10 Destinasi Wisata di Solo yang Tidak Kalah Menarik dari Jogja

Daerah di Jawa Tengah ini dapat dijadikan destinasi wisata yang menarik. Tidak hanya wisata kulinernya saja, Solo memiliki destinasi wisata yang dapat Anda kunjungi saat menginjakan kaki di sana. Seperti berikut ini destinasi wisata di Solo yang tidak kalah menarik dari Jogja.

1. Gunung Besek Kismantoro

destinasi-wisata-di-solo-05-gunung-besek

Bagi Anda yang memiliki jiwa petualang wajib mengunjungi spot ini. Bagaimana tidak, Anda akan disuguhi pemandangan landscape pedalaman Wonogiri yang berbukit, hijau namun tetap eksotis. Sejumlah spot juga cukup asyik untuk dijadikan tempat berfoto. Destinasi wisata di Solo ini cenderung masih sepi, sehingga banyak spot foto menarik yang harus diabadikan.

Baca juga : Perbedaan Tipe Traveler Terencana dan Petualang. Anda Termasuk yang Mana Nih?

2. Bendungan Colo

destinasi-wisata-di-solo-01-bendungan-colo

Meskipun ini merupakan spot yang menarik untuk berfoto. Bendungan yang letaknya ada di perbatasan antara desa Pengkol, kecamatan Nguter, kabupaten Sukoharjo dengan desa Sendangijo, kecamatan Selogiri, kabupaten Wonogiri. Namanya Bendungan Colo, bendungan yang dibangun untuk menahan aliran sungai Bengawan Solo. Destinasi wisata di Solo ini, cocok untuk dikunjungi.

3. Candi Plaosan

destinasi-wisata-di-solo-06-candi-plaosan

Mengabaikan segala perbedaan, Rakai Pikatan membuktikan cintanya pada Pramudya Wardani dengan membangun Candi Plaosan yang tidak hanya indah, tapi juga begitu ikonik. Tempat ini bukti nyata bahwa menyatukan perbedaan bukanlah hal yang mustahil. Destinasi wisata di Solo, yang wajib dikunjungi untuk belajar sejarah sambil berlibur. Bagi Anda yang hobi motret, spot ini cocok sekali jika ingin mengambil momen matahari terbenam. Sebab cahaya yang membias di antara bangunan candi semakin menambah kecantikan arsitekturnya.

4. Bukit Cumbri

destinasi-wisata-di-solo-07-bukit-cumbri

Jika Anda ingin menikmati panorama alam yang asyik dari spot yang eksentrik, bukit Cumbri tempatnya. Mulai dari nuansa, atmosfer hingga pemandangan yang disajikan, dijamin akan membuat Anda terkagum-kagum. Dari bukit Cumbri ini, Anda akan disuguhi pemandangan alam luas sepanjang bukit. Akan lebih bagus lagi jika Anda mengunjungi bukit cumbri ini di pagi hari saat menjelang matahari terbit.

5. Air Terjun Jumog

destinasi-wisata-di-solo-08-air-terjun-jumog

Destinasi wisata di Solo yang satu ini sempat disebut sebagai cuilan surga yang terserak di Karanganyar. Tidak berlebihan, mengingat tempatnya memang indah. Selain itu atmosfer dan nuansa yang ditawarkan akan menjadi surga dunia bagi Anda yang ingin melihat ciptaan Tuhan. Melihat air terjun sembari menikmati udara yang sejuk dan hawa pegunungan yang adem, akan membuat Anda ingin berlama-lama menikmati pemandangan tersebut.

6. Umbul Kapilaler

destinasi-wisata-di-solo-02-umbul-kapilaler

Ingin berendam di destinasi wisata yang asyik, Umbul Kapilaler bisa menjadi destinasi wisata di Solo yang harus Anda kunjungi. Tidak hanya airnya yang segar, tapi juga lokasi umbul yang keren dan berkesan natural. Beningnya air, dengan pemandangan phong-pohon semakin menambah suasana menjadi lebih tenang dan menyenangkan. Bahkan, Anda dapat juga berenang sambil menyusuri sungai dan menikmati pemandangan di bawah air.

