Jepang adalah sebuah negara yang memiliki banyak sekali hal-hal menarik yang sangat sayang untuk dilewatkan. Salah satu hal yang menarik dari Jepang adalah banyaknya tempat wisata yang bisa dikunjungi. Di Jepang sendiri cukup beragam jenis wisata yang bisa dipilih, mulai dari wisata religi, budaya, hingga wisata alam.

Bagi kamu penggemar anime atau manga kucing ajaib Doraemon, tentu kamu tahu bahwa di Jepang terdapat sebuah Museum Doraemon yang terletak di wilayah Tokyo bukan? Nah kabar gembira untuk penggemar Detektif Conan, karena kamu juga bisa mengunjungi Kota Conan yang ada di Jepang.

patung ran conan

Berbeda dengan Museum Doraemon yang dibangun di wilayah Tokyo yang notabene berada di salah satu kota terpadat Jepang, Kota Conan berada di Prefektur Tottori tepatnya di Kota Hokueichou. Pendirian Kota Conan di tempat ini bukan tanpa alasan, karena faktanya Kota Hokueichou adalah tempat kelahiran Aoyama Gosho, sang maestro serial Detektif Conan.

patung ran sinichi

Di kota ini, kamu akan dapat melihat segala hal yang berbau Detektif Conan, mulai dari museum hingga patung-patung Detektif Conan yang tersebar di seluruh penjuru kota. Pendirian Kota Conan di sini selain untuk menghormati Aoyama Gosho juga sebagai bentuk strategi wisata agar kunjungan wisatawan ke daerah terpencil di Tottori ini meningkat.

Kamu juga harus tahu bahwa kota unik ini memiliki motto yaitu kota di mana kamu bisa menemui Detective Conan. Dari mottonya saja sudah terdengar seru dan menarik.

Stasiun Detektif Conan dan Museum Aoyama Gosho

stasiun DC

Kota Hokueichou ini diresmikan menjadi Kota Detektif Conan pada tanggal 15 Desember 2013. Salah satu tempat menarik di Kota Detektif Conan yang wajib dan pasti dikunjungi oleh para wisatawan adalah Stasiun Detektif Conan. Stasiun ini awalnya bernama Stasiun Yura yang beroperasi di jalur kereta milik JR yaitu JR San-in line yang menghubungkan Tottori dan Osaka.

detective-conan-train-tottori-big

Selain menjalankan kereta JR yang notabene milik perusahaan kereta Japan Railway, Stasiun Yura juga menjalankan kereta Detektif Conan yang beroperasi pada jam-jam tertentu saja. Seperti namanya, kereta yang satu ini dihiasi dengan ilustrasi Detektif Conan. Bukan hanya tampilan luar, namun interior dalam kereta juga penuh dengan kejutan dari cerita-cerita manga Conan.

patung lucu conan

Selain ada kereta unik, di Stasiun Yura ini kamu akan menemukan toko-toko yang menjual pernak-pernik Detektif Conan. Kabar gembiranya pernak-pernik ini hanya bisa kamu temukan di tempat ini. Jadi pastikan kamu membeli supaya tidak menyesal.

patung shinichi di depan museum Aoyama Gosho

Dari Stasiun Yura atau Stasiun Detektif Conan ini kamu lalu dapat mengunjungi Museum Aoyama Gosho hanya dengan berjalan kaki selama 15 menit. Serunya, dalam perjalanan sejauh 1,4 km ini kamu akan menemukan berbagai macam patung Detektif Conan dan karakter-karakter dalam manga DC dengan berbagai pose. Jadi sudah dipastikan, perjalanan yang seharusnya hanya menghabiskan waktu 15 menit akan menjadi semakin lama karena kamu pasti sibuk mengambil foto dengan patung-patung lucu ini.

