Ingin traveling tapi terkadang memiliki kendala mengenai keuangan, sehingga hanya menjadi wacana. Nah, jika seperti itu terus menerus maka akan selalu menjadi wacana. Untuk itu cobalah melakukan cara berhemat seperti ini. Berikut tips hemat untuk traveling.

1. Menahan Diri untuk Jajan

hemat untuk traveling 01

Jika selama ini Anda tidak pernah bisa menahan diri untuk jajan. Maka saat ini waktu yang tepat untuk berhemat. Dengan tujuan hemat untuk traveling. Pastikan Anda menyisihkan uang atau bahkan mengurangi jatah untuk jajan seperti biasanya.

Baca Juga : Ide Seru Liburan Hemat Tanpa Mengeluarkan Banyak Uang

2. Mengurangi Kebiasaan Berbelanja

manajemen keuangan yang buruk 05

Anda dapat juga melakukan berhemat dengan cara mengurangi keinginan untuk berbelanja. Apalagi berbelanja kebutuhan yang tidak penting. Cobalah untuk menahan diri agar mengurangi bahkan menghilangkan kebiasaan berbelanja setiap bulannya.

3. Jual Benda-benda yang Tidak Dipakai

hemat untuk traveling 02

Nah, sekarang cobalah bongkar lemari Anda dan lihatlah berapa banyak barang yang dimiliki. Carilah yang masih terlihat baru dan cobalah menjual barang-barang tersebut. Anda bisa menjual barang-barang tersebut di media sosial.

Baca Juga : Siapa Bilang Tanggal Tua Gak Bisa Traveling? Ini Dia Tipsnya

4. Sewa Kamar Kost yang Lebih Murah Namun Tetap Nyaman

hemat untuk traveling 03

Saat ini banyak kamar kost yang menyediakan fasilitas lengkap namun harga yang tidak murah juga. Namun, tidak sedikit juga kamar kost yang memiliki fasilitas standar dengan harga yang murah. Nah, jika Anda ingin selalu dapat traveling dan memiliki banyak uang cobalah memilih kamar kost dengan harga sewa yang murah dan tetap nyaman. Sehingga dapat menyisihkan uang sedikit.

5. Cari Dana Tambahan Menjadi Freelancer

hemat untuk traveling 04

Anda juga dapat menjadi freelancer untuk menambah tabungan. Lowongan kerja part time atau freelance sudah semakin banyak. Bahkan secara online pun ada, untuk itu tidak ada salahnya mencoba beberapa pekerjaan dengan menjadi freelancer.

Itulah beberapa tips hemat untuk traveling, agar selalu bisa merasakan traveling setiap bulannya atau bahkan setiap minggu. Berhemat juga tidak hanya untuk traveling, bahkan dapat digunakan memiliki tabungan ketika ada keperluan mendadak.