Setelah Ujian Nasional terlewati pasti yang kamu rasakan adalah perasaan lega dan bahagia. Apalagi setelah Ujian Nasional selesai, pasti tidak ada pelajaran di sekolah apalagi tugas. Pada awalnya hal ini pasti akan sangat menyenangkan. Tapi lama-kelamaan hal itu akan jadi membosankan karena kamu tidak melakukan kesibukan apapun. Nah, berikut ini beberapa saran kegiatan yang harus kamu lakukan setelah UN .  

1. Liburan

setelah UN 6

Setelah menghadapi Ujian Nasional yang membuat stres, tidak ada salahnya kalau kamu menyempatkan diri untuk berlibur. Berlibur dengan teman-temanmu akan menjadi hal yang sangat menyenangkan dan bisa me-refresh otak. Tapi, berliburlah secukupnya dan mulai untuk melakukan kegiatan lain yang bermanfaat.

2. Cari informasi tentang kuliah

setelah UN 5

Setelah UN, bukan berarti kamu harus bermalas-malasan terus. Bagi kamu yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya, ada baiknya kalau kamu mulai menghimpun banyak informasi tentang dunia perkuliahan. Dimulai dari jurusan kuliah, tes masuk, biaya kuliah sampai kampus mana yang ingin kamu masuki. Kamu bisa mendiskusikan hal ini dengan teman-temanmu, guru dan orang tua.

3. Belajar lagi buat ujian masuk Perguruan Tinggi

setelah UN 2

Ujian Nasional bukan ujian terakhir yang kamu hadapi. Bagi kamu yang melanjutkan kuliah, kamu masih harus mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian masuk Perguruan Tinggi. Tentu tidak mudah untuk masuk ke Perguruan Tinggi impian kalau kamu hanya bermalas-malasan. Lebih baik waktu luangmu yang sangat panjang ini kamu gunakan semaksimal mungkin untuk belajar. Kamu bisa melakukannya sendiri di rumah, atau juga bisa mengikuti lembaga bimbingan belajar.

4. Magang

setelah UN 3

Waktu luang yang sangat panjang setelah UN juga bisa kamu isi dengan kegiatan-kegiatan positif. Salah satu kegiatan positif yang juga bisa menghasilkan adalah magang. Dengan magang di perusahaan, kamu akan mendapat banyak sekali manfaat. Selain pastinya mendapat uang/gaji dari hasil kerjamu, kamu juga bisa mengetahui seperti apa dunia kerja. Kamu juga akan bertemu orang-orang baru yang tentunya akan menambah wawasan dan pengetahuanmu serta mentalmu akan lebih tangguh.

5. Menekuni hobi

setelah UN 1

Selama mempersiapkan UN, tentu kamu tidak banyak memiliki waktu luang untuk melakukan hobimu. Nah, karena sekarang kamu memiliki waktu luang yang sangat banyak, tidak ada salahnya kalau kembali menekuni hobimu. Kamu bisa juga mengikuti kompetisi. Jika berhasil, tidak hanya prestasi yang akan didapat, tapi juga bonus hadiah.

6. Belajar bahasa inggris

setelah UN 4

Jika selama ini kamu hanya belajar bahasa inggris untuk mendapatkan nilai sempurna dalam pelajaran, maka sepertinya ilmu bahasa inggrismu akan terlupakan dengan mudah. Padahal di dunia kerja dan perkuliahan, kemampuan bahasa inggris sangat penting lho. Nah, libur panjang ini bisa kamu manfaatkan untuk mengasah kembali kemampuan bahasa inggrismu.

Belajar bahasa inggris nggak harus dengan ikut les. Kamu bisa belajar bahasa inggris dengan menonton film bersubtitile bahasa inggris, menghafalkan lirik lagu bahasa inggris dan mencari tahu artinya atau kamu juga bisa membaca cerita atau novel berbahasa inggris. Seru sekali kan?

Ternyata banyak sekali ya hal-hal yang bisa kamu lakukan setelah UN selain bermalas-malasan. Kalau kamu berhasil melakukan hal-hal di atas, berarti kamu sudah cukup produktif dan memanfaatkan waktumu semaksimal mungkin.

uprint percetakan online indonesia