Kemasan produk yang menarik konsumen mempunyai ciri khas tersendiri. Ciri khas ini akan menjadi awal pemasaran. Ada banyak ciri-ciri kemasan produk untuk menarik konsumen. Tidak selalu berkaitan dengan desain kemasan. Seperti ciri-ciri kemasan produk yang menarik konsumen berikut.

1. Menjamin Keamanan Produk

kemasan-porduk-menarik-09
andersnord.com

Kemasan produk yang dapat menjaga keamanan produk akan menarik konsumen. Tidak mengandung bahan berbahaya, terjamin kebersihannya, dan tidak merusak produk merupakan ciri yang utama.

Baca juga : Tips Memilih Kemasan yang Tepat dan Sesuai dengan Produk Bisnis

2. Memiliki Nilai Efektivitas

kemasan-porduk-menarik-06
creativemarket.com

Kemasan yang memiliki nilai efektivitas harus menyesuaikan dengan kebutuhan dan sifat dari produk. Ketika kemasan produk memiliki nilai efektivitas akan mendatangkan keuntungan. Inilah yang akan menarik konsumen dan berpengaruh dengan penjualan.

3. Memudahkan Pengiriman

kemasan-porduk-menarik-03
theultralinx.com

Kemasan yang mudah untuk pengiriman, pasti menarik konsumen. Poin ini berlaku juga untuk yang berbisnis online. Kemasan aman, konsumen akan lebih percaya dengan produk yang dijual.

Baca juga : Tips Mendesain Kemasan dan Label Produk yang Perlu Diketahui

4. Menyertakan Informasi Penting

kemasan-porduk-menarik-07
carolynbrandtdesign.com

Membuat kemasan yang menarik untuk konsumen dengan menyertakan informasi. Jika produk berupa makanan, sertakan komposisi dan tanggal kadaluarsa dari produk makanan tersebut. Berbeda dengan produk seperti elektronik, yang dicantumkan adalah isi di dalam kemasan.

5. Memperhatikan Faktor Keindahan

kemasan-porduk-menarik-02
packagingoftheworld.com

Kemasan produk yang menarik memiliki ciri keindahan pada kemasan. Pilihlah gambar menarik dan warna yang cerah. Gunakan permainan warna, huruf, juga logo. Sehingga menciptakan kemasan yang menarik konsumen.

Baca juga : Desain Kemasan Unik, Bikin Penasaran Konsumen Nih!

6. Desain Ergonomis

kemasan-porduk-menarik-01
dribbble.com

Kemasan produk yang menarik memiliki desain ergonomis. Memudahkan konsumen untuk membawa, membuka, mengambil, dan lain sebagainya merupakan ciri kemasan desain ergonomis.

7. Mudah Dikenali

kemasan-porduk-menarik-05
cucocreative.co.uk

Ciri terakhir adalah kemasan yang mudah dikenali. Buat kemasan yang berbeda dan menarik, atau dapat memodifikasi dari desain yang sudah ada. Selain itu, buat desain yang mudah diingat oleh konsumen.

Semoga ciri-ciri tersebut dapat membantu dalam membuat kemasan. Sehingga dapat membuat kemasan yang sesuai keinginan. Setelah itu dapat mencetaknya di Uprint.id. Tersedia berbagai macam bentuk dan ukuran yang dapat digunakan dan disesuaikan. [Sprint]