Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Comment card adalah sebuah kertas yang digunakan untuk menanyakan kepada konsumen mengenai pelayanan dan lain sebagainya. Biasanya comment card ini digunakan oleh para pemilik restoran, hotel, hingga penyedia jasa lainnya. Bagi sebagian pebisnis, comment card ini sangat diperlukan. Sebab, melalui comment card pihak perusahaan akan mengetahui apa yang perlu diperbaiki dan yang ditambahkan. Seperti berikut ini fungsi comment card yang perlu diketahui.

1. Sebagai Media Komunikasi Antara Manajemen dengan Tamu

fungsi-comment-card-01

Comment card ini berfungsi sebagai media komunikasi antara manajemen sebuah restoran atau hotel dengan tamu. Penilaian tersebut sebagai ajang evaluasi yang perlu diperbaiki atau dipertahankan. Penilaian ini meliputi pelayan karyawan, suasana, hingga kelengkapan pesanan atau peralatan dalam hotel.

Baca juga : Inspirasi Bisnis Cafe Bertema Buku yang Perlu Diketahui

2. Sebagai Dasar Metode Pembelajaran Para Karyawan Training

Banyaknya kritikan yang tertulis dalam comment card membuat pengelola mendapatkan materi pembelajaran baru untuk para karyawan training. Hal ini bertujuan untuk kemajuan kualitas sebuah restoran atau hotel, dan lain sebagainya. Pemberian pembelajaran ini diberikan secara berkala, dengan tujuan agar para karyawan dapat belajar cara melayani tamu dengan baik dan benar. Sehingga tidak akan terus berkelanjutan membuat para tamu merasa kecewa dengan pelayanan.

3. Sebagai Bahan Evaluasi Para Manajemen Menghasilkan Service Excellent

fungsi-comment-card-05

Comment card juga dapat menjadi bahan evaluasi para manajemen. Hal ini memiliki maksud dan tujuan agar semakin kedepannya memberikan pelayanan yang terbaik dan memukau bagi para tamu. Sangat cocok untuk Anda yang memiliki bisnis dalam hal pelayanan jasa. Seperti restoran dan hotel.

4. Sebagai Bahan Penilaian Kinerja Kerja Karyawan

fungsi-comment-card-04

Banyaknya keluhan yang diutarakan oleh para pelanggan, akan berakibat buruk terhadap karir karyawan tersebut. Hal ini dapat terjadi karena penilaian awal adalah antara tamu dengan karyawan secara langsung. Sehingga comment card dapat menjadi pertimbangan terhadap kinerja karyawan tersebut untuk kedepannya.

Baca juga : Lakukan Hal Ini Sebelum Membangun Bisnis Coffee Shop

5. Sebagai Bahan Perencanaan Manajemen

fungsi-comment-card-03

Karena sudah banyaknya ulasan dari para tamu, dan diterima dengan baik. Maka pihak manajemen akan mulai melakukan perencanaan untuk memperbaiki apa yang kurang dan dibutuhkan para konsumen. Oleh sebab itu, bagi sebagian orang akan merasa berbeda ketika mereka kembali kesana di waktu lain. Jika waktu itu, pelayanan kurang maka sewaktu mereka kembali pelayanan menjadi sangat baik. Ini merupakan efek dari comment card tersebut.

Itulah fungsi comment card yang perlu diketahui sebelum Anda membuat sebuah bisnis dalam bidang jasa. Anda juga harus menyiapkan comment card di setiap meja tamu. Sehingga para tamu dapat mengungkapkan dengan bebas mengenai pelayanan dan lain sebagainya. Selain itu, Anda juga mendapatkan pembelajaran terbaru dari comment card tersebut. Jika Anda ingin membuat atau mencetak comment card, dapat langsung membuatnya secara online di Uprint.id. Anda hanya perlu melakukan pemesanan melalui website resmi Uprint.id dan kemudian pesanan segera dikerjakan.