Kamu diminta oleh seorang klien untuk mendesain logo perusahaan. Namun, kamu tidak punya ide sama sekali. Kamu hanya menatap kosong sehelai kertas di hadapanmu. Tidak kosong lagi, karena kami membocorkan tujuh cara mendapatkan inspirasi desain logo:

1. Temukan inspirasi online

find logo design inspiration

Sebagai seorang desainer grafis, kamu pasti sudah tahu situs-situs seperti Logo Moose dan Logo Gala. Tapi kamu bisa mencari situs-situs desain grafis lainnya juga untuk inspirasi. Mencari online adalah salah satu cara mendapatkan inspirasi desain logo terbaik.

Kunjungi situs-situs yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya. Kamu bisa mempersempit pencarian dengan mencari perusahaan-perusahaan yang bidang bisnisnya mirip dengan klienmu, dan lihat logo mereka seperti apa. Kamu juga bisa mencari gambar-gambar acak, kamu mungkin mendapatkan inspirasi dari gambar-gambar tersebut, mungkin saja, bukan?


2. Mintalah nasihat dari teman desainer grafis

ask advice from friend

Terkadang dua kepala lebih baik daripada satu. Jika kamu kehabisan ide, meminta nasihat dari temanmu yang sesama desainer grafis merupakan salah satu cara mendapatkan inspirasi desain logo. Namun sebelum kamu bertanya ke temanmu itu, pastikan dulu bahwa mereka tidak ada hubungannya dengan proyek yang sedang kamu tangani.


3. Tuangkan semua pikiranmu

map all your thoughts

Menuangkan semua pikiran yang ada dalam kepalamu lebih baik daripada menyimpan semuanya di dalam sana. Menuangkan semua pikiran di papan tulis atau buku dapat membantu meluruskan pikiran. Kamu akan melihat mereka secara lebih jelas untuk mengetahui bagaimana mereka jika digabungkan bersama.

Baca juga: Bagaimana Mendesain Logo yang Tidak Payah


4. Apa sejarah dan visi masa depan klienmu?

think about future and history

Jika klienmu adalah perusahaan yang telah mengganti logo beberapa kali, kamu bisa lihat logo-logonya sebelumnya sehingga kamu memperoleh ide yang lebih jelas mengenai bentuk desainnya lebih baik seperti apa.

Juga merupakan ide bagus untuk bertanya kepada klien tentang visi mereka, rencana-rencana perusahaan untuk masa yang akan datang. Rencana-rencana mereka untuk masa depan mungkin saja berbeda total. Seiring perubahan arah bisnis, logo biasanya ikut berubah menyesuaikan juga.


5. Lihatlah proyek-proyekmu sebelumnya (arsipmu sendiri)

go through own archives

Melihat proyek-proyekmu sebelumnya atau arsipmu sendiri dapat membantumu menemukan inspirasi desain logo. Adalah hal umum bagi para desainer grafis untuk memiliki banyak sketsa sebelum mereka memutuskan yang mana yang paling baik. Ide-idemu yang terdahulu sebaiknya selalu kamu arsipkan, mereka mungkin terbukti berguna untuk proyekmu selanjutnya.


6. Selalu berjaga-jaga

sketchbook Uprint.id

Produk Uprint.id

Ingatlah bahwa ide bisa datang di mana pun dan kapan pun. Saat ide datang merasuki pikiranmu, catatlah segera sebelum kamu lupa. Bawalah buku catatan atau buku sketsa selalu.


7. Lakukan yang kamu suka

do things you like to find logo design inspiration

Jika kamu telah mencoba semua cara di atas dan tak ada yang berhasil, maka berhenti dulu sebentar. Memaksakannya tidak akan bekerja. Kamu sebaiknya istirahat sejenak. Lakukan sesuatu yang kamu suka, dan inspirasi mungkin datang setelahnya.

Artikel lain: 5 Rahasia Desainer Grafis yang Tak Akan Pernah Mereka Beritahu Siapapun