Tidak ada hal yang lebih menyenangkan daripada ketika Anda melihat orang lain menggunakan merchandise milik brand Anda. Meski mungkin belum pernah menggunakan produk Anda, hal tersebut menandakan bahwa seseorang merasa bangga diasosiasikan dengan brand Anda. Tidak perlu mengeluarkan banyak biaya jika Anda ingin melakukan strategi promosi seperti itu. Stiker pun bisa menjadi sarana yang cukup efektif selama Anda menerapkan beberapa tips berikut ini.

1. Tentukan Dulu Target Audiens Anda 

cetak-stiker

Bayangkan Anda hendak menembak sesuatu. Bagaimana Anda bisa melakukannya secara tepat sasaran apabila tidak memiliki target yang jelas? Begitu pula dengan promosi. Karenanya, Anda harus terlebih dulu menentukan target audiens dari bisnis Anda. Cari tahu seperti apa target audiens Anda, impresi seperti apa yang ingin Anda buat, dari demografi mana target audiens Anda berasal, bagaimana gaya hidupnya, dan lain sebagainya. Dengan begitu, Anda bisa menyesuaikan pesan yang tepat melalui promosi stiker. Promosi yang tepat sasaran akan menciptakan kesan personal yang akan menyentuh hati target audiens.

2. Pilih Pendekatan yang Kreatif 

cetak-stiker

Dalam membuat stiker untuk kebutuhan promosi, jangan lupa untuk selalu berpikir kreatif. Manfaatkan kesempatan ini untuk menjadi brand yang stand out di kalangan kompetitor Anda. Sebagai contoh, katakanlah Anda seorang pemilik bisnis kedai kopi. Hampir seluruh pelanggan yang datang selalu mendatangi Anda atau pegawai lain untuk menanyakan password Wi-Fi. Nah, untuk meningkatkan kepuasan dan kenyamanan pelanggan, Anda bisa membuat stiker bertuliskan password Wi-Fi dari kedai kopi milik Anda. Tidak hanya memudahkan akses internet, stiker tersebut juga bisa berperan untuk meluaskan branding kedai kopi Anda.

3. Manfaatkan Stiker Custom 

cetak-stiker

Salah satu keunggulan stiker sebagai media promosi brand adalah kemampuannya yang bisa diadaptasi sedemikian rupa untuk memenuhi kebutuhan Anda. Kabar baiknya lagi, menemukan percetakan pun kini sudah tidak susah, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta dan Surabaya. Belum lagi adanya percetakan online yang memungkinkan Anda untuk mencetak stiker tanpa harus berpindah tempat. Umumnya, tempat-tempat percetakan ini memberikan promo atau diskon yang menarik apabila Anda mencetak dalam jumlah besar. Jadi, semakin banyak jumlah stiker yang Anda cetak, maka semakin sedikit pula harga cetak per stikernya.

4. Perhatikan Lokasi Pendistribusian Stiker 

cetak-stiker

Desain saja tidak cukup untuk mengoptimalkan peran stiker sebagai media promosi. Anda juga perlu memperhatikan cara dan lokasi pendistribusiannya. Sebetulnya, Anda bisa saja menyebarkan stiker seperti ketika Anda melakukannya dengan brosur dan pamflet. Ingatlah bahwa Anda bisa menempelkan stiker di mana pun selama sudah mengantongi izin yang diperlukan. Misalnya, Anda memiliki bisnis penjualan soda dalam kemasan botol. Anda bisa menggunakan stiker sebagai label brand Anda untuk ditempel pada kemasan tersebut. Selain harganya relatif lebih terjangkau, Anda pun memiliki kontrol penuh untuk mendesainnya sesuai keinginan.

Apakah sekarang Anda masih ragu untuk menggunakan stiker sebagai alat promosi brand? Meski mungkin terkesan ketinggalan zaman apabila dibandingkan dengan digital, hingga kini stiker masih cukup efektif sebagai alat branding. Anda hanya perlu menerapkan keempat tips di atas.

uprint percetakan online indonesia