Wajah kusam merupakan satu hal yang membuat tampilan menjadi tidak sempurna. Ternyata itu merupakan satu efek yang diakibatkan oleh komedo berlebih pada bagian wajah. Untuk itu agar tampilan Anda semakin cerah setiap harinya, cobalah lakukan cara menghilangkan komedo secara alami ini.

1. Menggunakan Jeruk Nipis

cara menghilangkan komedo 1

Ternyata jeruk nipis selain dapat mengurangi ketombe pada kulit kepala, dapat juga mengatasi komedo di wajah. Ini merupakan cara menghilangkan komedo secara alami, Anda cukup menyiapkan 2 buah jeruk nipis, kemudian belah menjadi dua bagian dan peras airnya. Setelah itu, air perasan tadi gunakanlah sebagai masker di seluruh wajah atau hanya dibagian yang memiliki komedo. Kemudian, lakukanlah pijatan lembut disekitar area yang dioles dengan air jeruk nipis tersebut. Jika sudah dilakukan semua, diamkan sekitar 15 sampai 20 menit dan bilas dengan air hangat. Maka komedo akan luruh bersama dengan air bilasan. Selain dapat menghilangkan komedo, kandungan vitamin c pada jeruk nipis akan menutrisi atau memberikan vitamin untuk kulit wajah bagian luar dan dalam.

Baca juga : 5 Cara Menghilangkan Bau Sepatu Olahraga dengan Bahan-bahan Alami

2. Menggunakan Tomat

cara menghilangkan komedo 2

Selama ini tomat hanya dijadikan untuk pelengkap pada masakan, atau hanya sekdar di jus untuk dijadikan minuman. Padahal tomat memiliki fungsi lain yaitu, sebagai masker pada wajah. Cara menghilangkan komedo dengan tomat ini memang sudah lama terjadi, dan masih selalu digunakan. Caranya sangat mudah, Anda hanya menghancurkan atau di blender hingga halus kemudian campurkan minyak zaitun agar masker tomat mudah digunakan. Setelah itu bilas menggunakan air hangat, agar hasil lebih maksimal gunakanlah masker tomat dua kali dalam seminggu. Selain dapat menghilangkan komedo, masker tomat ini dapat menutup pori-pori yang menjadi jalur pertumbuhan komedo dan menghaluskan wajah.

Baca juga : Cara Mengecilkan Perut Dengan Mudah dan Cepat

3. Menggunakan Gel Lidah Buaya

cara menghilangkan komedo 3

Jika Anda memiliki tanaman lidah buaya, tidak ada salahnya untuk mencoba cara menghilangan komedo yang satu ini. Gunakanlah gel pada tanaman lidah buaya tersebut, agar mengangkat dan menghilangkan komedo. Caranya sangat mudah, Anda cukup mengupas lidah buaya tersebut dan mengambil dagingnya. Setelah itu oleskan pada bagian wajah yang memiliki komedo. Lakukanlah sambil memijat bagian tersebut. Setelah itu diamkan selama 15-20 menit lalu bilas dengan air bersih.

4. Menggunakan Putih Telur

cara menghilangkan komedo 4

Cobalah untuk menggunakan putih telur untuk menghilangkan komedo. Selain itu putih telur juga dapat dijadikan masker untuk mencerahkan wajah secara menyeluruh. Cara membersihkan komedo secara alami ini sangat ampuh dan masih banyak digunakan oleh semua orang. Caranya sangat mudah, Anda hanya memisahkan anatara putih dan kuning telur. Kemudian gunakanlah putih telur itu sebagai masker, diamkan selama 15-20 menit setelah itu bilas dengan air hangat atau air biasa. Lakukanlah secara rutin untuk hasil yang lebih baik. Anda juga dapat menggunakan telur jenis apa saja, tapi sangat bagus jika menggunakan telur ayam kampung. Kandungan yang terdapat dalam telur ayam kampung lebih banyak ketimbang telur ayam biasa.

Baca juga : Bau Mulut Saat Puasa? Jangan Sampai. Ini 7 Cara Mencegahnya!

5. Menggunakan Madu

cara menghilangkan komedo 5

Anda dapat menggunakan madu alami, untuk dijadikan sebagai masker saat ingin menghilangkan komedo. Ini merupakan cara menghilangkan komedo secara alami dan berkhasiat untuk menghilangkan komedo dan menghilangkan noda hitam pada bagian wajah. Selain itu, dapat juga melembutkan kulit wajah dan menutri hingga ke dalam lapisan kulit. Caranya sangat mudah, jika Anda memiliki madu alami ambilah sekitar 2 sendok makan. Setelah itu oleskan pada seluruh wajah atau bagian tertentu yang memiliki komedo membandel. Diamkan sekitar 15 hingga 25 menit, setelah itu bilas menggunakan air hangat. Lakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Itulah cara menghilangkan komedo secara alami dan mudah mendapatkan beberapa bahan yang dibutuhkan. Setelah selesai melakukan beberapa treatment tersebut, cobalah untuk tidak malas membersihkan wajah setelah beraktivitas. Sebab komedo bisa suatu saat kapanpun akan muncul kembali.