Kertas label biasa digunakan untuk identitas produk. Kertas label harus diletakan di bagian depan. Sehingga konsumen dapat melihat langsung merek produk. Di dalam kertas label, dapat diberikan informasi penting. Kertas label untuk kemasan makanan yang harus dicantumkan informasi adalah tanggal expired, komposisi, lokasi produksi, kode BPOM. Sedangkan untuk kertas label kemasan non makanan, berikan keterangan bahan, lokasi pembuatan.

Bahan-bahan untuk membuat kertas label terdiri dari beberapa jenis kertas. Mulai dari kertas HVS, Vinyl, Gold Foil, dan jenis kertas lainnya. Sebelum membuat kertas label ada beberapa hal yang perlu diketahui. Seperti beberapa poin berikut ini yang bisa membantu.

1. Ukuran Kertas Label

kertas-label-01

Menentukan ukuran harus dilakukan lebih awal. Sesuaikan dengan kemasan yang digunakan. Ukuran label yang sesuai dengan kemasan akan terlihat bagus. Sehingga konsumen dapat tertarik untuk melihat logo dan merek dari bisnis.

Baca juga : Tips Mendesain Kemasan dan Label Produk yang Perlu Diketahui

2. Tentukan Bentuk dan Desain

kertas-label-06

Menentukan bentuk serta desain menjadi hal penting. Pilih bentuk yang sesuai dengan desain dan tepat. Sehingga konsumen lebih tertarik saat pertama melihat. Misalnya bentuk bulat, kotak, atau oval. Semua bentuk harus disesuaikan dengan kemasan produk.

3. Menentukan Slogan

kertas-label-04

Sebelum membuat kertas label, slogan menjadi yang utama. Pilih slogan dengan kalimat singkat, padat, dan jelas. Bahkan dapat diingat oleh konsumen secara langsung. Membuat slogan yang bisa diingat konsumen tidak mudah. Perhatikan kalimat, kata, dan makna dari slogan. Sehingga mendapatkan slogan yang efektif.

4. Menentukan Ukuran

kertas-label-02

Terdapat beberapa macam ukuran yang bisa digunakan. Seperti kemasan botol atau kaleng, biasanya menggunakan ukuran persegi panjang yang lebar, hingga menutup sebagian badan botol. Sedangkan untuk kemasan persegi, dapat membuat kertas label ukuran yang disesuaikan.

Baca juga : Manfaat Product Tag yang Perlu Diketahui Sebelum Menggunakannya

5. Memilih Bahan

kertas-label-05

Seperti penjelasan di awal, ada beberapa jenis kertas yang bisa digunakan. Anda perlu memilih dan menentukan jenis bahan untuk kertas label. Pemilihan bahan harus tepat, agar sesuai dengan penggunaannya. Anda dapat membuat kertas label stiker, yang penggunaanya mudah. Hanya menempelkan pada kemasan. Anda dapat memilih kertas label sekaligus segel untuk kemasan. Bahan untuk kertas label terdiri dari vinyl, metalic silver, stiker gold, chromo, dan HVS. Semua dapat disesuaikan dengan keinginan.

Macam-macam hal yang perlu diketahui sebelum membuat kertas label sangat membantu. Sebagai pebisnis, Anda harus memperhatikan segalanya demi berkembangnya produk. Tidak hanya produk yang ditawarkan, melainkan kertas label untuk merek produk tersebut.[Sprint]