Kegiatan traveling kini makin diminati banyak orang. Tidak hanya karyawan saja, melainkan para pelajar sudah tidak asing dengan kata traveling. Mungkin hanya yang berbeda adalah tempat tujuan. Jika dilihat dari kegiatan traveling, Anda termasuk tipe yang mana nih? Terencana atau petualang yang cenderung dadakan. Dua tipe ini memiliki perbedaan, Anda dapat mencari tahu tipe traveling seperti apa yang digunakan.

Baca juga : 10 Tips Traveling Paling Penting yang Harus Dilakukan Sebelum Berangkat

1. Planning

tipe-traveler-01-planning

  • Tipe terencana selalu membuat itinerary yang detail. Bukan hanya mengenai kota yang dituju saja, melainkan apa saja yang ada di dalam kota tersebut dan harus dikunjungi. Misalnya museum, theme park, toko, restoran, taman, tempat bersejarah, dan lainnya. Traveler Terencana bisa membuat perincian transportasi menuju dan dari tempat tersebut ke tujuan selanjutnya, transportasi yang digunakan, uang yang harus dikeluarkan, bahkan pakaian yang akan dipakai setiap harinya selama perjalanan karena hal ini berhubungan dengan berat koper saat berangkat. Tipe traveler seperti ini tidak sedikit yang menggunakannya, dengan alasan agar liburan menjadi lebih terorganisir.
  • Tipe petualang seperti ini cenderung lebih terbuka terhadap pilihannya. Mereka lebih memiliki ide serta rencana yang akan dilakukan setiba di lokasi tujuan. Namun, tipe traveler seperti ini juga tetap terbuka pada segala kesempatan. Bahkan mereka cenderung mencari sesuatu secara langsung. Misalnya, ketika berada di kota A dan sedang asyik berbincang dengan warga lokal kemudian mengetahui adanya festival, maka akan langsung mengunjungi acara tersebut. Tipe petualang lebih memilih secara spontan ketika mengunjungi spot-spot tertentu.

2. Budgeting

tipe-traveler-02-budgeting

  • Tipe terencana, untuk tipe traveler seperti ini sudah memiliki pandangan mengenai budget yang akan digunakan selama pergi traveling. Dengan begitu membuat keuangan mereka tetap terjaga walaupun tidak merencanakan perjalanan wisata yang on-budget.
  • Tipe petualang, Karena tidak memiliki perencanaan yang detail di awal, serta baru melakukan booking selama perjalanan berlangsung, maka tidak heran jika seringkali tipe traveler seperti ini mengalami pengeluaran yang lebih besar dari seharusnya. Mereka tetap mempersiapkan rough budget, tapi hal-hal spontan yang mereka harapkan muncul selama perjalanan membuat ada pengeluaran lebih yang harus dikorbankan. Hal seperti ini sering terjadi jika Anda merupakan tipe traveler petualang.

Baca juga : 7 Negara yang Nyaman dan Aman untuk Solo Traveling. Terutama bagi Perempuan!

3. Booking

tipe-traveler-03-booking

  • Tipe terencana, Tipe yang seperti ini selalu memastikan semuanya sudah di-book sejak awal. Mulai dari  tiket pesawat, book akomodasi, setiap tujuan wisata yang mewajibkan tiket masuk, tiket kereta atau bus, dan lainnya. Semua sudah disiapkan agar perjalanan lebih lancar. Booking lebih awal membuat perjalanan ini terasa lebih pasti. Sehingga mereka lebih tenang dalam berlibur. Sebab, semua yang diperlukan sudah siap digunakan.
  • Tipe petualang, lain dengan traveler yang satu ini. Mereka tetap membeli tiket pesawat lebih awal. Akomodasi pertama yang akan mereka tinggali juga sudah ditentukan jelang keberangkatan. Tapi sisanya baru akan di-booked selama perjalanan wisata dilakukan. Kalau sudah booked tapi gak nyaman dengan akomodasinya, bagaimana? Kalau sudah beli tiket kereta antar kota padahal belum puas keliling kota yang pertama, bagaimana? Kalau sudah beli tiket museum tapi di saat bersamaan ada festival yang hanya dilakukan setahun sekali, bagaimana? Pertanyaan-pertanyaan inilah yang membuat mereka lebih suka perencanaan yang terbuka pada banyak pilihan dengan booking yang fleksibel pula.

Secara keseluruhan tipe traveler seperti terencana dan petualang ini memiliki kekurangan dan kelebihannya. Namun, Anda harus mengambil sisi positif yang dilakukan oleh para tipe traveler tersebut. Bahkan, Anda dapat meniru gaya keduanya, misalkan merencanakan perjalanan sebelum bepergian. Kalau Anda suka merencanakan untuk pergi ke museum tapi kehabisan tiket, Anda akan tetap dapat menikmati hal lain. Ingatkan diri untuk selalu menikmati perjalanan wisata yang akan dilakukan, tanpa terlalu terikat pada rencana. Libur akhir tahun akan segera berlangsung, sudahkan Anda mempersiapkannya?