Ada beberapa jenis makanan yang sangat bermanfaat jika dikonsumsi secara bersamaan. Kandungan dari makanan yang berbeda memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Bahkan, ada beberapa makanan ini yang memiliki gizi serta protein tinggi yang patut dicoba. Seperti berikut ini jenis makanan sehat jika dikonsumsi bersamaan.

1. Salad dan Alpukat

jenis-makanan-sehat-07

Biasanya salad terbuat dari buah dan sayuran, maka cobalah untuk membuat salad alpukat. Kandungan phitochemical dari campuran salad hijau mampu diserap oleh tubuh 3x lebih efektif jika dikonsumsi dengan 1,5 sendok teh alpukat dibanding tanpa alpukat. Anda dapat mencampur kedua makanan ini dalam salad sayur. Dengan begitu, konsumsi keduanya akan lebih efektif untuk melawan penyakit jantung, katarak dan kanker.

Baca juga : 12 Makanan untuk Diet Terbaik Bagi yang Ingin Mengecilkan Lingkar Pinggang

2. Brokoli dan Telur

jenis-makanan-sehat-06

Kedua makanan ini merupakan dua jenis yang berbeda, sayuran dengan protein. Namun jika keduanya disajikan menjadi satu maka akan mengandung kalsium sebanyak 60%. Sebab, brokoli kaya dengan kalsium sedangkan telur merupakan sumber vitamin D yang baik. Jika kedua makanan tersebut dikonsumsi secara bersamaan maka akan baik untuk kesehatan tubuh.

3. Buah Apel dan Cokelat

jenis-makanan-sehat-05

Mencampurkan antara buah dengan cokelat merupakan hal yang biasa. Seperti mencampurkan antara strawberry dengan cokelat. Namun kini Anda dapat mencampurkan buah apel ke dalam cokelat. Ternyata banyak manfaat yang akan dihasilkan ketika Anda mencampurkan kedua makanan tersebut. Jika keduanya dikonsumsi secara bersamaan, akan mampu mengatasi penyumbatan darah. Bahkan kombinasi kedua makanan ini dapat menghasilkan gizi yang banyak dan mudah cara penyajiannya.

4. Susu dan Pisang

jenis-makanan-sehat-04-milkshake-banana

Gabungan susu dan pisang meningkatkan penyerapan mineral pada tubuh. Pisang dan susu bisa dibuat jus dan dikonsumsi pada pagi atau malam hari. Anda dapat mengolah keduanya untuk dijadikan smoothies. Kandungan vitamin yang terdapat pada pisang dan susu akan membuat minuman semakin sehat. Jika dikonsumsi di pagi hari, akan membuat Anda lebih kenyang.

5. Oatmeal dan Buah

jenis-makanan-sehat-03-oatmeal

Anda dapat mencampurkan oatmeal dengan buah-buahan. Vitamin yang terkandung dalam buah akan menjadi pelengkap dalam olahan ini. Cobalah membuat oatmeal dengan buah blueberry. Oat mengandung serat larut yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dan juga mampu mencegah penumpukan plak lemak pada pembuluh arteri. Jika Vitamin C yang dikandung blueberry bertemu dengan zat phitochemical dari oat, mampu menurunkan kolesterol dari pembuluh arteri. Konsumsi oat yang hangat dengan taburan blueberry bisa menjadi alternatif sarapan.

6. Tomat dan Minyak Zaitun

jenis-makanan-sehat-02-salad-tomat

Jika kalian membuat salad dengan bahan dasar tomat, maka cobalah untuk menambahkannya dengan minyak zaitun. Jenis makanan sehat seperti ini akan banyak manfaatnya. Sebab, gabungan keduanya akan mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Tomat memiliki licopen yang bisa mengurangi peradangan dan kolesterol. Sedang minyak zaitun bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Baca juga : 5 Makanan yang Harus Disantap Ketika Kurang Tidur. Justru Bukan Kopi Loh!

7. Blackberry dan Raspberry

jenis-makanan-sehat-01-yoghurt-blackberry

Kedua jenis buah ini merupakan kategori buah berry. Buah berry ini kaya akan antioksidan dan mampu melawan sel kanker. Sehingga baik jika dikonsumsi secara bersamaan. Anda dapat mengolah makanan dengan campuran kedua buah berry ini. Misalnya, mencampurkan dengan yoghurt agar lebih sehat lagi.

Itulah jenis makanan sehat yang dapat Anda coba untuk menjaga stamina dan kesehatan dalam tubuh. Pastikan juga, sebelumnya harus mencuci bersih setiap makanan yang ingin disantap bersamaan. Dengan begitu, makanan akan jauh lebih sehat serta higienis.