Kopi menjadi minuman yang semakin banyak penggemarnya. Selain orang tua, kopi saat ini juga diminati oleh anak-anak muda. Terutama para millennial yang sudah tidak asing dengan kopi. Aneka macam olahan kopi, memiliki ciri khas berbeda dan menjadi idola di hati para penikmatnya. Oleh sebab itu, Anda harus mengenali macam-macam jenis minuman kopi yang perlu diketahui sebelum memesan, seperti berikut ini.

1. Ristretto

jenis-minuman-kopi-ristretto

Ristretto adalah menu yang banyak dipilih peminum kopi jika mereka umumnya sedang tidak ingin minuman yang sekuat espresso. Ristretto masih sama berasal dari Italia dan berarti restricted. Ristretto, bahasa Italianya. Seperti asal katanya, ristretto diekstraksi dalam waktu terbatas. Proses ekstraksinya tidak selama espresso, hanya berkisar sekitar 15 detik. Yah, setengahnya espresso. Namun karena 15ml dianggap terlalu sedikit, sehingga  kebanyakan orang lalu memesan double ristretto dalam ukuran 30ml. Jumlah yang sama seperti espresso namun disajikan dengan sensasi berbeda.

Karena diekstraksi hanya dalam waktu yang restricted alias terbatas, ristretto dianggap memiliki rasa yang lebih kaya, lebih smooth, dan lebih manis. Proses yang hanya setengah dari waktu espresso itu membuatnya mengekstraksi lebih sedikit acidity. Inilah yang menyebabkan ristretto terasa jauh lebih manis dibandingkan espresso, jika dibuat dengan benar.

Baca juga : Cetak Paper Cup Sekarang Dengan Mudah dan Cepat di Uprint.id

2. Macchiato

jenis-minuman-kopi-macchiatto

Jika Anda tidak terlalu menyukai kopi yang cenderung pahit, cobalah untuk pesan macchiato sebagai alternatif. Rasio steamed milk dalam minuman ini lebih besar dari espresso, sehingga ada sentuhan milky dan gurih. Biasanya semua olahan kopi di coffee shop autentik tidak menambahkan pemanis, tapi Anda bisa meminta barista untuk menyertakan gula dalam minuman.

3. Lungo

jenis-minuman-kopi-lungo

Lungo adalah minuman yang proses pembuatannya lebih panjang. Jika espresso umumnya diekstraksi hingga maksimal 30 detik, maka lungo lebih lama dari itu. Lungo biasanya diekstraksi hingga 1 menit, dengan ukuran shot standar sekitar 130-170 ml.

Lama tidaknya proses ekstraksi lungo juga tergantung kepada jenis kopi yang digunakan, level gilingan, dan tekanan dari mesin espresso yang digunakan. Karena takarannya yang lumayan banyak hingga 150 ml, lungo sering disalah artikan sebagai Americano, atau Long Black, yang merupakan variasi lain dari espresso ditambahkan air panas.

4. Americano

jenis-minuman-kopi-americano

Americano terdiri dari satu shot espresso yang dituangkan dalam cangkir berukuran 178 ml yang dicampur dengan air panas hingga memenuhi gelas. Jenis lainnya adalah doppio, yakni segelas Americano dengan dua shot espresso. Minuman ini kerap disajikan dalam panas maupun dingin yang disebut iced Americano. Tidak sedikit orang yang menyukai jenis minuman kopi ini. Terutama bagi mereka pecinta kopi. Meski rasanya cenderung sedikit pahit, namun masih banyak yang menyukainya.

5. Espresso

jenis-minuman-kopi-espresso

Jenis minuman kopi paling dasar ini biasanya disajikan dalam cangkir khusus espresso berukuran 30 ml (satu shot) sampai 118 ml. Espresso bertekstur pekat dan pahit, dengan buih putih alias crema di atasnya yang terbentuk dari tekanan minyak dalam biji kopi. Meski rasanya cenderung pahit, namun masih banyak yang menyukainya. Terutama mereka yang memang pencinta kopi. Namun jika Anda tidak terlalu menyukai kopi pahit, sebaiknya untuk tidak memilih espresso ini.

6. Cortado

jenis-minuman-kopi-cortado

Sajian asal Spanyol ini sangat akrab disajikan dengan cangkir yang terbuat dari gelas atau metal, sangat jarang sajian cortado disajikan dengan cangkir yang terbuat dari keramik. Berbeda dengan sajian latte yang membutuhkan susu dengan buih yang optimal untuk menampilkan tekstur art pada permukaan sajian kopi. Susu yang digunakan pun, tidak memerlukan buih yang terlalu banyak hanya secukupnya saja.

Cerita dibalik sajian Cortado ini masih meninggalkan kisah yang masih samar. Secara harfiah, cortado bermakna memotong, dari bahasa Spanyol “cortar“. Kisah yang berkembang, mengapa penamaan sajian ini cortar, niatnya dengan menambahkan susu pada sajian espresso akan dapat memotong rasa asam yang ada pada kopi, sehingga ada sensasi manis dari susu tersebut.

7. Flat White

Flat white merupakan jenis minuman kopi yang terbuat dari steamed milk dan espresso yang secara tidak langsung hampir mirip dengan latte. Flat white biasanya terdiri dari 60 ml textured milk alias microfoam atau gelembung yang terbentuk saat susu dipanaskan. Kemudian dua shot espresso dituang di atasnya dan dicampur menjadi satu.

8. Latte

jenis-minuman-kopi-latte

Sebelum Anda memesan jenis minuman kopi, pastikan mengetahui sebelumnya bahwa latte dan cappuccino merupakan dua racikan yang berbeda. Bahkan dengan komposisi dan rasio yang berbeda. Latte biasanya menggunakan perbandingan espresso dan susu 2:1. Selain rasanya yang enak dan ringan, latte sering kali disajikan dalam cangkir dengan motif yang cantik di atasnya, atau biasa disebut dengan latte art.

9. Mocaccino

jenis-minuman-kopi-mocaccino

Perpaduan espresso, susu, dan coklat menjadi sebuah kenikmatan tersendiri. Dibanding kopi, lembutnya coklat dan susu lebih mendominasi. Biasanya minuman ini menggunakan coklat bubuk untuk campuran dan garnish, tapi ada juga yang memakai sirup coklat di atasnya.

Baca juga : Ini Dia Manfaat Kopi Hitam Bagi Kesehatan, Ternyata Salah Satunya Memiliki Manfat Besar

10. Affogato

Jenis minuman kopi yang satu ini cenderung lebih unik. Biasanya kopi disajikan dalam bentuk cair dan diminum. Namun berbeda dengan affogato yang satu ini, cara mengkonsumsinya adalah dengan campuran es krim vanila yang disiram dengan satu shot espresso. Sehingga menghasilkan perpaduan yang stabil dan sempurna.

Itulah beberapa jenis minuman kopi yang perlu Anda ketahui sebelum memesannya. Pastikan Anda tidak salah memilih lagi, sehingga tidak perlu terlalu lama dalam memilih ketika berada di coffee shop.