Libur panjang, bagi para pekerja merupakan hal yang sangat dinanti. Sebab, waktu libur dapat mewujudkan beberapa rencana yang telah direncanakan. Biasanya, bagi mereka yang ingin menikmati libur panjang melakukan kegiatan dengan mengunjungi destinasi liburan. Nah, jika Anda ingin berlibur sudahkah menentukan destinasi wisata? Jika belum, cobalah simak referensi destinasi liburan di Nias. Ingat, banyak destinasi liburan di Indonesia lho justru lebih indah dan eksotik.

1. Situs Megalit Tetegewo

destinasi liburan di nias - situs megalit tetegewo

Jika Anda ingin berlibur sekaligus memperbanyak pengetahuan mengenai sejarah peradaban zaman dulu, cobalah mengunjungi situs megalit Tetegowo. Situs yang berada di desa Tetegowo, Sub-Distrik Sidua Ori Nias ini, membuktikan bahwa pulau Nias merupakan rumah dari peradaban megalitikum yang masih hidup. Terbukti dengan adanya deretan batu beragam ukurna dan bentuk, merupakan warisan dari para leluhur di Nias yang hingga saat ini masih terjaga keasliannya. Selain situs megalit Tetegewo ini, di Nias terdapat air terjun yang dapat menjadi destinasi liburan di Nias lainnya. Seperti air terjun Mondrowe, yang berada di desa Mondrowe Nias. Air terjun ini memiliki ketinggian 25 meter dengan lebar sekitar 20 meter.

Baca juga : Simpan Foto Terbaikmu dengan Membuat Photo Book!

2. Kampung Boronadu

destinasi liburan di nias - desa adat boronadu

Kampung adat yang sudah dikenal oleh para arkeolog Nasional maupun Internasional ini dapat juga menjadi destinasi liburan di Nias. Kampung ini dipercaya sebagai kampung tertua di Nias dan merupakan cikal bakal dari orang Nias pada mulanya. Pada masa lalu, kampung inilah yang menjadi saksi kemerdekaan Nias. Untuk itu, Anda wajib mengunjungi destinasi liburan tersebut, dan jangan lupa untuk menggali ilmu pengetahuan umum lainnya.

3. Desa Bawomataluo

destinasi liburan di nias - desa bawomataluo

Desa ini berada sekitar 12 kilometer dari desa Teluk Dalam. Desa Bawomataluo ini merupakan desa adat yang berada di wilayah perbukitan dan berada di Sub-Distrik Fanayama yang merupakan pelebaran dari Sub-Distrik Teluk Dalam. Desa ini memiliki keunikan tersendiri, seperti harus melalui 88 anak tangga jika ingin memasuki desa adat ini. Selain keunikan saat ingin masuk desa, Anda akan dikejutkan dengan beragam jenis bentuk rumah yang tertata rapi dan berdiri kokoh sejak beratus tahun lamanya. Rumah adat ini bernama Oma Sebua. Selain rumah adat, ada juga keunikan lainnya dalam hal kebudayaan, seperti adanya tari perang yang sering dipertunjukan untuk menyambut tamu. Bahkan ada juga kesenian lainnya yang tidak asing lagi, yaitu Fahombo atau Hombo Batu alias Lompat Batu. ini merupakan atraksi yang tidak asing lagi bagi para tamu.

4. Kepuluan Batu

destinasi liburan di nias - kepulauan batu

Anda juga dapat mengunjungi pulau batu saat melakukan destinasi liburan di Nias. Kepulauan yang memiliki beberapa pulau dengan beragam objek wisata seperti diving, fishing, surfing, atau hanya ingin sekedar menikmati hembusan angin pantai serta aroma laut yang segar. Anda dapat mengunjungi beberapa pulau tersebut dengan menggunakan menggunakan kendaraan  dari bandara Lasondre atau Anda dapat melewati kota Teluk Dalam dengan menggunakan kapal penumpang. Sesampainya di sana, Anda akan disambut dengan pesona alam yang indah dan mempesona.

Baca juga : 5 Trik Liburan dengan Budget Hemat

5. Wisata Kain Tenun

destinasi liburan di nias - kain tenun nias

Sangat cocok untuk Anda yang menyukai beragam jenis kain tenun. Anda dapat juga mengeksplor beragam jenis kain tenun khas Nias yang sangat cantik. Bahkan, Anda dapat membelinya secara langsung di tempat pembuatannya. Selain membelinya, Anda juga dapat belajar membuat kain tenun secara langsung, sehingga liburan akan menjadi lebih seru dan berkesan.

Itulah beberapa destinasi liburan di Nias yang wajib dikunjungi. Bahkan semua destinasi liburan itu, memiliki beragam informasi yang menarik dan unik. Sehingga akan menambah informasi pengetahuan yang sebelumnya belum diketahui. Jangan lupa juga untuk menjelajah beberapa tempat yang masih asri dan asli. Bahkan, jika Anda berani dapat mencoba beberapa aktivitas yang masyarakat lakukan seperti berburu, dan lainnya.