Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Setiap orang di Bumi ingin merasa dihargai, ini adalah hal yang wajar. Namun seringkali kita tak menunjukkan kepada orang lain betapa mereka berarti bagi kita dan bahwa kita menghargai apa yang telah mereka lakukan bagi kita. Kita lupa bahwa apresiasi dapat membuat orang merasa senang, bahwa apresiasi itu penting. Bagaimana cara menunjukkan apresiasi? Ini enam cara sederhana yang dapat kamu lakukan:

1. Tulis sebuah catatan pribadi

handwritten-note-300x1991

“Seseorang yang merasa dihargai akan selalu melakukan lebih dari yang diharapkan.”

Menulis sebuah catatan yang bersifat pribadi adalah salah satu cara menunjukkan apresiasi yang sangat baik. Mengapa? Hanya karena sifatnya pribadi. Kamu menulisnya sendiri (jangan diketik) dan kamu mengungkapkan perasaanmu dengan tulus.

Sebuah catatan pribadi tentunya akan mencerahkan hari orang tersebut dan juga membuatmu senang. Pikirkan seseorang yang sangat kamu hargai dan tinggalkan mereka sebuah catatan pribadi. Bahkan Anda dapat memberikan juga sebuah buku catatan kecil dengan beragam motif yang dapat memberikan semangat pembaca.

Baca juga : Bikin Notebook dengan Desain Sendiri untuk Memberikan Apresiasi yang Unik, Tersedia Price List


2. Sadar saat mereka tidak ada

what-to-do-when-you-are-missing-someone

“Hargai orang-orang yang berarti untukmu, dan buatlah mereka sadar betapa berartinya mereka untukmu.”

Ini tentang seorang teman atau rekan kerja, mereka mungkin sakit, sedang berlibur atau mengambil cuti. Jika yang absen adalah seorang teman, kamu bisa menelepon mereka atau mengirimkan pesan kepada mereka berbunyi sesuatu seperti ini: tidaklah sama tanpa mereka dan kamu sangat merindukan mereka.

Jika seorang rekan kerja tak datang ke tempat kerja, sadari bahwa mereka tidak ada. Beritahu mereka bahwa mereka dirindukan dan kontribusi mereka penting. Orang merasa senang saat tahu bahwa orang lain menghargai usahanya.


3. Tunjukkan tanda-tanda kasih sayang

friendships

“Jika kamu tak menunjukkan apresiasi kepada mereka yang layak mendapatkannya, mereka akan mulai belajar untuk berhenti melakukan hal-hal yang kamu apresiasi.”

Tanda-tanda kasih sayang mungkin terlihat remeh, tetapi mereka mengatakan banyak tentang perasaan seseorang. Orang dapat mengetahui kalau mereka dicintai dan dihargai saat kamu menunjukkan tanda-tanda kasih sayang kepada mereka karena terkadang tanda-tanda tersebut mengatakan lebih banyak daripada kata-kata.

Tanda-tanda kasih sayang misalnya saja adalah sebuah tepukan lembut di punggung, sebuah remasan di bahu dan sebuah pelukan. Jadi, ungkapkan rasa sayang dan apresiasi kamu terhadap orang lain melalui tanda-tanda kasih sayang!


4. Bawakan hadiah kecil

gift_giving-resized-600

“Jangan lupa, kebutuhan emosi terbesar seseorang adalah untuk merasa dihargai.”

Cara menunjukkan apresiasi yang lain adalah dengan membawakan sebuah hadiah. Tak perlu yang mewah, sebuah hadiah kecil sudah cukup untuk membuat orang tersenyum. Tidak akan merugikan jika kamu membuat hari orang cerah. Atau sebagai alternatif, kamu bisa membuatkan sesuatu untuk mereka, misalnya memasak makanan kesukaan mereka.

Baca juga : 5 Ide Hadiah yang Cocok Anda Berikan untuk Para Tech Savvy


5. Ungkapkan dengan kata-kata

20ysvq8h88mqhfyb76mco1r2gry7qy_05

“Apresiasi dapat mencerahkan hari seseorang, bahkan mengubah kehidupan. Kesediaan kamu untuk mengungkapkannya melalui kata-kata adalah apa yang penting.”

Jika kamu sungguh ingin memastikan bahwa orang yang kamu hargai menyadari betapa kamu menghargai mereka, katakan saja kepada mereka. Ungkapkan dengan langsung saat kamu sangat ingin memberitahu orang tersebut sesuatu yang menyenangkan dan mengakui hasil kerja keras mereka.

Selain itu, jika kamu memerlukan sesuatu dari seseorang, katakan langsung kepada orangnya. Jangan menyampaikan permintaan atau pesanmu melalui orang lain. Dengan mengatakannya secara langsung, kamu menunjukkan apresiasi kepada orang tersebut.


6. Habiskan waktu bersama mereka

108700621

“Jika kamu tak mulai menghargai apa yang ada di hadapanmu, kamu mungkin akan kehilangannya.”

Habiskan waktu bersama orang-orang yang kamu hargai dan sayangi, terutama pada saat-saat sulit. Akan sangat berarti bagi mereka jika kamu melakukannya. Orang menghargainya.