Ingin Lejitkan Produk Anda? Perhatikan Desain Kemasan! Ini 4 Tips Penting Mendesainnya!

Tunggu dulu! Jangan sekali-kali melempar produk Anda ke pasar sebelum benar-benar memperhatikan desain kemasan. Bahkan meski Anda sudah begitu yakin dengan kualitas produk, yakinlah bahwa pembeli akan jatuh cinta pada pandangan pertama pada produk yang memiliki desain kemasan baik, unik dan menarik. Berkali-kali promosi didengungkan betapa berkualitasnya produk Anda, namun jika kemasan terlihat murahan, orang akan berpikir ribuan kali untuk membawanya pulang.

Tidak bisa dipungkiri manusia adalah makhluk yang sangat visual. Mereka akan mudah jatuh hati ketika mata mereka menangkap sebuah gambar yang menarik. Maka sekali lagi, kemasan yang didesain dengan baik merupakan salah satu langkah branding bagi produk Anda. Jangan sekali-kali menyepelekannya. Kualitas produk Anda bukan ditentukan sejak pelanggan mencicipi dan merasakan, namun sejak pelanggan jatuh hati pada produk Anda.

Baca juga: Deretan Desain Kemasan 2019 yang Dapat Dijadikan Inspirasi

Sebuah kemenangan awal suatu produk yaitu ketika ia mampu mencuri perhatian pelanggan hingga mereka melakukan pembayaran di sebuah kasir. Namun jika sejak awal saja, produk itu hanya teronggok di lorong-lorong supermarket atau rak-rak web pembelanjaan online, tanpa ada yang membawanya ke kasir lalu dipeluk mesra hingga ke rumah, produk ini hanya diciptakan untuk mengalami kesepian sepanjang hayat. Tentu Anda tak ingin produk yang dibuat hingga bercucuran peluh dan keringat hanya diacuhkan oleh banyak orang, bukan?

desain kemasan inspirasi sabun

Sudah terbukti di pasaran, produk dengan desain kemasan menarik, unik, dan baik akan mudah membuat orang jatuh cinta, meski kemudian kualitasnya ternyata tidak sebanding dengan kemasannya yang luar biasa. Apalagi jika didukung dengan promosi yang gencar-gencaran. Maka jika Anda sudah yakin kualitas produk yang dimiliki jauh di atas rata-rata, jangan mau kalah dengan produk-produk ini. Desainlah kemasan Anda seeksklusif mungkin, orang bahkan akan rela membayar lebih mahal untuk sebuah produk yang terlihat berkelas. Apalagi setelah kemasan tersebut dibuka, kualitasnya benar-benar menunjukkan kelasnya. Anda akan untung berkali-kali lipat!

Di pasar tertentu, ketika pembeli telah jatuh hati dan menetapkan pilihan untuk membeli produk, hal pertama yang dia lihat adalah bagaimana kemasan mampu menarik hatinya. Ada sebuah tempat yang dirancang dan harus menjadi tempat pembeli diminta untuk melihat apakah ada penjualan di pasar yang sama seperti yang diharapkan. Ini adalah salah satu alasan mengapa sangat penting bagi Anda untuk mendesain kemasan sebuah produk yang menarik sehingga pelanggan segera mengirim atau membawa pulang produk Anda ke alamatnya.

Baca juga: Tips Mendesain Kemasan dan Label Produk yang Perlu Diketahui

Mungkin mengenai desain kemasan, kita perlu belajar dari packaging CD (compact disk) lagu yang kian hari kian merosot kualitasnya. Dulu CD dikemas dalam plastik mirip kaca yang kokoh dan terlihat eksklusif. Nanti ketika industri musik mulai menurun, dan dunia digital merajai, CD dikemas dalam wadah kertas yang sama sekali tidak berkelas.

desain kemasan album fisik rizky febian

Hingga beberapa waktu lalu, Risky Febrian membuat sebuah gebrakan baru. Dia mengemas karyanya secara eksklusif. Bekerjasama dengan sebuah web penjualan musik digital online, ia membuat karya musik yang berbeda. Dikemas dalam wadah semacam koper, di mana di dalamnya ada poster, kaos, lirik lagu dan speaker khusus untuk mendengarkan musiknya. Jelas ini gebrakan yang patut diacungi jempol.

Di kala semua orang bisa dengan bebas mengunduh musik di internet, bahkan secara ilegal, Rizky Febian membuktikan bahwa branding, kemasan dan kualitas harus saling mendukung. Nyatanya meski dibanderol dengan harga yang lumayan tinggi, tetap banyak yang membeli karya musiknya. Jangan pernah takut untuk memulai perubahan jika itu menyangkut kualitas yang sebenarnya.

Baca juga: Desain Kemasan Unik, Bikin Penasaran Konsumen Nih!

