Rumah merupakan tempat melepas lelah bagi kebanyakan orang. Setelah beraktivitas seharian tentu Anda akan merasa lebih baik jika sudah menginjakkan kaki di rumah bukan? Namun permasalahannya terkadang Anda akan terserang rasa bosan terhadap suasana rumah yang sebenarnya nyaman namun terasa begitu-begitu saja. Jika pada dasarnya kamu adalah tipikal orang yang mudah bosan, tentunya mendekorasi ulang perabotan yang ada di dalam rumah adalah kegiatan wajib di akhir pekan.

Tidak ingin kelelahan dengan mengatur ulang letak perabotan? Anda dapat mencoba menciptakan suasana berbeda dengan hammock.

Apa Itu Hammock?

indoor-hammock-for-children

Mungkin beberapa dari kamu ada yang mengenal benda yang satu ini dan pasti ada pula yang belum mengenalnya. Hammock sendiri merupakan tempat tidur gantung berbahan kain yang dijadikan seperti ayunan dengan kedua ujungnya yang digantung. Umumnya jenis tempat tidur ini digunakan oleh orang-orang yang tinggal di daerah tropis.

Namun seiring perkembangan, hammock beralih fungsi. Hammock saat ini banyak digunakan bukan hanya sebagai tempat tidur, tapi juga sebagai tempat bersantai. Memang pada dasarnya hammock digunakan di luar ruangan (hal ini merujuk pada asal mula hammock yang digunakan di negara tropis), namun kini banyak orang yang menggunakan hammock sebagai furnitur yang bisa diletakkan di dalam rumah bahkan di dalam kamar juga.

Jenis-Jenis Hammock

white-hammock-swing-688x1024

Meski mengusung konsep sederhana bahwa hammock hanyalah seperti ayunan, namun kini hammock telah berkembang seiring dengan semakin kreatifnya manusia. Berikut ini adalah beberapa jenis hammock yang ada di berbagai belahan dunia :

  1. Hammock Kursi
  2. Hammock Tidur
  3. Hammock Jaring
  4. Hammock Ikat

Tips Memilih Hammock

indoor-hammock

Dalam membeli hammock, kamu harus mempertimbangkan beberapa faktor, mulai dari fungsi hammock yang kamu inginkan, penempatan hammock hingga kemudahan dalam pemasangan. Berikut ini adalah beberapa tips untuk memilih hammock :

  1. Pemilihan Bahan Hammock

Karena hammock pada dasarnya digunakan untuk tidur dan bersantai, maka kenyamanan adalah hal mutlak yang harus kamu dapatkan. Karena itu kamu harus memilih bahan hammock dengan tepat. Bahan yang paling direkomendasikan adalah parachute silk.

Kamu juga harus memastikan bahwa bahan hammock tersebut memungkinkan terjadinya pertukaran udara saat dipakai nantinya. Untuk memeriksanya kamu dapat mencoba menekankan hammock ke bagian mulut dan hidung Anda. Cobalah untuk menghirup napas, jika kamu kesulitan bernapas maka hammock tersebut tidak memungkinkan adanya pertukaran udara.

  1. Periksa Jahitan

Memeriksa jahitan sebelum membeli hammock itu penting karena nantinya hammock akan menahan beban kamu saat digunakan. Periksalah jahitan hammock dengan cara merasakan teksturnya. Jika tekstur terasa tajam maka jahitan hammock tersebut kurang baik. Jahitan yang direkomendasikan untuk hammock adalah sebanyak tiga lapis.

  1. Waspada Tali Pengait

Hammock memang memberikan kenyamanan ekstra apalagi jika diletakkan di tempat yang tepat. Namun senyaman apapun hammock, benda yang satu ini tetaplah berisiko. Kamu harus ekstra hati-hati saat memeriksa segala kelengkapan keamanan hammock. Salah satunya adalah tali pengait. Tali pengait yang sering digunakan untuk hammock adalah webbing dan nilon. Menurut beberapa sumber, tali pengait berbahan nilon lebih kuat dibandingkan webbing.

Inspirasi Penempatan Hammock

Hingga saat ini hammock masih menjaga fungsi utamanya yaitu sebagai tempat tidur gantung yang seringkali dimanfaatkan oleh para petualang ketika sedang bepergian. Namun bukan berarti bahwa kamu tidak bisa memanfaatkan hammock sebagai salah satu pemanis rumah. Tidak ada aturan baku yang menyebutkan bahwa hammock harus diletakkan di luar ruangan. Jadi silakan ciptakan suasana berbeda di rumah dengan hammock!

Berikut ini ada beberapa contoh desain ruangan yang semakin keren dengan bantuan hammock:

  1. Hammock di Kamar Anak

Hammock-Room-2-730x1024

Ayunan itu identik dengan anak-anak, jadi tidak ada salahnya memasang satu hammock berukuran sedang di kamar si buah hati. Pilihlah warna yang senada dengan warna furnitur dan cat kamar anak. Pastikan keberadaan hammock ini tidak mengganggu aktivitas anak di dalam kamar.

  1. Hammock Tempat Tidur Cocok Dipasang di Semua Tempat

Jika bingung memilih ruangan yang ingin kamu pasangi hammock, kamu tidak perlu khawatir karena hammock ini sangat mudah membaur dengan ruangan manapun.

Hammock-Room-3

Hammock-Room-4

Hammock-Room-1

Kamu bisa memasangnya di balkon, ruang kerja hingga ruang bersantai. Pastikan saja untuk memilih hammock yang berwarna senada dengan konsep rumah.

  1. Hammock Kursi di Luar Ruangan

Hammock-Room-5

Kembali ke fungsi asalnya sebagai tempat bersantai di luar ruangan, kamu dapat memasang hammock di teras depan ataupun teras belakang rumah. Kamu mungkin juga bisa memasang hammock di taman rumah. Berbaur dengan alam itu menakjubkan, ubahlah suasana hati dengan menikmati waktu bersantai di hammock kursi gantung bersama dengan belaian angin serta terpaan sinar matahari.

Semoga beberapa inspirasi desain ruangan dengan hammock di atas dapat membantu kamu yang ingin mencoba mengubah suasana hunian tanpa harus repot mengatur ulang letak perabotan atau furnitur rumah. Selamat berkreasi bersama hammock.