Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Kata pengantar makalah – Makalah merupakan salah satu jenis karangan yang mempunyai sifat, ciri ilmiah objektif, berdasarkan fakta, sistematis, tidak memihak, dan logis. Makalah itu ditulis untuk disajikan di dalam forum ilmiah atau tugas yang terstruktur. Banyak fungsi serta manfaat seseorang membuat makalah misalnya, belajar memahami sebuah masalah dan mencari jalan keluar, menerapkan pengetahuan yang telah dipelajari, membuka pikiran agar paham dengan ragam masalah.

Makalah juga memiliki ragam jenis, seperti berikut ini ada beberapa jenis makalh yang perlu diketahui sebelum membuatnya.

  • Makalah Campuran merupakan jenis makalah yang ditulis berdasarkan kajian teoritis, kemudian digabung data empiris yang relevan dengan masalah yang sedang dibahas.
  • Makalah Induktif adalah jenis makalah yang disusun berdasarkan data empiris, dan didapat dari lapangan secara relevan dengan masalah yang sedang dibahas.
  • Makalah Deduktif yaitu makalah yang ditulis berdasarkan kajian teoritis (pustaka juga harus relevan dengan masalah yang sedang dibahas)

Sebelum membuat makalah atau kata pengantar, ada baiknya Anda mengetahui struktur penulisan makalah atau penyusunannya. Seperti berikut ini struktur penyusunan atau penulisan makalah yang sebenarnya.

1. Cover atau Bagian Sampul Makalah

contoh-kata-pengantar-makalah-01

Pada cover sebuah makalah terdiri dari judul, logo kampus atau universitas, data lengkap penulis, jurusan, fakultas, kota, dan tahun kapan makalah diterbitkan.

2. Kata Pengantar

Dalam kata pengantar makalah ini yang harus dituliskan adalah ucapan serta puji syukur kepada Tuhan, setelah itu Anda dapat menuliskan mengenai ucapan terima kasih, hingga permohonan kritik dan saran dari pembaca lainnya.

3. Daftar Isi

Dalam daftar isi ini, Anda harus menuliskan poin-poin pada setiap halaman. Mulai dari pembahasan awal hingga akhir dalam sebuah makalah.

4. Bab 1 Pendahuluan

Dalam Bab 1 ini Anda harus menuliskan beberapa hal sebagai awal pembukaan makalah. Seperti, latar belakang masalah, rumusan masalah, hingga maksud dan tujuan. Ketiga hal ini harus diletakan pada Bab 1.

5. Bab 2 Isi atau Pembahasan

Dalam bab ini, Anda harus menuliskan permasalahan yang akan dibahas lebih lanjut. Selain itu, pada bab ini Anda harus memaparkan fakta-fakta untuk memperkuat tulisan, serta kajian referensi dari berbagai penulis untuk mendukung gagasan yang diangkat.

6. Bab 3 Penutup

Berisi kesimpulan dari pembahasan yang dibahas pada BAB II. Ada juga yang menambahkan saran. Buatlah penutup yang menarik dan memiliki nilai lebih bagi pembaca. Dengan begitu, makalah Anda akan semakin kuat dan bermanfaat.

7. Daftar Pustaka

contoh-kata-pengantar-makalah-02

Daftar pustaka merupakan, suatu tulisan yang berada di akhir sebuah karya tulis ilmiah yang biasa dijadikan sebagai sumber atau referensi oleh seorang penulis. Termasuk para mahasiswa dalam menyusun sebuah karya tulis ilmiah baru. Sebelum Anda menulis daftar pustaka, ada baiknya mengetahui susunan yang benar. Seperti berikut ini adalah susunan menulis daftar pustaka yang benar. Contoh : Nama pengarang: Tulus Winarsunu

Winarsunu, T. 2015. Statistik Dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang: UMM Press

  • Nama penulis

Dalam penulisan nama penulis wajib ditulis secara terbalik. Mulai dari nama belakang kemudian penulisan namanya harus dipisah dengan menggunakan tanda koma, “,”. Namun apabila nama penulis berjumlah lebih dari dua kata maka urutannya dimulai dari nama terakhir lalu dilanjutkan dengan nama depan dan nama keduanya. Jangan lupa untuk memisahkan nama terakhir dan nama awal dengan tanda koma.

