Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Ikan hias air tawar merupakan binatang laut yang dapat dipelihara di aquarium. Bentuk dan jenisnya yang beragam, membuat ikan hias ini selalu diburu untuk dijadikan peliharaan. Tidak heran juga jika cara perawatannya tidak semudah yang dibayangkan. Jika Anda berencana membuat aquarium di rumah, maka pilihlah jenis ikan hias air tawar seperti berikut.

1. Ikan Hias Wakin

Ikan-Hias-Air-Tawar-01-Wakin

Ikan hias air tawar jenis Wakin ini masih tergolong ke dalam kategori ikan mas biasa. Masyarakat Jepang menamakannya Wakin karena bentuk fisiknya yang belum banyak berubah seperti Karper Krusian. Dengan bentuk yang agak bulat atau bundar, memiliki bentuk yang lebar, dan ekor memanjang. Sehingga membuat jenis ikan ini cocok dipelihara di aquarium. Terutama, gerakannya yang lambat akan membuat mata menikmati gerak-geriknya si Wakin ini.

Baca juga : Makanan Khas Bandung dan Lokasi yang Direkomendasikan untuk Mencicipnya

2. Ikan Hias Discus

Ikan-Hias-Air-Tawar-02-discus

Jenis ikan hias discus ini memiliki bentuk yang unik. Jika Anda melihat dari sudut pandang depan maka tubuhnya terlihat pipih, sedangkan saat Anda melihatnya dari arah samping maka akan terlihat tubuhnya yang lebar. Ikan hias air tawar ini memiliki nama latin Symphysodon Discus. Ikan yang berasal dari Amazon memiliki cukup banyak kategori jenisnya seperti Pearl Pigeon, Board Pigeon, Red Ribbon, Marlboro Red, Angel Blue Diamond , dan masih banyak lagi.

3. Ikan Hias Guppy

Ikan-Hias-Air-Tawar-03-guppy

Ikan hias Guppy memiliki nama latin Poecilia Reticulata. Ini merupakan ikan hias liar yang sering dijumpai di sekitar area persawahan. Namun jenis ikan yang liar ini tidak cocok untuk dipelihara dalam aquarium. Jadi jenis ikan yang cocok dipelihara adalah jenis Guppy yang lain. Dengan ciri-ciri pada ekornya yang mengembang seperti rok yang panjang. Ikan ini memiliki jenis dan warna yang sangat bervariasi, hampir semua warna ada pada jenis Guppy.

4. Ikan Hias German Blue Ram

Ikan-Hias-Air-Tawar-04-blue-ram

Ikan hias air tawar jenis ini adalah bagian dari jenis Cichlids yang berukuran kecil. Ikan ini memiliki karakteristik tenang dan pola warna yang bermacam-macam. Pada umumnya ikan jenis ini memiliki warna hijau dan kuning, serta adanya bintik biru pada bagian sirip. Ikan hias ini sangat cocok untuk dipelihara di dalam aquarium.

5. Ikan Hias Lemon

Ikan-Hias-Air-Tawar-05-lemon

Ikan hias Lemon memiliki nama latin Neolamprologus Leleupi. Ikan ini memiliki warna kuning dan bentuk yang seperti buah lemon. Ikan hias ini termasuk ikan hias yang agresif sehingga lucu jika saat beraksi di dalam aquarium. Selain indah dilihat, memandang ikan yang aktif akan membuat pikiran tenang. Itu yang dirasakan mereka para pecinta binatang laut.

Baca juga : Liburan Seru yang Membahagiakan, Cocok Dilakukan Saat Weekend Nih

6. Ikan Hias Betta

Ikan-Hias-Air-Tawar-06-betta

Ikan hias air tawar yang satu ini merupakan jenis ikan petarung. Pada jenis ikan betta jantan, memiliki beragam warna dibandingkan ikan jenis betina. Ada beragam banyak warna dari ikan betta ini seperti warna hitam, merah, kuning, putih, ungu, dan biru. Bahkan ada juga yang memiliki warna monokrom dengan dua atau lebih gradasi warna. Jenis ikan ini menjadi favorit di kalangan pecinta ikan.

Itulah beberapa jenis ikan hias air tawar yang dapat dijadikan peliharaan di dalam aquarium. Anda juga dapat menambahkan aksesoris seperti rumput-rumputan, bebatuan kerikil, dan lainnya. Jangan lupa juga untuk menyediakan air yang beroksigen agar kondisi ikan tetap stabil. Buatlah saluran air yang dapat mengubah air kotor menjadi air bersih. Bahkan jika perlu Anda dapat memberikan penyaring lumut sehingga mencegah pertumbuhan lumut yang membuat kondisi aquarium terlihat kotor.