Startup saat ini semakin dilirik oleh para anak muda yang ingin menjajaki dunia bisnis. Banyak dari mereka yang memilih melakukan bisnis dibidang kuliner dan beberapa bidang jasa lainnya. Bahkan ada dari mereka yang memanfaatkan kelemahan dan kemalasan kaum urban zaman sekarang. Berikut ini startup yang sedang diincar oleh pebisnis muda.

1. E-learning

bisnis startup 01-e-learning

Startup yang satu ini bergerak dalam bidang edukasi. Mereka menyediakan wadah untuk anak-anak belajar secara online dan di mana saja. Tidak harus belajar di sekolah atau tempat les. Bisnis e-learning ini seperti RuangGuru, HarukaEdu, Kelase, dan masih banyak lagi semua berhubungan dengan edukasi. Melihat antusiasme para siswa sekolah dengan pembelajaran yang menarik, akan semakin meningkatkan minat baca dan minat belajar.

Baca juga : Pelajari Beberapa Hal Ini Sebelum Memulai Bisnis dan Menjadi Pebisnis

2. Jasa Kurir Logistik

bisnis startup 02-kurir

Melihat banyaknya orang yang antusias dalam berbelanja, menjadikan peluang bagi mereka pebisnis muda. Saat ini banyak bisnis jasa kurir dengan beragam metode seperti kurir sepeda yang diberi nama Westbike Messenger Service. Mereka menggunakan sepeda sebagai alat transportasi selama mengirim barang. Ramainya lalulintas di Jakarta tidak menghambat para kurir untuk terus menyampaikan paket ke klien. Meskipun saat ini banyak orang yang menggunakan go-send atau kurir instan lainnya, namun Westbike Messenger Service ini terus berusaha agar masyarakat dapat mencoba menggunakan jasa kurir mereka. Startup jasa kurir ini menguntungkan, dengan memanfaatkan kesibukan masyarakat.

3. Jual Beli Barang Bekas

bisnis startup 03-jual-beli-barang-bekas

Sartup dengan jual beli barang bekas ini juga ternyata diminati. Antusias konsumen dengan barang bekas ini awalnya tidak terlalu banyak. Tapi lambat laun makin banyak orang yang ingin mencoba untuk membeli barang bekas layak pakai. Barang yang dijual pun beragam, terdiri dari pakaian hingga barang-barang rumah tangga lainnya. Tentunya, semua barang bekas ini masih layak digunakan. Bukan berarti barang yang sudah tidak layak guna.

4. Bisnis Video dan Fotografi

bisnis startup 04-videografi

Saat ini banyak orang yang memiliki hobi di bidang fotografi maupun pembuatan video. Anda dapat memanfaatkan hobi tersebut untuk bisnis. Apalagi saat ini startup mencari seseorang yang dapat melakukan kedua hal tersebut. Anda dapat membuat sebuah agency yang meliputi foto dan video.

5. Bisnis Kuliner

bisnis startup 05-bisnis-kuliner

Baca juga : Bisnis Makanan Tradisional dengan Packaging dan Varian Modern. Salah Satunya Ngehits Banget Nih!

Sejak beberapa tahun silam, bisnis yang satu ini heboh dan menjamur di mana-mana. Mulai dari selebriti hingga orang biasa membangun bisnis serupa. Anda juga dapat membangun startup seperti bisnis kuliner tersebut. Carilah ide terbaru dalam bidang kuliner dan buatlah sesuatu yang unik. Sehingga dapat menjadi daya tarik konsumen terhadap sebuah produk.

Itulah beberapa jenis startup yang dapat dicontoh dalam membangun bisnis. Saat membangun usaha jangan lupa juga untuk memikirkan tujuan dari bisnis hingga produk. Setelah itu, pikirkan juga pemilihan merek hingga kemasan dan lokasi harus benar-benar berada pada list rencana. Ketika membangun sebuah bisnis, Anda akan di haruskan untuk konsisten dalam menjalaninya. Seberat apapun halangan ketika merintis bisnis, Anda jangan pernah menyerah walaupun sekecil niat yang ada di pikiran. Sebab, itu akan membuat Anda kehilangan kepercayaan diri dan semangat.