  • Tahun Terbit

Tahun terbit harus ditulis dengan angka dan tidak berupa kalimat.

  • Judul Buku

Penulisan judul buku disesuaikan dengan judul buku aslinya, serta pada setiap katanya ditulis menggunakan font kapital kecuali pada kata penghubung. Untuk penulisan judul buku jangan lupa untuk menggunakan font italic, jangan lupa untuk menyertakan kota penerbit.

  • Penerbit

Jangan lupa untuk menyertakan tanda titik dua, “:”, antara penulisan kota penerbit dengan penerbit buku yang dijadikan referensi.

8. Lampiran

Lampiran tidak harus ada. Tapi Anda dapat melampirkan data-data pendukung seperti foto-foto kegiatan, dan sebagainya.

Nah, ketika Anda sudah memahami cara penyusunan atau penulisan makalah ini, saatnya untuk mulai membuatnya. Berikut ini contoh kata pengantar makalah yang sering digunakan para peneliti. Terutama mereka para mahasiswa.


Contoh Kata Pengantar Makalah #1

contoh-kata-pengantar-makalah-03

Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Kami panjatkan puji syukur kehadirat-Nya yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, serta inayah-NyA kepada kami sehingga kami bisa menyelesaikan makalah ilmiah tentang limbah dan manfaatnya untuk masyarakat.

Makalah ini sudah kami susun dengan maksimal dan mendapat bantuan dari berbagai pihak sehingga bisa memperlancar pembuatan makalah ini. Untuk itu kami menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembuatan makalah ini.

Terlepas dari segala hal tersebut, Kami sadar sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karenanya kami dengan lapang dada menerima segala saran dan kritik dari pembaca agar kami dapat memperbaiki makalah ilmiah ini.

Akhir kata kami berharap semoga makalah ilmiah tentang limbah dan manfaatnya ini bisa memberikan manfaat maupun inspirasi untuk pembaca.

Jakarta,  07 Januari 2018

Penyusun


Contoh Kata Pengantar Makalah #2

contoh-kata-pengantar-makalah-04

Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas selesainya makalah yang berjudul “Contoh Kata Pengantar Makalah”. Atas dukungan moral dan materil yang diberikan dalam penyusunan makalah ini, maka penulis mengucapkan terima kasih kepada :

  1. Bapak Manarul, M.Pd, selaku kepala sekolah Yuksinau, yang memberikan bimbingan, saran, ide dan kesempatan untuk menggunakan fasilitas Laboratorium Bahasa.
  2. Bapak Demas, M.Pd, selaku guru Pembimbing kami, yang memberikan dorongan, masukan kepada penulis.
  3. Ibu Siti, M.Pd, selaku wali kelas kami, yang banyak memberikan materi pendukung, bimbingan, dan masukan, kepada penulis.

Penulis menyadari bahwa makalah ini jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, saran dan kritik yang membangun dari pembaca sangat kami butuhkan untuk penyempurnaan makalah ini.

Jakarta, 20 Maret 2018

Bara Mukti


Contoh Kata Pengantar Makalah #3

contoh-kata-pengantar-makalah-05

Puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala rahmatNya sehingga makalah ini dapat tersusun hingga selesai. Tidak lupa kami mengucapkan terimakasih terhadap bantuan dari pihak yang telah berkontribusi dengan memberikan sumbangan baik pikiran maupun materinya.

Kami berharap semoga makalah ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman untuk para pembaca. Bahkan kami berharap lebih jauh lagi agar makalah ini bisa pembaca praktekkan dalam kehidupan sehari-hari.

Kami yakin masih banyak kekurangan dalam penyusunan makalah ini karena keterbatasan pengetahuan dan pengalaman Kami. Untuk itu kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan makalah ini.

Jakarta, 02 Februari 2018

Penyusun

Itulah beberapa contoh kata pengantar makalah serta cara penyusuanan yang baik dan benar. Pastikan sebelum membuat kata pengantar, Anda harus memperhatikan kaidah penulisan yang benar dan sesuai.