Apakah kamu terkagum-kagum dengan orang yang bisa mengingat segala hal, bahkan hingga detil terkecil, dengan mudah tanpa berusaha keras? Apakah kamu berharap kamu bisa seperti mereka juga? Bacalah hingga akhir artikel ini untuk mengetahui tujuh cara agar tidak mudah lupa.

1. Tidur lebih banyak

sleeping brain

Yang paling penting di antara semuanya adalah tidur. Jika hanya ada satu cara agar tidak mudah lupa, cara tersebut adalah dengan tidur lebih banyak. Kurang tidur tidak memiliki efek baik terhadap tubuh serta memorimu. Cukup tidur itu penting untuk memori dan pembelajaran. Tidurlah teratur setiap malam antara tujuh hingga sembilan jam. Tapi jika kamu tidak bisa, tidur ringan juga membantu. Yang penting total jam tidur setiap hari sebaiknya berkisar antara tujuh hingga sembilan jam.

mencetak murah jakarta


2. Latih otakmu

how to improve your memory brain games

Jagalah otakmu untuk tetap aktif untuk menunda hilangnya memori. Beberapa aktivitas seru untuk otakmu di antaranya adalah membaca buku, bermain catur, mengisi teka-teki silang dan sudoku, bermain gim solitaire dan belajar bahasa baru. Mereka semua adalah latihan-latihan bagus untuk otakmu.


3. Jangan lupakan olahraga

how to improve your memory physical exercise

Latihan fisik baik untuk tubuh dan otakmu. Buatlah tubuh dan otakmu menjadi sehat dengan melakukan beberapa latihan fisik, seperti menari, berlari, berjalan cepat dan berenang.


4. Dengarkan musik

listening to music

Bagaimana cara agar tidak mudah lupa? Dengan mendengarkan musik. Musik sangatlah ampuh dan membantu dalam mengingat kenangan menurut riset. Informasi yang kamu dapat saat mendengar lagu tertentu nantinya akan mudah untuk diingat, jika kamu melupakannya, dengan mendengarkan atau memikirkan lagu tertentu tersebut secara mental.

Artikel terkait: Mau Jadi Lebih Cerdas? Lakukan 6 Kebiasaan Ini Setiap Hari!


5. Bersenang-senang dengan teman dan tertawalah

make time for friends

Jika kamu selalu terlalu sibuk selama ini, maka inilah saatnya untuk sebuah perubahan. Kamu harus meluangkan waktu untuk pertemanan. Pergilah bersama teman-temanmu, lakukan beragam aktivitas menyenangkan bersama-sama. Tertawalah bersama mereka. Nikmati hidupmu lebih sering. Tertawa bukan hanya kunci kebahagiaan, namun juga merupakan salah satu cara agar tidak mudah lupa.


6. Catatlah yang kamu ingin ingat

write things down

Jika kamu takut akan melupakan hal-hal yang kamu ingin lakukan, tidak perlu merasa malu untuk mencatatnya. Orang mungkin menertawaimu, tapi kamu melakukannya untuk kebaikan dirimu sendiri. Mencatat bisa sangat membantu jika kamu ingin meningkatkan daya ingat.


7. Jangan stres

no stress

Masalah datang silih berganti dan tak bisa kita hindari. Tapi kamu bisa memilih untuk tidak stres akan segala hal sepanjang waktu. Saat stres, tekanan darahmu naik, kulitmu menderita dan kekebalan tubuh berkurang. Memorimu tidak akan meningkat jika stres terlalu banyak, belum lagi kamu akan menua lebih cepat jika kamu menjadikan stres sebagai kebiasaan sehari-hari.

Baca juga: Hentikan 9 Kebiasaan Ini Jika Kamu Tak Ingin Menua Lebih Cepat!