Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Indonesia sebagai salah satu negara dengan populasi terbesar di dunia menjadi pangsa pasar yang sangat empuk untuk berbagai bisnis dari seluruh negara. Karena itulah berbagai perusahaan menjadikan Indonesia sebagai pusat bisnisnya, baik perusahaan lokal maupun yang berasal dari luar negeri. Inilah yang menyebabkan gedung-gedung bertingkat yang ditujukan sebagai perkantoran menjamur di Indonesia, terutama Jakarta.Membangun gedung ternyata bukan hanya sekedar urusan membuat ruang yang cukup besar untuk perkantoran, tapi juga bagaimana mendesain sebuah gedung agar mempunyai nilai lebih dalam hal estetika, sehingga enak dilihat mata. Berikut kami susun daftar Gedung Terindah di Indonesia, dengan filosofinya masing-masing:

Gedung Soeman HS, Pekanbaru, Riau

Gedung Terindah - dipenda.pekanbaru.go.id

Nama Soeman HS diambil dari nama pujangga kenamaan asal Riau, yang juga merupakan keturunan Tapanuli. Perpustakaan provinsi Riau ini juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan arsip nasional. Gedung ini terdiri dari 6 lantai, yang terdiri dari ruang baca dan ruang penyimpanan buku, auditorium, Bilik Budaya Melayu, kafe, Energy Corner dan lain sebagainya. Bilik Budaya Melayu menyimpan berbagai literatur yang berhubungan dengan budaya Melayu.

Arsitektur gedung ini terinspirasi dari bentuk meja kecil untuk membaca Al-Quran, yang dikenal juga dengan rehal. Hebatnya, gedung ini berhasil meraih penghargaan sebagai pustaka dengan desain terbaik di ASEAN, mengalahkan 19 nominasi lainnnya yang berasal dari delapan negara ASEAN. Dewan juri menganggap Gedung Pustaka Soeman HS ini berhasil memadukan karakter budaya lokal tanpa meninggalkan sisi modern dengan kualitas pembangunan yang dinilai mumpuni. Hal inilah yang membuat gedung ini termasuk dalam salah satu gedung terindah diIndonesia.

Pusat Kepemimpinan WIKASatrian Indonesia

Sumber: 3.bp.blogspot.com

Gedung paling indah di Indonesia selanjutnya adalah milik kontraktor negara, WIKA, yang dikhususkan untuk pengembangan sumber daya manusia dan bersifat umum. Arsitekturnya sendiri banyak mengadopsi falsafah pewayangan Jawa, yang dapat dilihat dari penamaan bangunan-bangunannya, di antaranya Giri Sasana, Giri Wijaya, Giri Budaya, Giri Pustaka dan Giri Boga.

Salah satu gedung terindah di Indonesia ini menawarkan pemandangan ke tiga penjuru yang berbeda, antara lain Gunung Pangrango, Gunung Salak dan Gunung Geulis. Dengan lokasi begitu dekat dengan alam, pembangunan gedung ini diharapkan dapat mendekatkan para peserta latih?dengan Tuhan, manusia dan alam sehingga dapat melahirkan para pemimpin yang berbudi luhur yang modern serta bercirikan kearifan Indonesia.

The Breeze

Sumber: thebreeze.bsdcity.com

Dirancang oleh seorang arsitek asal Amerika Serikat Jerde, The Breeze menampilkan konsep mal tanpa sekat dengan ruang terbuka hijau, atau dikenal juga dengan istilah open air lifestyle. Hal ini sesuai dengan prinsip pengembangnya, yaitu Sinar Mas Land, yang mengedepankan kelestarian lingkungan dalam perjalanan bisnisnya.

Sebagai sebuah mal, The Breeze menempatkan para penyewa di lima gedung terpisah yang terdapat di area terbuka tersebut. Selain menjadi salah satu gedung paling indah di Indonesia, The Breeze juga sempat masuk dalam nominasi Mipim Awards, yaitu yang memperlombakan gedung-gedung dengan desain terbaik di dunia. Di samping itu, The Breeze ternyata masuk sebagai salah dari 40 gedung lainnya untuk kategori Pusat Perbelanjaan Terbaik di dunia.

Hotel Manhattan

Sumber: pix6.agoda.net

Hotel berbintang lima yang terletak di kawasan segitiga emas di Jakarta Selatan ini menggabungkan desain dan arsitektur bergaya hotel-hotel di New York. Gedung ini diarsiteki oleh Denton Corker Mashall Architechs, firma arsitek asal Melbourne, Australia.

