Belajar bahasa Korea tidak semudah yang dibayangkan. Ada banyak tantangan bagi siapa saja yang ingin berusaha. Sama halnya pada saat kamu ingin belajar bahasa Inggris. Pasti akan menemukan hal-hal sulit pada setiap grade testnya. Tidak semua belajar bahasa asing itu mudah. Terutama untuk bahasa yang sama sekali belum pernah dipelajari. Namun jangan khawatir, ada beberapa cara belajar bahasa Korea dengan mudah dan menyenangkan. Seperti berikut ini.

1. Pahami Huruf Hangeul

cara-belajar-bahasa-korea-huruf-hangeul

Di negara Korea memiliki tata bahasa tersendiri dan memiliki huruf yang menjadi dasar pengucapan. Huruf ini dinamakan huruf hangeul. Terdiri dari 10 huruf konsonan dan 14 huruf vokal. Keduanya akan menjadi satu kesatuan dalam tata bahasa Korea. Pada saat kamu sudah mulai memahami kedua huruf dasar ini, maka akan mudah untuk melanjutkan kosa kata berikutnya.

2. Rajin Mendengarkan Kalimat dalam Bahasa Korea

cara-belajar-bahasa-korea-sering-mendengarkan

Sebagai seseorang yang ingin belajar bahasa Korea, hal yang perlu dilakukan juga adalah rajin mendengarkan kalimat dalam bahasa Korea. Caranya adalah kamu sering menonton atau bahkan mendengarkan lagu-lagu Korea. Semua hal yang berkaitan dengan mendengarkan harus kamu lakukan jika ingin bisa bahasa Korea.

3. Cobalah Mengucapkan Kalimat Sapaan

cara-belajar-bahasa-korea-sering-menyapa

Jika kamu sering mendengar pada saat menyaksikan drama Korea pasti sudah tidak asing lagi kalimat “Annyeonghasseyo” yang memiliki arti “Hai” dalam bahasa indonesia. Kata sapaan seperti itu bisa menjadi pembelajaran pertama yang memudahkan proses belajar. Tidak hanya itu saja kamu juga dapat mencobanya dengan mengucapkan kata dasar lainya. Kalau perlu cobalah mencatatnya dan membuka kamus online.

4. Berlatih Menulis Huruf Hangeul

cara-belajar-bahasa-korea-berlatih-menulis

Ketika kamu ingin mahir dalam berbahasa asing, dapat juga menuliskannya secara rutin. Selain mendengarkan, kamu juga harus dapat menuliskan dalam bahasa tersebut. Cobalah berlatih menulis dengan menggunakan huruf hangeul. Memang untuk pertama kali akan terlihat sulit, namun jika sudah terbiasa akan lebih mudah menulisnya.

5. Membuat Catatan Lengkap dengan Terjemahan

cara-belajar-bahasa-korea-02

Segala sesuatu yang ditulis akan lebih mudah menyerap ke dalam pikiran. Sebab otak bekerja pada saat menulis dan menyebutkan kosa kata dalam pikiran. Untuk itu, sangat dianjurkan ketika kamu belajar bahasa asing, harus mencoba menuliskannya juga dan jangan lupa membuat catatan lengkap dengan terjemahannya. Dengan begitu, akan menjadi kamus pribadi yang dapat kamu bawa saat mengunjungi negara ginseng tersebut.

6. Belajar Online

cara-belajar-bahasa-korea-belajar-online

Semakin banyak aplikasi untuk belajar bahasa, kamu dapat memilih salah satu aplikasi yang menyediakan bahasa Korea. Jika kamu bingung dapat menggunakan aplikasi tersebut. Jenis aplikasi ini ada yang berbayar dan gratis. Kamu bisa memilih ingin menggunakan aplikasi apa sesuai kebutuhan.

Itulah cara belajar bahasa Korea, jangan lupa untuk mencatat segala hal yang berkaitan dengan teknik belajar. Untuk itu, gunakanlah buku agenda yang dapat menaikan mood secara tidak langsung. Misalnya membuat agenda yang dicetak dengan desain sendiri. Cetaklah secara online di Uprint.id. Tersedia ragam pilihan buku agenda yang dapat kamu jadikan agenda harian khusus. Agar lebih bersemangat cobalah menambahkan desain ala-ala Korea.