Dalam dunia bisnis harus memiliki kegiatan pemasaran, untuk memasarkan produk atau jasa yang Anda kelola. Untuk urusan yang satu ini, para pebisnis menggunakan orang-orang yang ahli dalam bidang pemasaran. Jika bisnis ingin sukses, Anda harus mengetahui tugas marketing dalam dunia bisnis sebelum merekrut seseorang untuk dijadikan marketing. Inilah beberapa tugas marketing yang wajib diketahui oleh pebisnis.

1.  Bertugas untuk Memenuhi Kebutuhan dan Keinginan Konsumen

tugas_marketing_01

Dalam hal ini, marketing tidak selalu menawarkan barang dan jasa saja melainkan lebih kepada pelayanan konsumen. Seperti halnya jembatan, marketing adalah jembatan antara perusahan dengan konsumen.

2. Merencanakan Produk

tugas_marketing_02

Sebagai pebisnis yang merangkap marketing, merencanakan produk merupakan hal yang wajib dimiliki. Anda harus mengetahui produk apa saja yang ingin dipasarkan kepada konsumen. Namun, ada baiknya sebagai marketing dapat mengamati keadaan pasar dengan mengetahui apa yang konsumen inginkan.

3. Menetapkan Harga

tugas_marketing_03

Tugas marketing tidak hanya memasarkan produk saja melainkan juga dapat menetapkan harga untuk dipasarkan. Untuk itu, cobalah menentukan harga sesuai atau setara dengan harga dipasaran agar konsumen memiliki perbandingan harga.

4. Merencanakan Promosi

tugas_marketing_04

Tugas yang satu ini harus selalu direncanakan oleh para marketer, agar kegiatan promosi dapat berjalan dengan lancar. Selain itu, marketing harus mengetahui jenis promosi apa yang ingin digunakan, dapat menggunakan brosur, banner, dan lain sebagainya. Memasarkan dengan menggunakan brosur atau poster dapat menjadi media pembantu untuk memudahkan tugas marketing.

tugas_marketing_05

Baca : 5 Alasan Mencetak Brosur di Uprint.id Merupakan Pilihan Tepat

5. Melayani Konsumen

tugas_marketing_05

Marketing harus dapat beramah-tamah dengan para konsumen, agar konsumen merasa nyaman serta mengerti apa yang sedang Anda sampaikan. Pelayanan terhadap konsumen merupakan tugas marketing yang paling utama.

Itulah beberapa tugas marketing yang wajib diketahui oleh pebisnis. Setiap tindakan dan strategi harus diperhatikan dengan benar, agar tidak terjadi kesalahan saat menghadapi konsumen. Jika Anda salah dalam mengambil strategi dan tindakan, maka akan berdampak pada bisnis yang dikelola. Strategi yang tepat untuk mempromosikan sesuatu yaitu dengan cara memberikan brosur. Saat ini Anda tidak perlu repot lagi jika ingin membuat brosur. Hanya dengan membuka website Uprint.id, Anda sudah dapat memesan brosur dengan cara online, lebih cepat, dan lebih menghemat tenaga.