Tidak sedikit orang yang membuat resolusi di tahun baru dengan ragam tujuan. Seperti merintis dan membangun bisnis sampingan. Terutama bagi mereka yang sudah jenuh dengan pekerjaan kantoran, bisnis sampingan akan menjadi pengalihan. Jika Anda ingin membangun bisnis sampingan dapat mencoba beberapa bisnis dengan modal kecil berikut ini.

1. Bisnis Jasa Titip dan Jual

bisnis-sampingan-jasa-titip-jual

Jika Anda memiliki akun media sosial dengan jumlah followers banyak, cobalah manfaatkan untuk dijadikan bisnis. Anda dapat membuka jasa titip jual, namun tetap memiliki keuntungan. Jadi bukan hanya menjual dengan harga yang ditawarkan pemilik sebelumnya. Anda harus mengambil keuntungan dari total harga yang ditawarkan saat awal kesepakatan. Seperti contoh, misalnya ada orang yang ingin menjual tas kesayangannya dengan harga Rp 2 juta. Nah dari setiap barang tersebut Anda boleh menetapkan biaya sebesar Rp 200.000. Sehingga barang yang dijual ditetapkan di angka Rp 2.2 juta. Sedangkan sisanya sudah menjadi hak pemilik.

Baca juga : 6 Cara untuk Memaksimalkan Bisnis Sampingan Anda

2. Bisnis Aksesoris

bisnis-sampingan-bisnis-aksesoris

Aksesoris selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi wanita. Terutama jika aksesoris tersebut memiliki bentuk serta model yang lucu dan menarik, pasti akan banyak yang membelinya. Cobalah Anda mencari produsen aksesoris yang memiliki barang dengan harga murah namun model aksesoris bernilai jual. Seperti beberapa online shop yang menjual ragam aksesoris dari China. Kualitas barang yang baik, serta model kekinian akan memancing minat calon konsumen. Anda dapat juga mencoba jejak para online shop ini untuk berbisnis aksesoris.

3. Bisnis Makanan Kecil

bisnis-sampingan-makanan-kecil

Bisnis sampingan dengan menjual makanan kecil ini juga akan menambah uang tabungan Anda. Caranya untuk menjual camilan ini adalah dengan mencoba datangi pasar atau rumah produksi makanan ringan tradisional. Cari beberapa makanan kecil yang sedang menjadi favorit. Setelah membelinya dalam jumlah sesuai keinginan, Anda bisa mengemas lagi camilan tersebut menjadi lebih menarik untuk mengangkat nilai jualnya. Sembari bisnis ini berjalan, tidak ada salahnya menguji kreatifitas dengan menciptakan varian baru sendiri. Tentunya akan lebih baik pula jika Anda punya katalog online di social media agar jangkauan pemasaran kian luas.

4. Bisnis Makanan Bayi Sehat

bisnis-sampingan-makanan-sehat-bayi

Bisnis sampingan ini akan jauh menguntungkan. Terutama jika target pasarnya adalah ibu-ibu yang memiliki anak bayi atau batita. Bahan dasar untuk membuatnya juga mudah, hanya sayuran dan beras untuk dijadikan bubur. Anda dapat juga menambahkan daging, ayam, atau ikan untuk dijadikan perasa tambahan. Siapa sangka, bisnis sampingan seperti ini sangat dibutuhkan. Selain masaknya yang mudah, harga jual juga relatif murah. Sehingga sangat terjangkau oleh siapa saja. Tidak hanya kalangan atas atau menengah, tapi juga kalangan bawah dapat menikmati bubur ini. Bahan pembuatnya yang tidak terlalu mahal inilah penolongnya.

Baca juga : Jenis Usaha Sampingan yang Cocok untuk Mendapat Uang Tambahan

5. Bisnis Membuka Les atau Kursus

bisnis-sampingan-kursus

Bisnis sampingan seperti ini cenderung lebih mudah dilakukan. Terutama jika Anda yang memang memiliki bakat di bidang mengajar, maka tidak ada salahnya untuk membuka kursus atau les private untuk anak sekolah. Bahan-bahan yang dibutuhkan hanya papan tulis kecil, buku bacaan, dan alat tulis lainnya. Semua dapat Anda beli dengan modal kecil. Selain itu, jika Anda memiliki keahlian dalam berbahasa asing, dapat juga menjadi penerjemah untuk orang-orang dewasa. Sehingga kemampuan yang Anda miliki menuai keuntungan.

Itulah beberapa bisnis sampingan yang dapat Anda lakukan hanya dengan modal kecil. Jika ingin bisnis sampingan semakin maju dan berkembang, yang harus dilakukan adalah mencoba menggunakan teknik pemasaran dengan tepat. Misalnya menggunakan brosur atau beriklan di media sosial. Dua teknik pemasaran ini dapat dibilang sangat menguntungkan. Anda dapat mencobanya agar bisnis semakin berkembang. Jika Anda ingin membuat brosur, poster atau media pemasaran lainnya langsung saja cetak secara online di Uprint.id. Ragam jenis media promosi tersedia dengan harga sesuai keinginan. Bahkan, di Uprint.id juga tersedia template yang dapat digunakan secara gratis.