Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Lampion merupakan lampu penerang yang kerap dijumpai pada berbagai perayaan besar seperti acara Diwali, Waisak, dan Imlek. Lampion yang berbentuk bulat dan terbuat dari kertas dan benang ini biasanya akan diterbangkan ke langit atau dialirkan ke laut. Bukan hanya digunakan sebagai simbol penerang, seiring berjalannya waktu, lampion juga digunakan sebagai penghias di beberapa rumah. Bahkan ada yang menjadikan lampion ini sebagai penghias kamar tidur.

Jika Anda ingin membuat lampion dengan desain sendiri dapat menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan. Simak DIY lampion cantik berikut ini, sebagai inspirasi sebelum Anda membuatnya.

Baca juga : 4 Inspirasi Ide Kado DIY Valentine untuk Pasangan

1. Lampion dari Alas Kertas

diy-lampion-cantik-02-alas-kertas

Biasanya alas kertas seperti ini digunakan sebagai lapisan piring atau tempat kue agar makanan yang diletakan lebih terlihat rapi. Anda dapat menggunakan alas kertas ini sebagai hiasan lampion agar terlihat cantik dan menarik. Selain itu, menggunakan alas kertas ini akan memberi kesan 3D, Anda dapat juga menggunakan alas meja yang memiliki tekstur agak kaku. Warna netral seperti putih dan bentuknya yang dipenuhi berenda akan menambah cantik hasil karya lampion Anda.

Jika ingin membuat lampion cantik 3D ini bahan-bahan yang diperlukan adalah sebagai berikut :

  • Lampion bentuk bulat
  • Beberapa lembar alas meja
  • Gunting
  • Penggaris
  • Perekat (bisa dengan double tip)
  • Benang dan kawat

Sedangkan langkah-langkah membuatnya, Anda dapat membuat pola dari alas meja, setelah itu ukur dengan penggaris dan gunting. Anda dapat memotongnya menjadi dua bagian seperti gambar pada nomor 1 dan 2. Rapikan hingga pas ketika direkatkan ke lampion yang berbentuk lingkaran. Usakahan pola yang Anda buat serapi mungkin hingga membentuk pola yang simetris. Kemudian pasang lampu kecil dengan benang atau kawat hingga melekat erat di lampion. Setelah selesai, Anda dapat memasang lampion cantik di ruangan tamu atau kamar.

2. Lampion Cantik Kapas

diy-lampion-cantik-03-lampion-kapas

Jika Anda ingin merasakan sensasi berada di atas awan, dapat membuat lampion yang diberikan hiasan kapas agar lebih terasa seperti awan. Lampion jenis ini sangat cocok dijadikan hiasan untuk lampu kamar. Sebab, warna yang dihasilkan sedikit temaram dan membuat suasana tenang. Pastikan juga Anda menggunakan warna lampu yang tepat agar lampion terlihat seperti asli.

Jika Anda ingin membuat lampion cantik kapas ini dapat menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan. Seperti berikut ini.

  • Lampion kertas
  • Lem tembak
  • Kapas

Langkah awal membuatnya yaitu Anda dapat menggunakan kapas yang bukan digunakan untuk facial. Anda dapat melapisi lem pada seluruh bagian lampion, kemudian menempelkan kapas-kapas yang sudah diurai secara acak. Jangan lupa juga untuk menyisipkan lampu di dalam lampion.

3. Lampion Jellyfish

diy-lampion-cantik-04-jellyfish

Jenis lampion seperti ini dapat dijadikan sebagai pelengkap dalam sebuah acara, seperti ulang tahun. Anda dapat membuatnya dengan lampion yang beraneka warna agar menambah keceriaan. Bahkan Anda dapat menjadikan lampion jellyfish ini sebagai hiasan di kamar. Jika Anda ingin membuat lampion ini bahan-bahan yang diperlukan sangat mudah. Seperti berikut ini bahan-bahan untuk membuat lampion jellyfish.

  • Lampion Berwarna
  • Kain pita
  • Benang
  • Jarum jahit
  • Karet atau elastik untuk membuat aksen kerut pada bagian tentakel
  • Lem tembak

Langkah-langkah dalam membuatnya, Anda dapat mengikuti beberapa step yang sudah dideskripsikan pada gambar. Pertama, Anda memotong bagian bawah lampion. Setelah itu potong kain yang berwarna lebih muda sedikit, kemudian jahit pada bagian tengah secara vertikal setelah itu cobalah menjahit dengan sedikit menariknya. Setelah itu, tempelkan bagian kain ke bagian bawah lampion yang sudah dipotong. Dengan tujuan untuk menutupi bekas potongan pada lampion. Untuk langkah selanjutnya Anda dapat melakukan sesuai petunjuk pada gambar.

Baca juga : Inspirasi Desain Paper Bag Al a Negeri Sakura

4. Lampion 3D

diy-lampion-cantik-01-3d

Jenis lampion seperti ini cocok untuk diletakan di mana saja. Ruang tamu atau ruang keluarga tetap akan mempercantik ruangan tersebut. Pemilihan yang segar, akan membuat suasana menjadi lebih ceria. Bahkan penggunaan warna cerah ini dapat membuat ruangan sedikit berwarna dan terkesan modern. Untuk itu pastikan memilih warna aksesoris untuk lampion sesuai dengan yang inginkan. Seperti contoh lampion cantik 3D ini, menggunakan potongan kertas yang dibentuk bulat dengan pemilihan warna cerah. Jika Anda ingin mebuatnya, dapat menggunakan beberapa bahan seperti berikut.

  • Lampion kertas
  • Potongan kertas berwarna
  • Lem

Langkah-langkah membuatnya Anda cukup menempelkan semua potongan kertas sesuai pola. Sebelum menempelkannya pastikan Anda sudah membuat pola untuk menempatkan kertas agar tersusun rapi sehingga membentuk sebuah pola.

Itulah beberapa contoh simpel untuk membuat desain lampion sendiri di rumah. Bahkan Anda dapat mengkreasikannya dengan beragam jenis aksesoris lainnya. Seperti berikut ini beberapa contoh kreasi lampion lainnya.