Bisnis kuliner masih menempati pertama dalam bidang bisnis. Terutama bagi para millennial, bisnis kuliner merupakan jenis usaha yang paling menjanjikan. Selain memiliki ragam jenis menu dan harga, faktor tempat juga dapat mempengaruhi keberhasilan sebuah bisnis. Seperti berikut ini, ada beberapa bisnis kuliner yang menjanjikan dan sukses. Bahkan dapat dijadikan inspirasi bagi Anda yang sedang berencana membangun bisnis.

1. Keripik Maicih

bisnis-kuliner-kripik-maicih-01

Keripik yang terkenal dengan tingkat atau level kepedasannya memang sudah tidak asing ditelinga masyarakat. Keripik hasil kreasi Reza Nurhilman ini buktinya, snack yang sangat unik dan menarik. Pasalnya, rasa pedas yang berbeda-beda ditambah lagi dengan pemasarannya yang berpindah-pindah membuat banyak orang menyukainya. Dengan produk yang terinspirasi dari pertemuan Reza dengan seorang nenek inilah lahir keripik Maicih. Sehingga menghasilkan keuntungan miliaran rupiah per-bulannya bagi pria lulusan jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Maranatha Bandung tersebut. Bisnis kuliner yang satu ini masih eksis hingga sekarang. Bahkan, mereka sudah masuk ke dalam beberapa minimarket ternama di seluruh Indonesia. Sebuah kesuksesan yang menjanjikan.

Baca juga : Buka Bisnis Kuliner, Gak Selalu Harus Bisa Masak Loh. Seperti Tokoh Sukses yang Satu…

2. Spesial Sambal

bisnis-kuliner-spesial-sambal-02

Bisnis kuliner yang satu ini, sudah melebarkan sayapnya di seluruh Indonesia. Bisnis yang didirikan tahun 2002 ini dimulai di Yogyakarta oleh Yoyok Hery Wahyono dengan 6 orang tenaga kerja termasuk Yoyok. Spesial Sambal sendiri menghadirkan berbagai menu makanan asli Indonesia seperti seperti cah kangkung, trancam, cah jamur, pecel, plecing jawa, dan sayur asem. Sementara lauknya, tersedia ayam goreng, bandeng goreng, nila goreng, tempe, tahu, lele, udang, dan daging sapi. Paling menarik dan unik dari bisnis ini adalah keberadaan sambal yang mencapai 30 jenis sambal. Pemilik bisnis kuliner ini sangat jeli melihat kesempatan. Ia melihat bahwa masyarakat tidak pernah meninggalkan sambal saat makan. Sebab itulah, ia membangun bisnis spesial sambal ini. Bahkan sekarang sudah ada sekitar 40 outlet di seluruh Indonesia.

3. Roti Unyil Venus

bisnis-kuliner-roti-unyil-venus-03

Bisnis kuliner yang satu ini berasal dari kota hujan Bogor. Roti ini juga sudah dikenal banyak orang dan sukses. Dengan menyajikan roti yang unik dan menarik ini, kakak beradik Herliyanti Hawidjaja dan Hendra Saputra Hawidjaja menciptakan Roti Unyil. Roti jenis ini memang telah menjadi salah satu menu yang selalu diburu oleh masyarakat terutama saat mereka berkunjung ke kota hujan Bogor. Roti Unyil atau yang dikenal juga dengan nama Roti Venus sendiri telah didirikan sejak tahun 1992 dan juga telah sukses menjadi roti legendaris. Untuk Anda yang penasaran ingin mencoba roti ini, silakan mengunjungi toko di Ruko V Point Jalan Pajajaran kota Bogor. Bentuknya yang kecil-kecil serta rasanya yang enak menjadi ciri khas dari Venus. Ragam rasa dan topping dapat Anda temukan.

4. Lapis Talas Bogor Sangkuriang

bisnis-kuliner-lapis-talas-sangkuriang-04

Siapa yang tidak kenal dengan bisnis kuliner khas Bogor yang ini. Berawal dari kegagalan seseorang untuk berbisnis bakso tidak membuat Rizka Wahyu Romadhona kemudian patah arang. Pria yang sebelumnya pernah menjadi karyawan di sebuah perusahaan telekomunikasi terkemuka ini, memutuskan membuka bisnis membuat kue lapis Bogor dengan brand Sangkuriang. Kue Bogor Sangkuriang ini sendiri dibuat dengan bahan dasar talas yang berbeda dengan kue lapis lainnya. Dengan cara unik dan produk menarik inilah, mengantarkan Rizka menjadi pengusaha sukses dengan meraup omzet hingga miliaran rupiah perbulannya. Bahkan, hingga saat ini tetap menjadi kuliner andalan meski pun sudah banyak produk bolu yang lebih modern. Soal rasa, lapis talas Sangkuriang ini tetap menjadi nomor satu di antara lapis talas Bogor lainnya.

Baca juga : Ide Bisnis Ini Cocok untuk Pecinta Kuliner. Bahkan Salah Satunya Dapat Berkembang Pesat.

5. Es Teler 77

bisnis-kuliner-es-teler-77-05

Bisnis kuliner yang satu ini, memang telah banyak diketahui. Terutama bagi mereka yang berada di kota-kota besar. Usaha berkonsep kedai yang didirikan ibu Murniati Widjaja pada tahun 1987 ini kemudian diberi nama Es Teler 77. Beberapa waktu setelah pendirian dan merasa sudah sukses, ibu Murniati kemudian mencoba membuka peluang usaha ini menjadi waralaba. Siapa sangka ternyata usaha waralaba Es Teler 77 ini semakin membuat usaha ibu Murniati ini tersebar di seluruh wilayah nusantara. Ragam menu tersaji di restoran ini. Tidak hanya minuman saja, melainkan banyak makanan berat dengan rasa yang cukup cocok di lidah konsumen. Bahkan, saat ini Es Teler 77 sudah membuka outlet di beberapa negara tetangga.

Itulah beberapa bisnis kuliner yang menjanjikan dan sukses. Bahkan, Anda dapat menjadikan bisnis tersebut menjadi inspirasi untuk membangun bisnis kuliner. Selamat mencoba!