Memilih menjadi ibu rumah tangga bukan berarti kita berhenti berkarya dan berdaya. Banyak emak-emak jaman now yang merasa tidak memiliki kelebihan apapun, sehingga merasa minder dan tidak memiliki kepercayaan diri. Padahal dengan kecanggihan teknologi yang semakin berkembang pesat, dunia sekarang ada dalam genggaman. Hanya dengan jari-jemari, Anda masih bisa kok menunjukkan eksistensi dan produktivitas. Salah satunya dengan menjalani beberapa bisnis online berikut ini. Bisnis-bisnis ini bisa Anda lakukan tanpa harus meninggalkan rumah. Bahkan justru bisa menjadi hiburan untuk menjaga kewarasan di sela-sela tugas rumah tangga yang bejibun.

1. Menjadi Penulis Konten dan Blogger

bisnis online blogger

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Apakah emak di sini ada yang memiliki passion menulis? Ciri-ciri emak yang jago nulis biasanya akan sangat piawai menulis status-status di sosial media. Statusnya cenderung lebih panjang dibanding ibu-ibu kebanyakan, dan biasanya status tersebut banyak yang menyukai dan bahkan dibagikan oleh banyak orang. Jika Anda memiliki ciri-ciri tersebut, kenapa tidak kembangkan saja passion tersebut menjadi sesuatu yang lebih produktif dan menghasilkan?

Baca juga: 10 Manfaat Meditasi yang Ternyata Bagus untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Daripada menghabiskan waktu hanya sekedar menulis status galau yang panjang di sosial media, mending alihkan kegiatan tersebut menjadi sesuatu yang bermanfaat, misalnya menjadi penulis konten untuk web-web tertentu. Selain menjadi penulis konten, sekarang kesempatan menjadi blogger pun terbuka lebar. Cukup buat blog di beberapa platform tersedia, pilih platform yang Anda suka, mulai deh tuliskan kegiatan dan pengalaman bermanfaat Anda di blog tersebut. Jika Anda konsisten melakukannya, tidak menutup kemungkinan akan ada klien yang bersedia membayar mahal untuk tulisan Anda. Menarik, kan?

2. Mendesain Kartu Nama

bisnis online kartu nama uprint

 

 

 

 

 

 

Jika Anda memiliki bakat dan passion dalam hal mendesain sesuatu, kenapa tidak coba menangkap peluang bisnis online dengan menerima orderan cetak kartu nama? Promokan kelebihan Anda di media sosial yang Anda miliki, informasikan kalau Anda menerima pemesanan desain dan cetak kartu nama. Kenapa kartu nama? Karena sekarang ini kartu nama menjadi barang penting untuk selalu dibawa demi meningkatkan branding diri.

Baca juga: Cetak Kartu Nama Online di Uprint.id: Berkualitas, Mudah, Cepat dan Nyaman

Jika Anda membutuhkan tim yang profesional untuk mencetak desain yang telah dibuat, Uprint.id bisa menjadi teman terbaik untuk Anda. Bahkan Anda bisa langsung mendesain kartu nama secara custom di website officialnya.

3. Berjualan Daster secara Online

bisnis online jualan daster

 

 

 

 

 

 

 

 

Jualan secara online adalah salah satu bisnis paling favoritnya para emak. Banyak yang bilang bisnis online jenis ini tidak butuh banyak modal dan tingkat gagalnya relatif rendah. Jika modal Anda tidak cukup banyak, Anda tidak harus menyetok barang jualan Anda. Cukup menjadi reseller atau marketer dari seorang produsen, pendapatan akan terus mengalir ke rekening Anda.

Di antara banyak produk yang diminati, daster merupakan salah satu potensi jualan yang paling cepat meraup keuntungan. Tahu sendiri emak-emak paling senang pakai daster kalau di rumah. Emak-emak juga paling kalap kalau melihat daster yang modelnya lucu, warnanya menarik dan bahannya bagus. Tangkap peluang ini dan jadikan daster sebagai sumber penghasilan Anda. Promokan daster-daster jualan Anda di akun-akun media sosial yang dimiliki. Lebih baik lagi jika Anda juga menjualnya melalui marketplace yang kini menjamur di tanah air.

Jangan lewatkan: Cara Ampuh Bahagia dalam Waktu 60 Detik

Bisnis online buat para emak-emak jaman now tidak hanya sekedar pengisi waktu luang atau cara menambahkan penghasilan ekstra. Namun juga sebuah cara untuk tetap menjaga kewarasan di saat anak-anak membuat rumah berantakan, piring kotor menumpuk belum tersentuh dan cucian baju menggunung. Melakukan bisnis ini bisa membuat Anda bahagia karena bisa tetap berkarya dan berdaya.