Marketing cetak dan digital merupakan dua hal berbeda. Namun, apabila Anda bisa mengkolaborasikan  keduanya, Anda akan mendapatkan manfaat yang sangat besar. Anda hanya perlu mengetahui dan belajar bagaimana untuk menjadikan keduanya bisa saling melengkapi. Dengan begitu, Anda bisa membawa proses marketing Anda pada level yang berbeda. Ingin tahu bagaimana caranya? Berikut lima contoh cara mengkolaborasikan marketing cetak dan digital yang harus Anda ketahui!

1. Postcards

cetak_dan_digital

Postcards merupakan item promosi yang sangat bermanfaat bagi perkembangan bisnis Anda. Melalui postcards, Anda dapat memberikan klien informasi seputar undangan hingga pengumuman yang ingin Anda sampaikan. Salah satu strategi marketing terintegrasi yang bisa Anda manfaatkan dan memberikan dampak besar adalah mempromosikan website Anda via direct-mail postcards.

Anda bisa mendorong terbentuknya respon terhadap direct-mail postcards tersebut dengan memberikan kode diskon terbatas. Jika digunakan, akan lebih mudah bagi Anda untuk melacak tingkat respon yang diberikan dan return yang dihasilkan.

2. Flyer

cetak_dan_digital

Flyer yang didesain dengan baik dapat menarik dan mencuri perhatian banyak orang. Anda dapat mencetak flyer dengan URL special atau kode QR untuk melacak konversi website Anda. Setiap langkah marketing yang Anda lakukan haruslah memberikan dampak call-to-action yang kuat sehingga dapat mendorong para pelanggan potensial untuk mengunjungi website atau channel media sosial yang Anda punya dan pamflet adalah salah satu caranya.

3. Kartu bisnis

cetak_dan_digital

Kartu bisnis yang berkualitas tinggi dapat memberikan orang lain gambaran mengenai bisnis yang Anda jalankan. Tidak hanya memberikan kesan yang baik, namun juga membuat Anda tidak perlu sibuk membuat kartu bisnis yang baru. Terlebih, banyak yang mengatakan “people don’t do business with companies, they do business with people”.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk setidaknya mencantumkan satu media sosial yang Anda punya, baik itu LinkedIn, Facebook, Twitter, Pinterest, atau Google Plus. Dengan begitu, Anda bisa membuka kesempatan untuk mengundang para pelanggan potensial dan terhubung dengan Anda secara online.

Baca Juga : Ini Tugas Marketer yang Wajib Pengusaha Tahu !

4. Stiker

cetak_dan_digital

Dengan kondisi pasar yang sangat luas seperti sekarang, sangat penting bagi Anda untuk mampu memikirkan cara demi mencuri perhatian. Menggunakan stiker masih bisa Anda andalkan. Melalui stiker, Anda dapat menyebarluaskan informasi mengenai website Anda kepada para calon pelanggan dan mendorong mereka untuk tahu lebih banyak mengenai perusahaan Anda.

Penempatan stiker yang tepat sangatlah penting dalam menjangkau target audience Anda. Letakkanlah stiker tersebut pada area umum yang dapat memberi dampak lebih luas.

5. Testimonial

cetak_dan_digital

Tanggapan atau testimoni pelanggan adalah alat marketing paling ampuh dari media sosial yang bisa Anda gunakan. Mulailah mengambil mamfaat maksimal dari review pelanggan online di Facebook, Twitter, atau forum komunitas. Sebagai seorang yang begerak di bidang marketing, Anda tentunya bertarung untuk menumbuhkan dan menjaga kepercayaan pelanggan.

Karena itu, Anda bisa memulainya dari sini. Memberikan informasi mengenai review positif terhadap produk atau jasa yang Anda tawarkan dalam printed-campaign akan membangun kepercayaan pelanggan seperti yang Anda inginkan.

Temukanlah harmoni dalam menggabungkan strategi marketing cetak dan digital untuk memberi dampak lebih besar bagi perkembangan bisnis Anda. Semoga Anda bisa sukses menerapkan beberapa contoh di atas!