Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Souvenir pernikahan adalah sebuah hadiah yang diberikan oleh pengantin kepada tamu undangan. Tidak jarang ide souvenir pernikahan selalu dicari oleh pasangan calon pengantin. Ada beberapa calon pengantin yang pernikahannya mengambil konsep dan tema go green. Anda dapat menggunakan beberapa ide souvenir berikut ini untuk memeriahkan dan mengkampanyekan tentang go green.

1. Satu Set Sedotan Bambu

Sedotan bambu akan menjadi ide souvenir yang unik, simpel, dan bermanfaat. Anda dapat memberikan hadiah sedotan dari bambu ini kepada tamu undangan. Karena mengusung tema natural, Anda juga harus mengemas souvenir dengan kemasan yang ramah lingkungan. Misalnya menggunakan kertas daur ulang serta kain pembungkus yang dapat digunakan kembali. Dengan begitu, konsep pernikahan dan souvenir dapat berjalan sesuai keinginan.

Baca juga : Manfaat Memberikan Souvenir Botol Minum yang Perlu Dipertimbangkan

2. Botol Minum atau Tumbler

ide-souvenir-pernikahan-tumbler

Jika Anda memiliki budget yang lebih, tidak ada salahnya untuk memberikan souvenir berupa botol minum atau tumbler. Berikan tumbler yang dicetak dengan inisial nama Anda dan pasangan. Anda dapat membuatnya dengan mudah di Uprint.id. Pilihlah tumbler yang akan digunakan sebagai souvenir, kemudian Anda dapat mengupload desain template secara langsung. Selain simpel dan bermanfaat, memberikan tumbler ini juga mengajak tamu untuk mengurangi penggunaan botol kemasan air mineral.

3. Sapu Tangan atau Handuk Kecil

ide-souvenir-pernikahan-sapu-tangan

Ide souvenir berikutnya adalah memberikan sapu tangan atau handuk kecil untuk tamu undangan. Memberikan hadiah saputangan atau handuk kecil ini dapat mengurangi penggunaan tisu yang berlebih. Anda dapat juga mencetaknya dengan menambahkan inisial nama pengantin. Carilah sapu tangan yang berbahan dasar katun atau yang biasa digunakan sebagai handuk. Dengan begitu, sapu tangan dapat digunakan secara maksimal. Sebab, menggunakan sapu tangan berbahan dasar kurang menyerap air, akan menyebabkan kulit gatal dan mudah iritasi. Untuk menghindari hal tersebut, yang harus digunakan adalah sapu tangan berbahan serap air.

4. Perlengkapan Makan dari Bambu

ide-souvenir-pernikahan-perlengkapan-makan

Ide souvenir selanjutnya adalah perlengkapan makan dari bambu. Anda dapat memberikan perlengkapan makan seperti sendok dan garpu berbahan dasar bambu. Dengan begitu secara tidak langsung Anda mengajak para tamu undangan untuk kembali melindungi alam. Souvenir pernikahan seperti ini jarang digunakan. Untuk itu, jadilah Anda orang kesekian yang memberikan perlengkapan makan dari bambu untuk menjaga keseimbangan lingkungan.

Baca juga : Ide Souvenir untuk Konsep Pernikahan Zero Waste

5. Bibit Tanaman

Anda dapat juga memberikan souvenir berupa bibit tanaman bunga atau buah. Hal tersebut bertujuan untuk mengajak tamu menanam kembali tumbuhan yang akan membantu memulihkan keseimbangan bumi. Berikan jenis bibit tanaman yang mudah untuk ditanam di rumah. Seperti bunga-bungaan atau buah-buahan berupa jambu, apel, atau jeruk. Dengan memberikan bibit tanaman ini, juga akan mengajarkan bagaimana cara menghasilkan makanan sendiri untuk dikonsumsi.

Itulah beberapa jenis ide souvenir pernikahan yang dapat mengajak tamu undangan untuk beralih ke kehidupan alam dan menjaga alam agar tetap seimbang. Jangan lupa juga untuk memberikan atau mengemas souvenir dengan kemasan yang didaur ulang