Maka bagi Anda yang masih merasa galau bin bingung bagaimana seharusnya desain kemasan yang baik, tim Uprint.id akan memberikan tiga tips terpenting untuk menciptakan kemasan berkualitas dan menunjang branding produk Anda.

Pertama, Be Outstanding

desain kemasan menarik

Salah satu cara terbaik membuat desain kemasan adalah keluar dari kelaziman. Misalnya ya si Rizky Febian waktu mendesain kemasan untuk karya musiknya. Ketika musisi lain ikut arus dengan menjual karya musiknya yang dikemas dalam wadah kertas, Rizky menggebrak dengan mengemas karya musiknya lewat kemasan koper yang eksklusif.  Karena kemasan adalah salah satu branding produk Anda, pikirkan sesuatu yang unik dan berbeda dari produk kompetitor. Buat kemasan yang akan membuat customer langsung ingat untuk membeli produk Anda.

Kedua, Be Bold

desain kemasan unik

Anda perlu mendesain kemasan produk yang membawa sebuah gambaran jelas tentang produk. Ambil contoh box set karya musik Rizky Febian yang mengambil desain kemasan berbentuk koper karena judul albumnya berjudul Jejak. Koper berhubungan dengan perjalanan yang tentunya juga terhubung dengan kata Jejak. Maka kini Anda harus membuat daftar hal menarik apa saja yang terhubung dengan produk Anda. Melakukan survery pasar pada target customer Anda tentang kemasan yang mereka sukai juga bisa menjadi cara yang ditempuh. Dengan melibatkan target customer ketika pemilihan desain, akan membuat mereka semakin dekat dengan produk bahkan sebelum benar-benar diluncurkan.

Baca juga: Desain Kemasan yang Menentukan Minat Konsumen

Ketiga, Be Sure

desain kemasan keren

Yakinlah pada desain kemasan yang Anda rancang. Keyakinan akan membawa langkah positif bagi kemajuan produk Anda. Pilihan jenis kemasan, pilihan grafis, pilihan tagline akan membawa branding bagi produk Anda. Sesuatu yang didesain secara pasti dan penuh keyakinan akan mendulang kepercayaan di hati customer.

Keempat, Be Clear and Crisp

desain kemasan inspirasi alat rumah tangga

Sebuah kemasan produk yang baik tidak hanya harus menarik dan unik, namun juga harus mampu menunjukkan kejujuran dan gambaran yang jelas tentang sebuah produk. Maka jangan sampai sebuah kemasan produk membawa dampak buruk. Jangan sampai pula membuat kemasan yang menipu. Kemasan luar biasa eksklusif namun ternyata kualitas produknya murahan. Antara desain kemasan dan kualitas produk di dalamnya harus berbanding lurus.

Baca juga: 4 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mendesain Kemasan

Keempat tips di atas kami susun berdasarkan pengalaman membersamai klien kami saat akan meluncurkan sebuah produk. Mereka yang mendesain sebuah kemasan produk dengan matang biasanya akan menuai keberhasilan. Pengemasan adalah sebuah tahap awal bagaimana sebuah produk mampu mencuri hati pelanggan. Kemasan juga merupakan representasi awal kualitas sebuah produk. Maka jelas ini adalah hal yang tak bisa disepelekan, Anda harus benar-benar menyiapkan dan merencanakannya sedemikian rupa.

Pengemasan suatu produk menunjukkan kualitas dari produk yang Anda produksi. Sebuah pepatah dari tokoh terkenal berkata apalah arti sebuah nama. Padahal nama menjadi branding dan doa. Begitu juga kemasan sebuah produk, Anda tak bisa mengatakan apalah arti kemasan, yang penting kualitas produk di dalamnya. Bagaimana pelanggan akan yakin dengan kualitas produk jika desain kemasan di awal telah menunjukkan kelasnya?

desain kemasan inspirasi cat ruang anak

Mungkin untuk membuat desain kemasan yang baik memang harus membayar lebih dibanding desain yang biasa saja. Namun yakinlah apa yang Anda dapat nantinya akan jauh berlipat. Sesuatu yang dimulai dari hati dan keyakinan, akan mampu menyentuh hati orang lain pula. Dan yakinlah untuk mencetak kemasan dengan kualitas baik, Uprint.id akan membantu Anda dengan harga ramah di kantong dengan kualitas yang tidak murahan.

Tunggu dulu! Jangan sekali-kali melempar produk Anda ke pasar sebelum benar-benar memperhatikan desain kemasan. Bahkan meski Anda sudah begitu yakin dengan kualitas produk, yakinlah bahwa pembeli akan jatuh cinta pada pandangan pertama pada produk yang memiliki desain kemasan baik, unik dan menarik. Berkali-kali promosi didengungkan betapa berkualitasnya produk Anda, namun jika kemasan terlihat murahan, orang akan berpikir ribuan kali untuk membawanya pulang.

