Dihasilkan untuk pertama kalinya pada sekitar abad ketujuh, desain Islami terbukti memiliki pengaruh luar biasa terhadap beragam seni dan bermacam-macam media di seluruh dunia. Kamu bisa melihatnya di keramik, ubin, kaca dan masih banyak lagi. Satu hal yang pasti, desain Islami sangatlah memesona. Apa saja karakteristik-karakteristik dari desain bernuansa Islami?

cetak kartu lebaran

1. Pola Vegetal

vegetal islamic design

Pola vegetal adalah tanaman dengan bentuk melengkung, yang terkadang mengikutsertakan daun atau bunga. Jika kamu tidak tahu apa itu pola vegetal, kamu mungkin pernah mendengar istilah arabesque (Arab), begitulah terkadang orang menyebut pola vegetal. Pola vegetal berasal dari Mediterania Timur. Ide yang mendasari pola Arab ini adalah Taman Surga. Yang menarik dari pola vegetal adalah bahwa pola-polanya sepertinya tidak memiliki batas dalam bentuk dekoratif mereka.

2. Kaligrafi

islamic calligraphy

Bukan hanya dalam bahasa Arab saja kita bisa melihat kaligrafi, tetapi juga dalam bahasa Mandarin, Jepang dan bahasa-bahasa lain yang tidak menggunakan huruf latin. Namun, kaligrafi dalam seni lebih banyak digunakan untuk beragam seni Islami. Kita bisa melihat kaligrafi digunakan tidak hanya sebagai tulisan tapi juga untuk menghias kayu, arsitektur, kaca, logam, keramik, dsb. Dari semua unsur seni Islami, kaligrafi dianggap sebagai yang paling mulia. Walaupun tidak setiap orang dapat membaca apa yang tertulis, semua tahu bahwa kaligrafi mengungkapkan makna dan keindahan.

3. Pola Geometris

islamic geomtric pattern

Fitur lain dari desain Islami adalah pola-pola geometris. Jika kita melihat pola geometris Islami dan membandingkannya dengan pola geometris lain yang ada di luar sana, kita mungkin akan berpikir mereka sama saja. Apa yang kita pikirkan sayangnya tidak benar. Beberapa ahli matematika meyakini bahwa pola geometris Islami adalah pola terumit yang pernah dibuat.

kartu lebaran

4. Warna-Warna Kuat

islamic colour

Desain-desain Islami kebanyakan menggunakan warna-warna kuat seperti biru, hijau, toska dan merah. Warna-warna tersebut sering digunakan atau digabung bersama sehingga saat orang melihatnya, mereka langsung menghubungkan warna-warna tersebut dengan agama Islam.

Setelah membaca semua karakteristik dalam desain bernuansa Islami di atas, apa kesimpulannya? Menurut kami desain Islami cukup rumit dan abstrak. Walaupun demikian, bagi kami desain Islami itu sungguh luar biasa dan menginspirasi. Desain Islami tentunya merupakan salah satu favorit kami dari bermacam-macam desain dari berbagai belahan dunia.

cetak kartu lebaran