Jika tidak diperhatikan dengan baik, hotel ini terlihat seperti layaknya hotel kebanyakan. Tapi begitu kita alihkan pandangan ke atas, maka akan segera terlihat pemandangan yang sangat unik. Salah satu bagian teratas gedung tersebut terlihat seperti permainan Uno Stacko, yang salah satu baloknya sedang berusaha dikeluarkan dari susunannya. Hasilnya, beberapa lantai terlihat lebih menjorok keluar jika dibandingkan dengan lantai-lantai sekitarnya.

Menara UOB Buana

Gedung Terindah di Indonesia - Gedung UOB

Jika Hotel Manhattan terlihat seperti permainan Uno Stacko, maka UOB Buana yang berlokasi di Jalan Jendral Soedirman lebih terlihat seperti susunan lego. Bentuk gedung yang asimetris menjadi ciri khas gedung yang beralamat di Jalan MH Thamrin ini dengan banyak balok yang menonjol di banyak tempat.

Gedung dengan 44 lantai ini sebenarnya direncanakan untuk menjadi hotel, yang dalam perjalanannya akhirnya beralih fungsi menjadi gedung perkantoran. Warna jendela yang didominasi dengan warna biru tua menjadikan kawasan di Jalan MH Thamrin menjadi lebih segar dipandang mata.

Menara Palma

Gedung Terindah di Indonesia - Menara Palma

Gedung paling indah di Indonesia selanjutnya berbentuk menyerupai huruf A. Menara berbentuk huruf A? Ya, itulah Menara Palma yang terletak di daerah Kuningan, Jakarta. Salah satu menaranya memiliki memiliki sudut kemiringan yang berbeda dan terlihat seperti sedang bersandar di menara lainnya.

Arsitek yang ditunjuk oleh pemiliknya, yaitu DCM, memiliki misi khusus. Mereka dituntut untuk dapat mendesain gedung yang mencerminkan manajemen modern dari perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan tersebut. Dengan desain yang unik tersebut, Menara Palma diharapkan dapat memberikan kontribusi yang positif terhadap kaki langit kota Jakarta.

Bakrie Towers

Gedung Terindah di Indonesia - bakrie Towers

Gedung yang terletak di bilangan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta ini tergolong sebagai gedung perkantoran kelas premium dengan grade A+, dan menjadi salah satu gedung paling indah di Indonesia. Gedung yang dimiliki oleh Bakrie Group ini selesai dibangun pada tahun 2008 dengan tinggi gedung mencapai 210 meter!

Dikembangkan oleh PT Bakrieland Development, gedung ini sangat unik karena bentuknya yang terlihat meliuk-liuk, lebar serta asimetris. Twist style yang tidak wajar dan desainnya yang merupakan suatu interlock. Penggunaan kaca berwarna biru gelap turut membuat gedung ini terlihat sangat eksotis.

The Crystal of Knowledge, Universitas Indonesia, Depok

Gedung Terindah di Indonesia - UI

Ini adalah perpustakaan yang terletak di kompleks Universitas Indonesia, Depok. Berlokasi di pinggir sebuah danau, perpustakaan seluas 2,5 hektar ini menampung lebih dari enam juta koleksi buku dari berbagai disiplin ilmu.

Menara Pinisi, Universitas Negeri Makassar

Gedung Terindah di Indonesia - Menara Pinisi

Terletak di kompleks Kampus Universitas Negeri Makassar, gedung ini terinspirasi dari simbol khas masyarakat Bugis, yaitu perahu pinisi. Gedung ini juga memiliki nama lain yaitu Tellu Cappa yang artinya adalah tiga puncak.

Gedung dengan 17 lantai ini didesain oleh pemenang sayembara arsitektur gedung bernama Yu Sing. Konsep utamanya adalah pendalaman kearifan lokal yang dipadukan dengan pembangunan gedung modern masa kini.

Bina Nusantara, Alam Sutera, Tangerang

Gedung Terindah di Indonesia - Binus University

 

 

 

 

 

 

Tidak mau kalah dari Universitas Indonesia, kampus Bina Nusantara pun membuat gedung perkuliahan yang juga mencerminkan semangat go green. Dengan membuat banyak jendela yang besar, salah satu Gedung Terindah di Indonesia ini bisa mengurangi penggunaan jumlah lampu yang cukup signifikan, terutama pada pagi dan siang hari. Gedung ini juga memiliki sistem penampungan air hujan yang baik. Hal ini diharapkan dapat membantu mengatasi krisis air tanah yang saat ini sudah mulai terasa dampaknya.

cetak flyer