7. Umbul Ponggok

destinasi-wisata-di-solo-09-umbul-ponggok

Tidak kalah menarik dari umbul Kapilaler, di sini Anda dapat menikmati fasilitas yang disediakan di dalam air untuk melakukan sesi foto. Selain airnya yang jernih dan ikan-ikan beraneka ragam ada di sini, Anda dapat menikmati rasanya hidup di dalam air. Seperti melakukan aktivitas nonton tv, mengendarai sepeda motor, dan lain sebagainya. Semua dilakukan di dalam air. Pasti seru dan akan menambah unik feed media sosial Anda nih.

8. Socokangsi

destinasi-wisata-di-solo-03-socokangsi

Destinasi wisata di Solo yang satu ini, disebut juga sebagai Green Canyon mini yang terdapat di Indonesia. Bahkan, lokasi ini sudah menjadi destinasi paling hits para traveller. Anda dapat juga mencoba untuk menaiki tebing di sekitar Socokangsi tersebut. Tentunya dengan ditemani para ahli di bidangnya dan peralatan yang aman. Sehingga jika Anda ingin melakukan, tidak perlu khawatir.

9. Umbul Cokro

destinasi-wisata-di-solo-10-umbul-cokro

Di mata air Cokro ini, Anda akan mendapatkan ‘kemewahan’ itu dan menikmati kesegaran. Terutama dapat menyegarkan hati dan pikiran Anda yang sedang kalut. Paling enak jika dikunjungi saat hari biasa, sebab cenderung sepi dan tidak terlalu padat pengunjung. Selain itu, di sini Anda dapat menikmati keindahan alam sambil melakukan aktivitas berolahraga seperti melakukan yoga. Sebab, ketenangan yang dihadirkan membuat Anda merasa nyaman.

Baca juga : Long Weekend Sesaat Lagi, Sudahkah Membuat Rencana Liburan? Jangan Abaikan Trik Berikut Ini

10. Candi Ceto

destinasi-wisata-di-solo-04-candi-ceto

Destinasi wisata di Solo yang tidak kalah menarik adalah, candi Ceto. di sini Anda dapat menikmati keindahan sunset ataupun sunrise. Candi Ceto dapat ditempuh sekitar 2 jam perjalanan dari kota Solo menuju ke arah timur, melewati Perkebunan Teh Kemuning yang sering disebut sebagai puncaknya Jawa Tengah. Candi Ceto merupakan tempat ibadah umat Hindu yang sampai saat ini masih aktif digunakan oleh umat Hindu yang tinggal di sekitarnya. Maka ada beberapa aturan yang harus dipatuhi oleh setiap pengunjung yang hendak berwisata.

Itulah destinasi wisata di Solo yang dapat Anda kunjungi. Cocom untuk melakukan liburan bersama keluarga atau teman-teman. Pastikan, Anda memiliki waktu libur yang cukup lama sehingga dapat menikmati keindahan Solo lebih dalam dan lama.

Share post:

Popular

Artikel Lainnya
Serupa

Cetak Kalender 2022 Secara Online di Uprint.id

Cetak kalender 2022 sekarang dapat dilakukan secara online di...

5 Langkah Jitu Meningkatkan Penjualan Melalui Instagram

Seiring berkembangnya teknologi dan zaman, membuat masyarakat semakin berpikir...

4 Tips Adobe Illustrator untuk Meningkatkan Efisiensi Kerja

Selain Adobe Photoshop, ada lagi satu program aplikasi yang...

Fotografi Wedding yang Mengesankan: Menciptakan Kenangan Abadi dengan Photolab

Fotografi Wedding adalah salah satu momen paling bersejarah dalam...