Usaha sampingan sering dilakukan oleh mereka yang menginginkan uang tambahan. Tidak hanya para mahasiswa saja, melainkan para pekerja juga mencari usaha sampingan untuk memenuhi biaya hidup mereka. Biasanya usaha sampingan ini memiliki modal yang tidak besar, namun menguntungkan. Seperti berikut ini 5 jenis usaha sampingan yang cocok untuk mendapatkan uang tambahan.

1. Usaha Sampingan Makanan Diet Sehat

usaha-sampingan-menguntungkan-07-menjual-makanan-sehat

Seiring berkembangnya zaman untuk hidup sehat, tidak sedikit orang beralih mengkonsumsi makanan sehat. Tidak hanya orang kantoran saja, melainkan para mahasiswa hingga ibu rumah tangga juga menggandrungi gaya hidup sehat. Anda dapat memanfaatkan momen ini untuk membuka usaha sampingan. Misalnya, menjadi produsen makanan diet sehat. Anda dapat mencari jenis makanan sehat apa saja di internet. Setelah itu cobalah mengolahnya, dan pastikan memasaknya tidak menggunakan bahan-bahan instan lainnya. Kemudian, tawarkan makanan sehat itu kepada teman-teman yang sedang melakukan diet sehat atau gaya hidup sehat.

Baca juga : Jenis Usaha Sampingan yang Dapat Dilakukan Walaupun Seorang Karyawan

2. Usaha Sampingan Freelance Makeup

usaha-sampingan-menguntungkan-06-freelance-makeup

Tidak sedikit orang yang tergila-gila dengan makeup. Bahkan ada beberapa orang yang menggunakan makeup di kegiatan sehari-hari mereka. Nah, jasa makeup juga semakin gencar dicari, sebab sangat membantu mereka yang tidak sempat melakukannya sendiri. Selain itu, makeup juga dibutuhkan untuk acara-acara tertentu, seperti wisuda, pernikahan, hingga acara resmi lainnya. Jika Anda ahli dalam merias wajah, cobalah melakukan usaha sampingan sebagai makeup freelancer. Carilah target yang memungkinkan jasa Anda digunakan. Selain itu, pilihlah alat-alat atau perlengkapan makeup yang bagus. Sehingga harga yang diberikan dengan hasil sesuai.

3. Usaha Sampingan Menjadi Guru Les Privat

usaha-sampingan-menguntungkan-05-guru-les-privat

Menjadi pengajar lepas, tidak harus selalu memiliki skil khusus. Anda dapat memberikan teori atau pembelajaran yang sesuai dengan keahlian Anda. Misalnya, Anda dapat menjadi guru les privat bahasa asing. Satu bidang ini, dapat mendapatkan uang tambahan dengan target para turis atau bahkan warga lokal yang sedang ingin ke luar negeri.

4. Usaha Sampingan Menjual Makanan Ringan atau Cemilan

usaha-sampingan-menguntungkan-04-menjual-makanan-ringan

Tiaka hanya makanan berat saja yang dicari konsumen, melainkan makanan kecil seperti cemilan juga tidak luput dari pandangan orang. Terutama bagi mereka yang bekerja seharian di depan komputer ata di kantor. Pada jam-jam tertentu, mereka membutuhkan cemilan sebagai pendamping atau teman saat bekerja. Anda dapat memanfaatkan momen ini, agar mendapatkan uang tambahan. Untuk jenis usaha yang satu ini, Anda juga harus memikirkan jenis cemilan serta kemasan yang akan digunakan. Jika Anda ingin membuat kemasan dengan desain sendiri dapat langsung mencetaknya secara online di Uprint.id. Cetak kemasan dengan desain yang unik dan menarik akan menjadi poin tambah bagi usaha Anda.

5. Usaha Sampingan Tour Guide

usaha-sampingan-menguntungkan-03-tour-guide

Jika Anda memiliki hobi traveling atau hanya sekedar jalan-jalan, cobalah memanfaatkan hobi tersebut. Anda dapat menjadi pemandu wisata atau tour guide di beberapa tempat yang sering dikunjungi turis. Kegiatan seperti ini tidak perlu memiliki skil yang khusus, hanya memerlukan kemampuan dalam berbahasa asing. Sehingga, akan mempermudah Anda melakukan kegiatan tersebut.

6. Usaha Sampingan Freelance Writer

usaha-sampingan-menguntungkan-02-freelance-writer

Setiap perusahaan memiliki keinginan untuk dapat memperkenalkan perusahaan mereka ke masyarakat umum. Bahkan, dari beberapa perusahaan berani untuk bekerjasama dengan para freelancer agar dapat mengulas perusahaan mereka. Jika Anda memiliki keahlian dalam menulis dan mengulas, dapat mencoba melakukan kegiatan yang satu ini. Pastikan waktu Anda fleksibel, sehingga tidak mengganggu pekerjaan yang utama. Sebab, usaha sampingan bukanlah jenis usaha pokok. Semua harus dipertimbangkan dengan sungguh-sungguh.

Baca juga : Butuh Pekerjaan dengan Waktu Fleksibel? Coba Pertimbangkan 7 Jenis Pekerjaan Ini!

7. Usaha Sampingan Fashion Stylist Freelance

usaha-sampingan-menguntungkan-01-fashion-stylist

Membahas mengenai fashion, saat ini sedang menjadi perbincangan dunia. Memiliki fashion terbaik dan ter-stylist merupakan impian bagi sebagian orang. Namun menentukan fashion apa yang cocok untuk digunakan merupakan hal membingungkan. Jika Anda memiliki keahlian dalam mix and match pakaian serta paham akan fashion terkini, tidak ada salahnya mencoba membuka usaha menjadi freelancer fashion stylist. Bahkan, jika hasil Anda bagus, dapat digunakan oleh para artis ternama agar menjadi fashion stylist mereka.

Itulah beberapa jenis bisnis sampingan yang cocok untuk mendapatkan uang tambahan. Bahkan ini dapat dikerjakan saat weekend atau sepulang kuliah dan saat bekerja. Paling terpenting adalah, Anda harus menentukan waktu yang fleksibel sebelum memutuskan menjalani usaha sampingan.