Ketika seseorang kekurangan waktu tidur, sudah dapat dipastikan akan mengalami rasa kantuk yang luar biasa. Biasanya, orang yang merasakan kantuk cenderung lebih memilih kopi untuk menghilangkan atau cara meredakan kantuk. Tapi, tahukah Anda tidak semua rasa kantuk dapat diatasi dengan hanya meminum kopi. Melainkan Anda harus makan makanan yang memiliki nilai asupan gizi baik. Seperti berikut ini 5 makanan yang harus disantap ketika kurang tidur.

1. Oatmeal

cara meredakan kantuk 01 - oatmeal

Cobalah untuk mengkonsumsi oatmeal ketika Anda merasa kantuk yang luar biasa. Bisa jadi dalam tubuh Anda kekurangan beberapa jenis asupan nutrisi yang terdapat dalam biji-bijian. Ketika Anda mengkonsumsi oatmeal, kandungan protein yang dihasilkan dari biji-bijian seperti gandum akan lebih lama bertahan di pencernaan. Sebab kandungan karbohidrat yang kompleks akan menambahkan tenaga selama Anda beraktivitas. Berbeda dengan nasi, yang cenderung lebih cepat menimbulkan rasa lapar. Kelebihannya lagi oatmeal tidak akan menambahkan gula dalam tubuh sehingga tidak akan membuat Anda merasa lemas dan kantuk. Dengan begitu, oatmeal menjadi cara meredakan kantuk yang sehat dan tepat.

Baca juga : Mengganti Asupan Karbohidrat dengan Menu yang Satu ini

2. Buah-buahan

cara meredakan kantuk 02 - buah-buahan

Cara meredakan kantuk yang satu ini sangat mudah dilakukan, Anda cukup mengkonsumsi buah-buahan untuk memenuhi kebutuhan karbo dan gula dalam tubuh. Terutama jika Anda mengkonsumsi buah mangga. Anda dapat mengkonsumsi buah mangga ketika rasa kantuk mulai dominan. Ditambah dengan rasa manis alami sehingga jauh lebih menyehatkan daripada Anda mengkonsumsi es krim atau makanan manis lainnya.

3. Kacang-kacangan

cara meredakan kantuk 03 - kacang

Anda juga dapat mengkonsumsi kacang-kacangan ketika merasa kantuk. Cara meredakan kantuk dengan mengkonsumsi kacang mede ini merupakan alternatif yang dapat dilakukan. Sebab kandungan lemak tidak jenuh dalam kacang mede akan menekan hormon pemicu stress dan menstabilkan mood Anda. Selain itu mengkonsumsi kacang mede akan membuat Anda lebih kenyang tanpa memicu kenaikan gula darah.

4. Makanan Olahan Telur

cara meredakan kantuk 04 - olahan telur

Anda juga dapat mengkonsumsi telur sebagai cara meredakan kantuk. Mengapa telur? Sebab, saat tubuh lelah dan sel-sel otot juga ikut lelah yang dibutuhkan adalah protein yang cukup. Maka sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi telur. Sebab mengandung asam lemak seperti EPA dan DHA akan diolah menjadi senyawa yang dibutuhkan. Selain itu, Anda juga dapat mengkombinasikan telur dengan beragam sayuran lainnya, sehingga gejala kekurangan zat besi atau anemia akibat kelelahan dapat dihindari.

Baca juga : Makanan dan Minuman yang Menjadi Primadona Setiap Tahun

5. Makanan Olahan Ikan

cara meredakan kantuk 05

Anda dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan utama ikan. Anda dapat memilih ikan jenis salmon, tuna, dan sarden, sebab memiliki kandungan lemak tidak jenuh hingga memiliki kandungan protein cukup tinggi yang akan membantu Anda menunda lapar. Dengan begitu, Anda akan merasa lebih bertenaga dari sebelumnya. Lemak tidak jenuh ini juga sangat membantu kinerja otak untuk terus berkonsentrasi dengan mudah.

Itulah beberapa makanan yang dapat Anda konsumsi, selain kopi. Ini merupakan cara meredakan kantuk secara alami dan lebih sehat. Sebab, terkadang rasa kantuk yang terjadi juga karena tubuh kekurangan gula sehingga menyebabkan lapar. Selain itu, dapat juga kekurangan oksigen, untuk itu jangan lupa selalu minum air putih agar cairan dalam tubuh tidak berkurang.