Kardus merupakan wadah yang berbentuk kotak atau aneka macam dengan bahan dasar kertas. Kardus ini sangat praktis untuk digunakan. Kamu dapat menggunakannya sebagai wadah penyimpanan, atau bahkan untuk membawa barang belanjaan pengganti plastik. Tapi kalau kamu menggunakan kardus sebagai kemasan, dapat menggunakan inspirasi desain kardus seperti ini.

Kardus secara umum terbuat dari bahan kertas yang memiliki perbedaan ketebalan dari kertas itu. Ada 3 tipe kardus yang dikategorikan berdasarkan ketebalannya yang sering digunakan untuk bahan dasar kardus.

1. Double Wall

Bahan dasar untuk kardus yang satu ini terdiri dari 5 bagian kertas. 5 lapisan ini membuat kardus jenis ini sedikit lebih tebal dari jenis yang biasanya. Pada umumnya jenis kardus ini digunakan untuk kemasan barang elektronik, makanan, atau minuman. Dari semua jenis kardus yang membedakan hanyalah ketebalannya saja. Double wall kardus memiliki ketebalan 7 mm.

Baca juga : Macam-macam Desain Kemasan Corrugated Box

2. Triple Wall

Jenis kardus dengan bahan ini terdiri dari 7 lapisan dan memiliki ketebalan sampai 10 mm. karena tebalnya sangat berbeda, maka jenis kardus ini paling sering digunakan untuk pengiriman jarak jauh. Karena bentuknya yang kokoh membuat barang sedikit lebih aman dan lebih terlindungi.

3. Single Wall

Kardus tipe yang satu ini memiliki 3 lapisan kertas dengan ketebalan hanya sampai 2 mm saja. Jenis ini paling sering digunakan untuk mengemas bahan makanan, minuman, dan lain-lain. Sama fungsinya dengan double wall, hanya saja yang membedakan adalah lapisan kertas dan ukuran ketebalannya.

Setelah mengetahui jenis dan tipe kardus, saatnya kamu mengetahui inspirasi desain kardus untuk kemasan.

1.      Kertas Kraft

Seperti yang kalian lihat, jenis kardus ini sangat sering digunakan untuk bagian dalam atau luar kardus. Kardus dari kertas kraft seperti ini juga lebih terlihat alami atau natural. Sehingga kamu dapat menggunakannya dengan berbagai jenis hiasan di atasnya. Bahkan kamu dapat mencetak stiker atau label dan menempelkannya pada kemasan. Tidak hanya untuk kemasan makanan saja, kamu dapat menggunakan kardus dari kertas kraft ini untuk kemasan produk jadi seperti pakaian, dan peralatan fashion lainnya.

2.      Corrugated Box

Salah satu jenis kemasan dari kardus yang sangat kokoh dan terlihat lebih eksklusif ketika kamu menggunakannya sebagai kemasan. Corrugated box ini paling sering digunakan untuk mereka yang memiliki bisnis makanan, atau produk lainnya. kamu dapat mencetak corrugated box ini dengan desain serta pilihan bentuk dan warna yang sesuai dengan keinginan. Kamu bisa mencetaknya di Uprint.id.

3.      Desain Kardus Kemasan Selai

Memiliki usaha selai? Lagi bingung untuk mencari kemasan? Ini dia salah satu jenis kemasan selai yang terbuat dari kardus. Bentuknya yang unik dan mudah dibawa, menjadi salah satu keunggulan tersendiri bagi konsumen. Bahkan kamu dapat menambahkan beberapa hiasan lainnya untuk menambah kesan rumahan.

Baca juga : Ide Desain Corrugated Box

4.      Desain Kardus Kemasan Pakaian

Pelaku bisnis rumahan, atau skala besar sering menggunakan kardus untuk dijadikan kemasan produk mereka. Salah satunya jenis kemasan yang satu ini, memiliki bentuk yang simple, namun tetap memikirkan kerapian dari produk. Sehingga membuat produk tetap aman dan tidak merubah posisi selama dalam pengiriman.

5.      Desain Kardus Kemasan Makanan

Jika kamu memiliki jenis usaha makanan atau buah-buahan dapat menggunakan jenis kemasan dari kardus seperti ini. bentuknya yang simple namun memiliki desain gambar yang cantik. Sesuai dengan produk yang Anda jual.

Itulah beberapa inspirasi desain kardus untuk kemasan yang dapat kamu gunakan. Apabila kamu ingin membuat jenis kemasan yang lebih berbeda, silakan mencetaknya di Uprint.id. Tersedia berbagai ukuran serta harga dna bahan yang dapat kamu pilih dan mempertimbangkannya sebelum memutuskannya.