Tidak bisa dipungkiri manusia adalah makhluk yang sangat visual. Mereka akan mudah jatuh hati ketika mata mereka menangkap sebuah gambar yang menarik. Maka sekali lagi, kemasan yang didesain dengan baik merupakan salah satu langkah branding bagi produk Anda. Jangan sekali-kali menyepelekannya. Kualitas produk Anda bukan ditentukan sejak pelanggan mencicipi dan merasakan, namun sejak pelanggan jatuh hati pada produk Anda.

Baca juga: Deretan Desain Kemasan 2019 yang Dapat Dijadikan Inspirasi

Sebuah kemenangan awal suatu produk yaitu ketika ia mampu mencuri perhatian pelanggan hingga mereka melakukan pembayaran di sebuah kasir. Namun jika sejak awal saja, produk itu hanya teronggok di lorong-lorong supermarket atau rak-rak web pembelanjaan online, tanpa ada yang membawanya ke kasir lalu dipeluk mesra hingga ke rumah, produk ini hanya diciptakan untuk mengalami kesepian sepanjang hayat. Tentu Anda tak ingin produk yang dibuat hingga bercucuran peluh dan keringat hanya diacuhkan oleh banyak orang, bukan?

desain kemasan inspirasi sabun

Sudah terbukti di pasaran, produk dengan desain kemasan menarik, unik, dan baik akan mudah membuat orang jatuh cinta, meski kemudian kualitasnya ternyata tidak sebanding dengan kemasannya yang luar biasa. Apalagi jika didukung dengan promosi yang gencar-gencaran. Maka jika Anda sudah yakin kualitas produk yang dimiliki jauh di atas rata-rata, jangan mau kalah dengan produk-produk ini. Desainlah kemasan Anda seeksklusif mungkin, orang bahkan akan rela membayar lebih mahal untuk sebuah produk yang terlihat berkelas. Apalagi setelah kemasan tersebut dibuka, kualitasnya benar-benar menunjukkan kelasnya. Anda akan untung berkali-kali lipat!

Di pasar tertentu, ketika pembeli telah jatuh hati dan menetapkan pilihan untuk membeli produk, hal pertama yang dia lihat adalah bagaimana kemasan mampu menarik hatinya. Ada sebuah tempat yang dirancang dan harus menjadi tempat pembeli diminta untuk melihat apakah ada penjualan di pasar yang sama seperti yang diharapkan. Ini adalah salah satu alasan mengapa sangat penting bagi Anda untuk mendesain kemasan sebuah produk yang menarik sehingga pelanggan segera mengirim atau membawa pulang produk Anda ke alamatnya.

Baca juga: Tips Mendesain Kemasan dan Label Produk yang Perlu Diketahui

Mungkin mengenai desain kemasan, kita perlu belajar dari packaging CD (compact disk) lagu yang kian hari kian merosot kualitasnya. Dulu CD dikemas dalam plastik mirip kaca yang kokoh dan terlihat eksklusif. Nanti ketika industri musik mulai menurun, dan dunia digital merajai, CD dikemas dalam wadah kertas yang sama sekali tidak berkelas.

desain kemasan album fisik rizky febian

Hingga beberapa waktu lalu, Risky Febrian membuat sebuah gebrakan baru. Dia mengemas karyanya secara eksklusif. Bekerjasama dengan sebuah web penjualan musik digital online, ia membuat karya musik yang berbeda. Dikemas dalam wadah semacam koper, di mana di dalamnya ada poster, kaos, lirik lagu dan speaker khusus untuk mendengarkan musiknya. Jelas ini gebrakan yang patut diacungi jempol.

Di kala semua orang bisa dengan bebas mengunduh musik di internet, bahkan secara ilegal, Rizky Febian membuktikan bahwa branding, kemasan dan kualitas harus saling mendukung. Nyatanya meski dibanderol dengan harga yang lumayan tinggi, tetap banyak yang membeli karya musiknya. Jangan pernah takut untuk memulai perubahan jika itu menyangkut kualitas yang sebenarnya.

Baca juga: Desain Kemasan Unik, Bikin Penasaran Konsumen Nih!

Maka bagi Anda yang masih merasa galau bin bingung bagaimana seharusnya desain kemasan yang baik, tim Uprint.id akan memberikan tiga tips terpenting untuk menciptakan kemasan berkualitas dan menunjang branding produk Anda.

