Saat teman-teman kamu sedang jatuh atau terpuruk kadang kita senang sekali menyerbu mereka dengan petuah atau quote-quote yang bertebaran di banyak tempat. Tapi tahukah kamu kalau tak semua quote itu baik untuk diucapkan dalam kondisi tertentu? Berikut ini ada beberapa quote yang bisa jadi malah menyerang orang yang kamu sayangi. Alih-alih menyemangati, quote ini malah membuat mereka semakin terpuruk.

1. Segala sesuatu yang tidak membunuhmu akan membuatmu kuat

gkdi artikel 01 - kekuatan diri

Barangkali benar, hal-hal yang tidak membunuh kita justru membuat kita kuat. Tapi jangan katakan ini pada orang yang sedang merasa lemah dan tidak kuat. Jiwa mereka akan mengalami penolakan keras. Kemungkinan malah mereka akan semakin merasa bersalah karena mereka memang tidak kuat menghadapi persoalan yang sedang hadir.

Baca juga : Perkataan yang Dibumbui Garam: Kuasa di Dalam Kata

2. Bahagia itu Pilihan

gkdi artikel 02 - bahagia

Memang benar, ada saat-saat di mana kita akan punya sikap dan sanggup membuat keputusan kalau kebahagiaan itu kita yang pilih. Tapi ada kalanya kebahagiaan justru dipengaruhi banyak hal di sekeliling kita. Masa lalu, keluarga, trauma, dan kebencian orang sekitar, misalnya. Segala sesuatu yang pada akhirnya membuat kita sulit untuk berbahagia. Nyatanya menyadari bahwa bahagia itu pilihan kadang-kadang tidak semudah yang diucapkan. Daripada mengatakan bahwa bahagia itu pilihan, lebih baik kamu berikan pelukan atau sediakan telingamu untuk mendengarkan.

3. Ketika hidup memberimu lemon maka kamu bisa membuat limun

gkdi artikel 03

Memang kita bisa berusaha membuat keadaan yang tak nyaman jadi lebih baik. Tapi tentu saja itu butuh proses yang sangat panjang. Mengubah lemon jadi limun memang sangat mungkin, tapi itu juga kalau kita masih punya tenaga untuk mengubahnya. Setelah berusaha belum tentu juga berhasil, lo. Kadang-kadang mengambil keputusan untuk pergi dan mencari buah lain rasanya lebih memungkinkan. Untuk apa memaksakan minum limun kalau kita tak suka?

4. Waktu akan menyembuhkan semua luka

gkdi artikel 04

Ada beberapa luka yang memang sembuh seiring berjalannya waktu. Tapi percayalah ada beberapa luka yang akan menjadi bagian diri kita seumur hidup. Bahkan jika kita sudah mampu memaafkan. Luka itu akan tetap melekat dan kita harus hidup bersamanya. Jadi, daripada memaksa orang untuk sembuh, lebih baik terima dia dengan dirinya yang baru.

Baca juga : Lakukan 6 Hal Ini agar Talenta Kamu Kembali kepada Tuhan

5. Segala sesuatu terjadi karena ada alasan.

gkdi artikel 06

Jangan katakan ini pada orang-orang yang belum menemukan alasan kenapa segala sesuatu harus terjadi dalam hidupnya. Seringnya, alasan-alasan itu akan ditemukan dalam hitungan hari, bulan bahkan tahun. Dan alasan ini tak pernah bisa diperkirakan. Selalu datang dengan cara dan waktu yang ajaib. Kadang-kadang malah  orang yang sedang terpuruk akan menjadikan: aku belum menemukan alasan kenapa ini terjadi, sebagai tameng untuk membenarkan kejatuhan mereka.

Gimana, sekarang kamu akan jadi jauh lebih berhati-hati untuk memberikan banyak quote saat temanmu jatuh, bukan? Kadang-kadang di saat terburuk orang tidak lagi butuh banyak nasihat, mereka hanya butuh ditemani. Menjadi sahabat terbaik mereka saat badai datang, rasanya cukup membuat mereka kuat melewati segala sesuatu.