Museum Aoyama Gosho

Di Museum Aoyama Gosho, kamu akan dimanjakan dengan toko-toko souvenir, perpustakaan dan bahkan ada replika ruang kerja sang maestro Aoyama Gosho, gim interaktif papan selancar, dasi kupu-kupu pengubah suara, pertunjukan Detektif Conan dalam berbagai bahasa, dan lain-lain. Pokoknya semua yang berhubungan dengan Detektif Conan ada di museum ini. Bagi kamu penggemar manga ini, kamu benar-benar harus datang ke tempat ini karena perjalanan panjang Anda akan terbayar lunas.

Akses Menuju Kota Conan

Bagi kamu yang ingin mengunjungi Kota Conan ada tiga alternatif yang bisa digunakan untuk sampai ke kota ini, yaitu dengan pesawat, shinkansen dan kereta. Karena meskipun tidak sebesar Tokyo, Tottori juga memiliki bandara. Bahkan di Tottori terdapat dua bandara yang bisa kamu tuju, yaitu Bandara Tottori di sebelah timur dan Bandara Yonago di sebelah barat. Kabar gembiranya Kota Conan berada di antara kedua bandara ini. Jadi kamu yang memilih akses menggunakan pesawat dapat memilih di antara kedua bandara ini. Namun sebagai catatan, kedua bandara ini belum mengakomodasi penerbangan internasional. Untuk kamu yang ingin mengunjungi Kota Conan, kamu?dapat melihat beberapa contoh rute berikut ini:

Dari Tokyo Menggunakan Pesawat

Bagi kamu yang ingin mengakses Kota Conan dari wilayah Tokyo, maka dapat menggunakan transportasi udara. Pilihan ini juga dapat digunakan untuk kamu yang langsung ingin mengakses Kota Conan menggunakan penerbangan sambungan dari negara asalmu. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa Prefektur Tottori memiliki 2 bandara, maka rute yang akan diberikan ada dua yaitu:

Bandara Haneda atau Narita (Tokyo) – Bandara Tottori (Tottori) menggunakan pesawat domestic (ANA atau Japan Airlines).

Stasiun Tottori (Tottori) – Stasiun Tottori Daigaku-Mae (Tottori) dengan berjalan kaki 15 menit.

Stasiun Tottori Daigaku-mae – Stasiun Detective Conan dengan JR San-in Main Line.

Total waktu yang kamu tempuh kereta adalah 1 jam 24 menit.

Bandara Haneda atau Narita – Bandara Yonago (Tottori) menggunakan pesawat domestik (ANA atau Japan Airlines).

Stasiun Bandara Yonago – Stasiun Yonago dengan JR Sakai Line.

Stasiun Yonago – Stasiun Detektif Conan dengan JR San-in Main Line.

Total waktu tempuh kereta 1 jam 55 menit.

Dari Tokyo Menggunakan Shinkansen

Alternatif kedua bagi kamu yang ingin mengunjungi Kota Conan dari Tokyo adalah menggunakan shinkansen. Berikut adalah rute yang dapat ditempuh:

Stasiun Tokyo – Stasiun Himeji (Prefektur Hyogo) dengan JR Tokaido-Sanyo Shinkansen.

Stasiun Himeji – Stasiun Kurayoshi (Prefektur Tottori) dengan JR Special Express Super Hakuto.

Stasiun Kurayoshi – Stasiun Yura (Prefektur Tottori) dengan JR Local Sain-in Main Line.

Total waktu yang akan ditempuh adalah 5 jam 46 menit.

Dari Osaka Menggunakan Kereta

Kamu yang sedang berlibur di Osaka dapat langsung mengunjungi Kota Conan karena Osaka merupakan salah satu kota yang sedikit lebih dekat dengan Tottori. Dengan menggunakan kereta, kamu dapat mencapai Kota Conan dalam waktu 3 jam 38 menit. Berikut ini adalah rute perjalanannya:

Stasiun Osaka (Osaka) – Stasiun Kurayoshi (Tottori) dengan JR Special Express Super Hakuto.

Stasiun Kurayoshi (Tottori) – Stasiun Yura (Tottori) dengan JR Local Sain-in Main Line.