lupa memperhatikan faktor kebersihan dalam membangun setiap bisnis. Misalnya, ada tempat mencuci tangan atau untuk mencuci peralatan semacam wastafel.
  • Pertimbangkan truck bekas atau baru. Mempertimbangkan jenis truck yang diinginkan juga dapat berpengaruh dengan kelancaran bisnis. Jika dapat menggunakan truck bekas, Anda harus benar-benar memodifikasinya atau bahkan membersihkannya.

Setelah truck siap, maka yang harus dipersiapkan lagi adalah peralatan masak, peralatan makan, papan menu dengan alat tulisnya, mesin kasir dan nota pembelian. Jika masih ada yang diperlukan, Anda dapat menambahkannya.

5. Menentukan Jenis Menu yang Akan Dijual

bisnis-food-truck-05-menu

Dalam bisnis food truck yang tidak luput dari perhatian adalah jenis menu. Anda harus menentukan menu apa saja yang akan dijual dalam bisnis tersebut. Untuk food truck, umumnya lebih banyak ke makanan siap saji atau yang mudah untuk diolah, mengingat tempatnya terbatas.

6. Lokasi Berjualan

Sebelum Anda melakukan kegiatan bisnis food truck yang perlu diperhatikan juga adalah pemilihan lokasi berjualan. Lokasi yang tepat dan strategis akan mempengaruhi penjualan. Untuk itu, cobalah Anda mencari lokasi yang strategis dan mudah dijangkau. Seperti di kota besar lokasi yang tepat adalah di sekitar perkantoran.

7. Mendapat Prosedur Penyewaan Lokasi

Sebelum Anda mendirikan atau memberhentikan truck di lokasi yang menurut Anda cocok, ada baiknya untuk menanyakan prosedur ketika hendak berjualan. Jika sudah mendapatkan izin, Anda akan dengan santai berjualan di lokasi tersebut dengan santai. Tanpa perlu takut dipindahkan ke lokasi lain.

8. Mencari Supplier Terpercaya

Jika Anda berbisnis dalam bidang kuliner, ada baiknya untuk mencari supplier terpercaya agar mendapatkan bahan baku terbaik. Selain itu, yang harus diperhatikan adalah kualitas barang-barang yang ditawarkan merupakan kualitas terbaik. Sehingga akan menunjang bisnis food truck.

9. Menyiapkan Media Promosi

bisnis-food-truck-09-promosi

Pemasaran merupakan faktor penentu keberhasilan bisnis food truck Anda, sebab sebagus atau seenak apapun produk yang ditawarkan akan sia-sia jika bisnis tersebut tidak dikenal masyarakat. Anda dapat menjalankan teknik pemasaran dengan mengandalkan teknologi, misalnya memanfaatkan media sosial. Namun, jangan lupa juga untuk melakukan pemasaran secara konvensional seperti menggunakan brosur, banner, atau bahkan spanduk. Properti promosi ini juga masih sangat dibutuhkan untuk membantu berkembangnya bisnis food truck Anda. Jika ingin mencetak properti pemasaran Anda dapat melakukannya secara online di Uprint.id. Beragam desain, template serta ukuran sudah tersedia. Bahkan Anda dapat juga mencetak properti pemasaran dengan desain sendiri atau custom. Cukup dengan sekali klik dan upload desain di website, maka pesanan akan segera dikerjakan.

Baca juga : Tips Jitu Meningkatkan Penjualan Dengan Promosi

10. Mencari Tenaga Kerja

bisnis-food-truck-10-mencari-tenaga-kerja

Anda juga dapat merekrut tenaga kerja untuk membantu Anda menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan oleh pelanggan. Pastikan pilih karyawan yang gesit dan dapat bekerja dengan cepat. Sebab, pelanggan selalu menginginkan sesuatu yang cepat dan tepat.

Itulah 10 tips sukses memulai bisnis food truck. Pastikan Anda mengikuti beberapa langkah yang sudah dijelaskan sebelumnya jika ingin mendirikan bisnis food truck. Sebab, tips tersebut dapat membantu Anda dalam membangun bisnis.