Pertama, Be Outstanding

desain kemasan menarik

Salah satu cara terbaik membuat desain kemasan adalah keluar dari kelaziman. Misalnya ya si Rizky Febian waktu mendesain kemasan untuk karya musiknya. Ketika musisi lain ikut arus dengan menjual karya musiknya yang dikemas dalam wadah kertas, Rizky menggebrak dengan mengemas karya musiknya lewat kemasan koper yang eksklusif.  Karena kemasan adalah salah satu branding produk Anda, pikirkan sesuatu yang unik dan berbeda dari produk kompetitor. Buat kemasan yang akan membuat customer langsung ingat untuk membeli produk Anda.

Kedua, Be Bold

desain kemasan unik

Anda perlu mendesain kemasan produk yang membawa sebuah gambaran jelas tentang produk. Ambil contoh box set karya musik Rizky Febian yang mengambil desain kemasan berbentuk koper karena judul albumnya berjudul Jejak. Koper berhubungan dengan perjalanan yang tentunya juga terhubung dengan kata Jejak. Maka kini Anda harus membuat daftar hal menarik apa saja yang terhubung dengan produk Anda. Melakukan survery pasar pada target customer Anda tentang kemasan yang mereka sukai juga bisa menjadi cara yang ditempuh. Dengan melibatkan target customer ketika pemilihan desain, akan membuat mereka semakin dekat dengan produk bahkan sebelum benar-benar diluncurkan.

Baca juga: Desain Kemasan yang Menentukan Minat Konsumen

Ketiga, Be Sure

desain kemasan keren

Yakinlah pada desain kemasan yang Anda rancang. Keyakinan akan membawa langkah positif bagi kemajuan produk Anda. Pilihan jenis kemasan, pilihan grafis, pilihan tagline akan membawa branding bagi produk Anda. Sesuatu yang didesain secara pasti dan penuh keyakinan akan mendulang kepercayaan di hati customer.

Keempat, Be Clear and Crisp

desain kemasan inspirasi alat rumah tangga

Sebuah kemasan produk yang baik tidak hanya harus menarik dan unik, namun juga harus mampu menunjukkan kejujuran dan gambaran yang jelas tentang sebuah produk. Maka jangan sampai sebuah kemasan produk membawa dampak buruk. Jangan sampai pula membuat kemasan yang menipu. Kemasan luar biasa eksklusif namun ternyata kualitas produknya murahan. Antara desain kemasan dan kualitas produk di dalamnya harus berbanding lurus.

Baca juga: 4 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mendesain Kemasan

Keempat tips di atas kami susun berdasarkan pengalaman membersamai klien kami saat akan meluncurkan sebuah produk. Mereka yang mendesain sebuah kemasan produk dengan matang biasanya akan menuai keberhasilan. Pengemasan adalah sebuah tahap awal bagaimana sebuah produk mampu mencuri hati pelanggan. Kemasan juga merupakan representasi awal kualitas sebuah produk. Maka jelas ini adalah hal yang tak bisa disepelekan, Anda harus benar-benar menyiapkan dan merencanakannya sedemikian rupa.

Pengemasan suatu produk menunjukkan kualitas dari produk yang Anda produksi. Sebuah pepatah dari tokoh terkenal berkata apalah arti sebuah nama. Padahal nama menjadi branding dan doa. Begitu juga kemasan sebuah produk, Anda tak bisa mengatakan apalah arti kemasan, yang penting kualitas produk di dalamnya. Bagaimana pelanggan akan yakin dengan kualitas produk jika desain kemasan di awal telah menunjukkan kelasnya?

desain kemasan inspirasi cat ruang anak

Mungkin untuk membuat desain kemasan yang baik memang harus membayar lebih dibanding desain yang biasa saja. Namun yakinlah apa yang Anda dapat nantinya akan jauh berlipat. Sesuatu yang dimulai dari hati dan keyakinan, akan mampu menyentuh hati orang lain pula. Dan yakinlah untuk mencetak kemasan dengan kualitas baik, Uprint.id akan membantu Anda dengan harga ramah di kantong dengan kualitas yang tidak murahan.

More from author

Post Terkait

Postingan Lain

Bingkisan: Menghadirkan Kebaikan dalam Setiap Bungkus

Bingkisan adalah simbol kebaikan, cinta, dan perhatian yang telah hadir sejak zaman kuno. Mereka membawa kegembiraan bagi penerima dan kepuasan bagi yang memberikan. Dalam...

Ganti Background Foto: Merubah Citra dengan Sentuhan Ajaib

Ganti background foto menjadi salah satu pengalaman visual kita dalam dunia digital semakin dinamis dari hari ke hari. Salah satu alat yang memainkan peran...

Custom Paper Bag: Solusi Ramah Lingkungan yang Kreatif dan Berdaya Saing

Custom paper bag telah menjadi salah satu solusi yang semakin populer dalam dunia periklanan dan pemasaran modern. Dengan meningkatnya kesadaran akan pentingnya praktik ramah...

Want to stay up to date with the latest news?

We would love to hear from you! Please fill in your details and we will stay in touch. It's that simple!