Es merupakan minuman favorit semua orang. Termasuk es serut yang dapat mendinginkan suasana. Ada beberapa negara yang menyajikan es serut dengan ragam topping menggiurkan. Seperti berikut ini ada beberapa jenis es serut dari berbagai belahan dunia, ada yang bikin ngeces nih.

1. Snow Cones, Amerika Serikat

es-serut-01-snow-cones

Snow cones ini menggunakan wadah paper cup yang membentuk kerucut. Es serut dari snow cones ini memiliki tekstur yang sedikit kasar, namun tetap nikmat saat disantap siang hari. Snow cones dilapisi dengan sirup rasa aneka buah yang menambah rasa segar saat menikmatinya.

Baca juga : 15 Gambar Makanan Khas Indonesia Terlezat yang Membuatmu Mau Makan Terus

2. Ais Kacang, Malaysia

es-serut-02-ais-kacang

Bagi Anda yang pernah pergi ke Malaysia, pasti sudah tidak asing dengan jenis es serut ini. Biasanya warga Malaysia mengenal es serut dengan sebutan ABC yaitu air batu campur alias es batu yang dicampur dengan berbagai bahan tambahan lain. Seperti kacang merah, buah-buahan, hingga cendol bahkan ada juga yang mencampurkannya dengan buah durian. Es serut jenis ini, dinamakan ais kacang. Sebab adanya taburan kacang sebagai isian es.

3. Nam Kang  Sai, Thailand

es-serut-03-nam-kang-sai

Mungkin es serut asal Thailand ini yang hampir mirip dengan es campur asli Indonesia. Selain es batu, nam kang sai terdiri dari bermacam pilihan isi, seperti potongan nangka, kelapa, taro, dan sebagainya. Namun yang menjadi ciri khasnya adalah sirup sala, yakni sirup dengan cita rasa unik yang digunakan sebagai campuran susu pink a la Thailand. Jika Anda berkunjung ke Thailand, jangan lupa untuk mencicipi nam kang sai ini ya.

4. Granizado, Kuba

es-serut-04-granizado

Granizo diambil dari bahasa Spanyol yang maknanya “hujan es”, tapi es serut itu sangat populer di Kuba. Biasanya minuman ini dijual pedagang kaki lima dan gerai food truck. Butiran esnya lembut dengan cairan yang lebih banyak dan es krim di atasnya, mirip minuman fizzy yang dijual di Circle-K. Jenis es serut seperti ini selalu menjadi sajian utama saat berkunjung ke kuba. Segarnya es dengan kombinasi sirup dan es krim menjadi paduan yang pas.

5. Baobing, China

es-serut-05-baobing

Baobing dapat dikatakan sebagai jenis es serut yang paling tua di dunia, karena telah hadir di awal abad ke-7. Biasanya minuman ini disajikan dalam porsi sangat besar atau sharing portion, dengan banyak potongan buah tropis seperti mangga, rambutan, dan leci. Selain itu, Anda juga dapat menemukan topping lainnya seperti mochi, agar-agar, atau lain sebagainya untuk menambahkan cita rasa dari baobing.

6. Patbingsoo, Korea

es-serut-06-patbingsoo

Patbingsoo atau patbingsu merupakan salah satu dessert yang sangat populer di Korea Selatan, apalagi saat musim panas. Pada dasarnya, patbingsoo terdiri dari es serut dengan topping susu kental manis, sirup, dan kacang merah (bingsoo). Sekarang ini variannya semakin banyak dengan aneka topping buah, saus coklat, dan masih banyak lagi yang lainnya. Jika Anda pergi ke Korea, jangan lupa untuk mencicipi es serut yang satu ini. Tidak hanya esnya yang menyegarkan, namun isian dari es tersebut juga menyegarkan. Membuat hari-hari Anda semakin sejuk.

7. Kakigori, Jepang

es-serut-07-kakigori

Kakigori sebenarnya mirip patbingsoo, hanya saja butiran esnya jauh lebih lembut dan disajikan menggunung. Sirup dan pasta kacang merah adalah rasa originalnya, tapi sekarang variannya berkembang dengan aneka buah, saus, dan topping lainnya. Bahkan ada juga yang memberikan topping whip cream yang dibakar sehingga memberikan kesan hangus seperti caramel.

Baca juga : Makanan Manis yang Bikin Natal Semakin Meriah

8. Raspado, Meksiko

es-serut-08-raspado

Minuman unik satu ini asalnya dari Meksiko, yang memiliki rasa klasik, yakni picosito (campuran bubuk lemon dan cabai), pistachio, serta mentimun. Meski terdengar agak aneh, tapi rasanya sangat segar dengan dominan rasa asam. Melihat penyajiannya saja sudah ingin menyantapnya. Segarnya es serut mulai terasa.

Itulah beberapa jenis es serut dari berbagai belahan dunia lainnya yang dapat menjadi referensi saat berkunjung ke salah satu negara tersebut. Sempatkan untuk mencicipi ragam jenis es serut.