Uprint.id percetakan online indonesia

Lahan yang semakin terbatas membuat rumah berukuran semakin kecil, atau sering disebut dengan rumah minimalis, menjadi kian diminati. Saat ini, rumah minimalis sederhana semakin banyak diminati oleh masyarakat. Namun, bukan berarti rumah berukuran kecil tidak nyaman ditempati. Jika Anda tahu tips dan trik untuk membuat desain rumah minimalis, sangat mudah untuk membuat hunian Anda menjadi lebih menarik.

Ada sembilan tips membuat rumah kecil Anda menjadi terasa lebih nyaman, luas dan tampak modern:

  1. Maksimalkan Ruang yang Ada

rumah minimalis - rak dinding

Jangan buat rumah Anda yang memang sudah sempit menjadi semakin sempit dengan menempatkan barang-barang yang tidak perlu di dalamnya.

Hal lain yang juga harus Anda perhatikan untuk menjaga rumah minimalis adalah jangan terlalu banyak menaruh perabotan di lantai rumah. Anda bisa mencoba untuk menggunakan rak dinding untuk menyimpan buku ketimbang meja, atau rak TV yang menempel di dinding ketimbang TV set model lama yang memakan ruang di rumah anda.

  1. Hindari Pembatas Ruangan yang Berlebihan

rumah minimalis - pembatas ruangan

Membuat pembatas ruangan pasti harus dipikirkan ketika akan membentuk konsep desain rumah minimalis. Yang harus Anda ingat, pembatas ruangan jika dipasang secara berlebihan akan membuat rumah menjadi lebih sempit. Untuk menyiasatinya, beberapa ruangan dapat dijadikan satu tanpa sekat dinding dan digantikan dengan perabotan dengan fungsi yang sama, yaitu menjadi pembatas. Contohnya seperti gambar rumah di atas, sebuah rak sederhana yang unik telah memberikan fungsi kedua sebagai pembatas.

  1. Menggunakan Warna yang Tepat

rumah minimalis-warna cat

Mengecat ruangan Anda dengan warna putih atau warna yang lebih terang akan menimbulkan kesan yang luas dan lapang. Jangan gunakan terlalu banyak warna. Kombinasi putih, abu-abu terang dan aksen kayu sedang tren saat ini. Desain rumah dengan warna-warna yang sederhana dan terang mungkin bisa Anda coba jika ingin merenovasi ruangan atau jika saat ini Anda membeli hunian baru.

  1. Gunakan Cermin

rumah minimalis- tembok cermin

Semakin besar ukuran cermin akan semakin baik. Kenapa? Cermin yang mempunyai sifat memantulkan bayangan akan membantu menciptakan ilusi optik yang membuat ruangan seolah-olah bertambah besar. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk rumah minimalis Anda, karena seolah-olah akan menambah ruangan baru di dalam rumah.

  1. Beli Perlengkapan Rumah Tangga yang Unik

Sekarang ini sudah banyak tersedia berbagai jenis perabotan yang unik, baik dari segi desain maupun warna. Sebuah rumah minimalis modern, juga harus memiliki konsep perabotan atau pajangan yang memiliki bentuk yang sederhana, tetapi unik. Anda bisa lihat pada gambar di atas ada sebuah pajangan burung yang sangat minimalis, namun menciptakan kesan berbeda. Anda juga bisa perhatikan model vas tanaman yang digunakan pada gambar tersebut. Jadi, walaupun serba minimalis, Anda tidak akan merasa bosan.

  1. Pencahayaan dan Sirkulasi Udara yang Baik

rumah minimalis - pencahayaan

Jika rumah Anda menghadap ke arah terbitnya matahari, hal itu sangat bagus karena Anda bisa mendapatkan manfaat dari sinar matahari pagi. Selain bagus untuk kesehatan, hal tersebut juga bisa mengurangi kelembaban yang ada di ruangan. Jendela yang lebar dapat Anda gunakan untuk mendapatkan manfaat yang optimal. Selain itu, penggunaan penerangan dalam rumah juga harus diupayakan agar tidak terlihat suram. Gunakan penerangan yang cukup, sehingga ruangan akan terasa lebih lega.

Pastikan juga sirkulasi udara berfungsi dengan baik untuk menghindarkan rumah Anda dari kondisi pengap. Dengan memaksimalkan penggunaan ventilasi udara, Anda juga dapat menghemat penggunaan pendingin udara.

  1. Objek Pengalih Perhatian

rumah minimalis-pajangan dinding

Sebuah lukisan besar dengan gambar yang menarik akan menjadi fokus utama tamu ketika pertama kali masuk ke rumah. Selain membuat rumah Anda lebih menarik, hal ini juga akan mengalihkan perhatian tamu dari kondisi rumah Anda yang sempit.

Namun, perlu Anda ingat, jangan menggunakan perabot besar untuk ditaruh di lantai, karena hal ini dapat memakan banyak tempat dari ruangan Anda.

  1. Kondisikan Rumah Selalu Dalam Keadaan Bersih

rumah minimalis-lemari penyimpanan

Seperti halnya penjelasan di atas, hindari penggunaan barang-barang yang tidak penting di dalam rumah Anda. Jika terlalu menumpuk akan menimbulkan kesan ruwet sehingga akan membuat pemilik rumah menjadi bosan dan bahkan stress.

Perhatikan peletakan barang-barang dengan membuat kesan sederhana. Buatlah kondisi sedemikian rupa agar memudahkan Anda dalam membersihkan rumah. Rumah yang bersih akan membuat perasaan senang dan dapat menghindarkan diri dari stress. Lalu, barang-barang kebersihan seperti kain pel, sapu, vacuum cleaner, sabun, dan sebagainya dapat juga Anda buatkan lemari penyimpanan sehingga ruangan Anda tetap tertata rapi.

  1. Desain Tangga Seramping Mungkin

rumah minimalis-tangga minimalis

Jika rumah minimalis sederhana Anda memiliki tangga, buatlah seramping mungkin. Hal ini akan sangat berguna untuk menghemat ruang yang ada di rumah Anda. Disarankan untuk meletakkan tangga di ujung sehingga tidak mengganggu pemandangan dan menghabiskan tempat di ruang utama.

Selain itu, Anda juga bisa mendesain tangga dengan arah yang bervariasi, dan tidak harus lurus. Ini bisa Anda lakukan untuk menghemat ruang, karena tangga yang lurus relatif lebih menghabiskan banyak tempat, baik di lantai di bawah maupun di atasnya. Pilihan tangga berbentuk huruf L atau melingkar bisa menjadi pilihan yang cocok untuk Anda.

Berikut ini adalah beberapa gambar rumah minimalis yang bisa Anda jadikan inspirasi untuk mendekor hunian impian Anda. Enjoy!